Rheumapas.com – Obat asam urat cepat sembuh? Barangkali Anda penasaran karena asam urat Anda sudah menahun dan rasa sakitnya sudah tak tertahan lagi. Asam urat memang menyebalkan, sering kali penyakit ini kambuh disaat-saat penting, seperti saat meeting atau liburan. Sebenarnya apa sih yang memicu asam urat? Penyakit ini dipicu oleh zat purin yang tinggi di tubuh Anda karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Anda yang suka ngopi juga akan diperparah karena kopi mengandung banyak purin.

Zat purin inilah yang dapat memicu produksi asam urat berlebih pada tubuh Anda sehingga asam urat tersebut membentuk kristal-kristal rematik  di sekitar sendi seperti jempol kaki atau siku. Oleh karena itu, penting sekali bagi penderita asam urat untuk menjaga pola makan.

Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk asam urat sebagai obat herbal alami agar cepat sembuh dimana tanaman ini mengandung berbagai manfaat, Anda juga bisa mengolahnya di rumah dengan sedikit biaya.

Sambiloto Untuk Obat Asam Urat Cepat Sembuh

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengolah sambiloto, tanaman asam urat paling ampuh ini di rumah :

  1. Anti Peradangan

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa, asam urat diakibatkan karena banyaknya zat purin yang akhirnya terjadi penumpukan asam urat di daerah sendi. Dan penumpukan asam urat itu langsung direspon tubuh sebagai rasa sakit yang sangat nyeri. Diposisi ini kaki akan membengkak dan memerah, nyeri. Di kondisi ini, Anda bisa menyembuhkanya dengan konsumsi daun sambiloto. Sambiloto sendiri bersifat anti peradangan dan mengandung andrographolide yang berperan meredakan nyeri saat kambuh.

Konsumsilah secara teratur, niscaya rasa sakit dan terbakar di sekitar persendian Anda akan berangsur angsur menghilang. Jika Anda masih kurang. Anda bisa juga mengkombinasikannya dengan kunyit maupun jahe.

  1. Antioksidan

Ketika kondisi sendi Anda terjadi peradangan, pastinya akan merusak banyak sel dan jaringan di sekitar sendi. Hal ini tak bisa dibiarkan, oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi sambiloto yang kaya akan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi dalam melindungi sel-sel tubuh yang rusak karena asam urat maupun radikal bebas. Minumlah sari daun sambiloto yang sudah direbus secara teratur, Anda akan merasakan manfaatnya. Anda juga bisa mendapatkan sumber lain antioksidan dari tomat dan strawberry.

  1. Mengandung Kalium

Sambiloto merupakan daun untuk menurunkan asam urat yang mengandung banyak kalium dan beberapa mineral lain yang baik bagi tubuh, kalium sangat dibutuhkan oleh sendi berbagai syaraf dan otot. Jika Anda kekurangan kalium, tentu tubuh Anda akan merasakan kaku dan sulit untuk digerakkan. Hal inilah yang akan semakin memperparah penyakit asam urat Anda dan sulit untuk mobilitas. Sambiloto mengandung banyak kalium sebagai stimulus otot, syaraf dan sendi untuk lebih mudah bergerak. Selain dari daun sambiloto. Anda bisa juga mendapatkan khasiat kalium dari berbagai sayuran hijau.

Tanaman Obat Asam Urat dan Rematik

obat asam urat tradisional dan pantangannya

  1. Sebagai Imunomodulator

Sambiloto juga bisa berperan sebagai imunodulator yang akan menjaga kesehatan dan system kekebalan tubuh. Disini sambiloto akan menyeimbangkan peran system imun saat tubuh terkena berbagai virus, infeksi atau bakteri , daun sambiloto akan memaksimalkan system imun kita, sehingga tidak mudah sakit.

Itulah manfaat sambiloto, tanaman asam urat paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah dan mengolahnya. Sambiloto memang bagus jika mengonsumsinya obat asam urat cepat sembuh. Oleh karena itu, Rheumapas menggunakan sambiloto sebagai bahan utama untuk mengobati asam urat. Diproses dengan teknik modern dan mengekstrak sarinya saja. Rheumapas akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan asam urat dengan seketika.