Rheumapas

Upaya Pencegahan Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat bisa mengakibatkan nyeri sendi yang tak tertahankan, rasa panas pada bagian persendian dan juga pembengkakan. Nyatanya, penyakit asam urat ini dapat menyerang berbagai usia termasuk mereka yang masih dalam kalangan muda yakni usia 20 tahunan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita selalu mewaspadai penyakit ini sekaligus melakukan pencegahan penyakit asam urat sedari dini.

Melansir dalam laman Kemenkes (Kementerian Kesehatan), orang yang mengalami serangan asam urat umumnya akan merasakan perkembangan gejala dengan cepat terutama dalam beberapa jam pertama. Perasaan sakit yang disebabkan oleh asam urat dapat berlangsung kurang lebih selama 3 hingga 10 hari.

Sementara itu, pembangkakan ternyata tidak hanya terjadi pada bagian sendi saja, namun juga menyerang area sekitar sendi yang disertai dengan ruam merah pada kulit. Dalam tahap ini, pengidap asam urat menjadi sulit untuk bergerak bebas.

Upaya Pencegahan Penyakit Asam Urat

Bukan hanya radang sendi yang akut, gejala dari penyakit asam urat terkadang juga diiringi dengan pembentukan tofus atau Kristal natrium urat besar, kerusakan fungsi ginjal dan juga kerusakan sendi secara kronis. Guna mengantisipasi kondisi ini, ada baiknya kita mengenal berbagai cara untuk pencegahan penyakit asam urat seperti berikut:

1. Diet rendah purin

Melansir dari Buku Menu Sehat 30 hari, disebutkan bahwa asupan makanan dengan kandungan purin yang tinggi adalah salah satu pemicu asam urat. Dengan demikian, sebagai upaya pencegahan penyakit asam urat diperlukan pola makan yang sehat dengan diet rendah purin. Upaya diet rendah purin ini penting untuk dilakukan supaya kadar asam urat di dalam darah tidak melebihi batas normal.

Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi tidak dianjurkan untuk dimakan secara berlebih karena bisa memicu asam urat. Misalnya jeroan baik jantung, otak, hati dan ginjal. Selain itu, kornet, kaldu bebek, makarel, tape, remis, durian dan alcohol sebaiknya juga dihindari.

2. Menurunkan berat badan

Dilansir dari Health Line, beberapa perubahan gaya hidup selain diet rendah purin juga diperlukan untuk pencegahan penyakit asam urat. Adapun menurunkan berat badan adalah contoh utamanya. Berat badan yang berlebih akan menjadi tubuh lebih tahan dengan insulin, yang akhirnya mengarah ke resistensi insulin.

Dalam kasus ini, nantinya tubuh tidak bisa memanfaatkan insulin dengan baik dalam mengeluarkan gula darah. Adanya kasus resistensi insulin bisa meningkatkan kadar dari asam urat.

Riset menyatakan bahwa dengan menurunkan berat badan akan membantu menurunkan resistensi insulin sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun, dalam menurunkan berat badan ini anda tidak disarankan untuk melakukan upaya diet ketat dengan konsumsi makanan yang jumlahnya sedikit. Riset menunjukkan bahwa diet yang salah justru bisa memicu terjadinya penyakit asam urat.

3. Olahraga secara teratur

Melakukan olahraga secara rutin bisa menjadi salah satu upaya pencegahan penyakit asam urat. Aktivitas olahraga tidak hanya membantu anda untuk menjadikan tubuh ideal namun juga menjaga kadar asam urat agar senantiasa rendah.

Sebuah riset yang melibatkan 228 jumlah pria, menyatakan bahwa mereka yang melakukan aktifitas lari 8 km atau lebih dari 5 mil setiap harinya mempunyai resiko lebih rendah untuk terkena asam urat.

4. Selalu terhidrasi

Tetap terhidrasi juga menjadi salah satu pencegahan penyakit asam urat. Hal ini karena asupan air dengan kadar cukup akan membantu tubuh dalam mengeluarkan asam urat yang berlebih dari darah, kemudian membuanya melalui urin. Apabila menyukai aktifitas olahraga maka usahakan untuk selalu terhidrasi karena kemungkinan anda kehilangan banyak cairan yang keluar melalui keringat.

5. Membatasi konsumsi gula

Riset terbaru menyatakan bahwa gula dapat menyebabkan asam urat. Para peneliti pun juga menemukan bahwasanya jenis gula olahan, misalnya fruktosa secara khusus bisa mengakibatkan kadar asam urat meningkat.

Kondisi ini bisa terjadi karena gula olahan lebih cepat diserap sehingga kadar gula darah meningkat hingga memicu jumlah asam urat berlebih. Selain itu, minuman dan makanan manis juga memicu naiknya kalori dalam tubuh hingga menyebabkan berat badan naik.

6. Batasi minum alcohol

Alkohol merupakan pemicu umum bagi penyakit asam urat. Agar anda terbebas dari asam urat maka lakukan pencegahan penyakit asam urat dengan menjauhi alcohol sedari dini. Konsumsi alcohol akan menjadikan tubuh lebih memprioritaskan pengeluaran zat alcohol tersebut dibandingkan dengan menghilangkan jumlah asam urat berlebih. Dengan demikian asam urat menjadi menumpuk bahkan membentuk Kristal.

7. Konsumsi vitamin C

Riset menunjukkan bahwa vitamin C sangat bagus untuk menurunkan resiko terkena asam urat. Vitamin V mampu membantu ginjal dalam mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh melalui urin.

Demikian uraian mengenai upaya pencegahan penyakit asam urat yang sebaiknya dilakukan sedari dini. Untuk memiliki tubuh yang sehat kita harus senantiasa menjaganya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menjauhi hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Produk Rheumapas juga bisa anda konsumsi karena sudah terbukti sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat dan mengurangi rasa nyeri pada area sendi.

Tinggalkan Komentar