tulang besar susah kurus

Benarkah Jika Tulang Besar Susah Kurus?

Benarkah Jika Seseorang Bisa Terlihat Gemuk Karena Memiliki Tulang yang Besar?

Rheumapas.com – Seperti yang kita ketahui, kegemukan bisa terjadi ketika lemak-lemak di tubuh menumpuk terlalu banyak. Namun banyak orang mengaku jika mereka gemuk akibat memiliki rangka tulang besar dalam tubuh. Tapi, apa benar punya tulang besar susah kurus ? atau selalu berdampak dengan kegemukan

Apakah Anda punya tulang besar atau kecil? Berikut Penjelasannya

Sebelum mengetahui apakah tulang penyebab membuat Anda jadi gemuk atau tidak, sebaiknya Anda ketahui dahulu apakah benar jika Anda punya ukuran tulang yang besar. Tulang besar merupakan akibat dari rangka tubuh yang besar, sedangkan pada setiap orang memiliki rangka tubuh yang berbeda-beda.

Ukuran rangka tulang pada wanita

  • Tinggi di bawah 155 cm disebut mempunyai rangka tulang besar jika pada pergelangan tangannya lebih dari 14 cm.
  • Tinggi antara 155-165 cm, mempunyai rangka tulang besar jika ukuran pergelangan tangan lebih dari 15,8 cm.
  • Tinggi di atas dari 165 cm, mempunyai rangka tulang besar jika pada pergelangan tangannya lebih dari 16 cm.

Ukuran rangka tulang laki-laki

  • Tinggi di atas 65 cm, disebut mempunyai rangka tulang yang besar jika memiliki pergelangan tangan lebih dari 19 cm.

Lalu, apa benar orang dengan tulang besar susah kurus?

Katanya sih, dengan punya tulang besar bisa membuat seseorang akan terlihat lebih gemuk. Tidak sedikit orang gemuk yang beralasan bila ukuran tubuhnya yang besar diakibatkan oleh tulang yang juga besar. Tapi, apakah mungkin berat badan bukan hanya dari lemak saja?

Memang benar, jika angka berat badan yang Anda lihat di timbangan Anda tidak hanya semata-mata berat lemak di dalam tubuh saja, akan tetapi termasuk juga berat air, otot, dan tulang. Dan semua jumlah merupakan komposisi tubuh tersebut akan memengaruhi berat badan seseorang.

Faktanya, orang memiliki tulang yang besar tidak selalu gemuk

Pada dasarnya, yang membuat tubuh menjadi semakin melebar dan perut kian membuncit adalah tumpukan lemak. Jangan salahkan tulang yang memiliki ukuran besar, sebab hal tersebut tidak akan terlalu memengaruhi perubahan berat badan Anda dan tidak akan membuat perut Anda membuncit. Seseorang yang memiliki tulang yang besar, jika tidak memiliki timbunan lemak  banyak, hanya akan mempunyai ukuran tubuh yang relatif sama dan tidak mudah berubah.

Jadi, orang yang memiliki tulang yang besar dapat memiliki bobot yang relative akan lebih berat dibanding dengan tulang yang lebih kecil. Namun, tidak ada bukti bahwa orang gemuk  memiliki timbunan lemak pada berbagai bagian tubuh diakibatkan karena tulang yang besar. Semua tergantung dari seberapa banyak makanan berkalori yang Anda makan, seberapa sering Anda melakukan olahraga, dan apakah Anda sudah menerapkan pola hidup sehat atau tidak.

Baca juga

Tinggalkan Komentar