Rheumapas

tumbuhan pembasmi kanker

7 Tumbuhan Ampuh Untuk Membasmi Kanker

7 Tumbuhan Pembasmi Kanker

Rheumapas.com  – Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan sel yang abnormal dan tidaterkendali dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini akan merusak sel normal di area sekitarnya dan bagian tubuh yang lain.

Kanker merupakan penyebab kematian yang kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker seringnya menyebabkan kematian dan pada umumnya penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru akan terasa atau terdeteksi setelah mencapai stadium lanjut.

Penyebab Kanker

Penyebab utama kanker ialah perubahan (mutasi) genetik pada sel. Mutasi genetik akan membuat perubahan sel menjadi abnormal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri dalam menghancurkan sel abnormal ini. Bila mekanisme tersebut gagal, sel abnormal akan tumbuh dengan tidak terkendali.

Faktor yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda, tergantung daripada jenis kankernya. Meskipun demikian, tidak ada jenis kanker yang spesifik hanya karena dipicu oleh 1 faktor.

Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan dalam  melawan kanker yaitu dengan operasi, radiasi, antibody monoclonal, dan juga kemoterapi. Namun banyak orang yang akhirnya lebih memilih alternatif lain untuk melawan kanker dengan obat herbal.

Dunia medis saat ini tidak memiliki obat ampuh yang bisa membunuh sel-sel tersebut. Yang bisa dilakukan ialah degan menghentikan penyebarannya dan membuat tubuh bisa melawan keganasannya. Caranya yaitu dengan operasi, radiasi, transplantasi, dan kemoterapi dan penggunaan obat herbal.

Baca juga : Obat Kanker Alami Berkhasiat Dan Teruji

Memang, tidak ada istilah ‘sembuh total’ untuk seseorang yang pernah menderita kanker. Mereka harus tetap berada dalam pengawasan ahli medis untuk memastikan bahwa sel kanker dalam tubuhnya tidak lagi muncul atau kambuh.

Akan tetapi, kesembuhan pasien kanker merupakan sebuah pencapaian yang bukan tidak mungkin bisa dialami oleh banyak penderita lainnya.

Berikut merupakan beberapa tumbuhan pembasmi kanker dalam tubuh :

  1. Daun sirsak

Banyak riset yang mengklaim bahwa daun sirsak memiliki sifat antikanker. Penelitian yang diterbitkan American Journal of Cancer Prevention, misalnya. Riset tersebut mengatakan bahwa kandungan zat annonaceous acetogenins yang ada pada daun sirsak, bisa menghambat perkembangan sel kanker.

Menurut peneliti, ekstrak daun sirsak dapat membantu menghambat pertumbuhan hingga mematikan sel kanker pankreas. Berbagai penelitian mengklaim daun sirsak memiliki zat antiradang serta antibakteri, yang akan membantu meringankan efek samping kemoterapi dan pengobatan kanker.

  1. Keladi tikus

Tanaman ini disinyalir mempunyai banyak khasiat, salah satunya sebagai obat kanker. Berdasarkan penelitian Prof Dr Chris K.H. Teo dari Yayasan Cancer Care, Penang, keladi tikus biasa digunakan sebagai obat kanker dengan cara mengekstraknya.

  1. Daun Belalai

Gajah Daun belalai sebagai obat kanker alternatif yang bekerja mirip seperti obat kemoterapi berkat kandungan antioksidan serta sifat anti-kankernya. Selama bertahun-tahun, alkaloid tanaman ini telah menjadi sumber senyawa yang biasa digunakan dalam kemoterapi modern.

Paparan radikal bebas dicurigai sebagai salah satu faktor utama dari penyebab kanker. Daun belalai gajah diketahui mengandung antioksidan yang tinggi, misalnya saja terpenoid, flavonoid, asam fenolik,  steroid, saponin, dan tanin. Kandungan antioksidan inilah yang sudah dikenal bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh yang telah menyebabkan kanker.

  1. Echinacea

Echinacea merupakan tanaman aromatik dari keluarga Asteraceae yang banyak terdapat di bagian timur Amerika Utara dan Eropa. Flavonoid yang terdapat di Echinacea dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari efek samping kemoterapi dan radioterapi.

  1. Bawang putih

Bawang putih sebagai obat kanker herbal karena meiliki zat ajoene, zat pengikat sulfur yang bekerja untuk memperlambat produksi sel-sel kanker. Sifat anti-kanker dari bawang putih sebagian besar berasal dari sulfida organic.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang tinggi. Senyawa antioksidan dan zat anti-kanker yang diklaim efektif dalam menghambat perkembangan serta perluasan kanker payudara kanker paru, kanker kulit, , hingga kanker lambung.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenolik yang dapat berperan penting sebagai obat kanker herbal. Berbagai penelitian juga telah membuktikan, teh hijau efektif dapat melawan tumor dan mutasi genetik.

Baca juga

Tinggalkan Komentar