Rheumapas

Tips Tepat untuk Menyembuhkan Rematik

Penyakit rematik merupakan kondisi radang sendi kronis diakibatkan oleh gangguan autoimun. Penyakit ini menurut istilah medis adalah Rheumatoid arthritis (RA). Penyakit rematik bisa menyerang hampir di seluruh bagian sendi, namun yang biasanya diserang adalah bagian jari tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lutut. Karena memicu rasa sakit yang cukup parah maka dibutuhkan pengobatan untuk menyembuhkan rematik.

Rematik tidak hanya memicu rasa nyeri sendi dan juga kekakuan sendi saja. Apabila penyakit ini tidak segera diberikan penanganan maka dapat mempengaruhi kesehatan organ vital yang lain misalnya paru-paru, kulit, pembuluh darah dan juga jantung. Adapun cara untuk menyembuhkan rematik secara total memang belum ditemukan hingga saat ini, namun berbagai pengobatan bisa dilakukan untuk meredakan penyakit tersebut.

Pengobatan untuk Menyembuhkan Rematik

Selain menggunakan obat-obatan kimia yang didapatkan dari resep dokter, penderita rematik juga bisa mencoba cara menyembuhkan rematik secara alami. Berikut ini beberapa contohnya !

1. Cukup tidur

Memiliki waktu tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan semua orang, terlebih bagi mereka yang mengalami rematik. Dalam penelitian tahun 2018 dinyatakan bahwa kualitas tidur yang tidak baik bisa mempengaruhi rasa sakit dan juga kemampuan bergerak penderita. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur yang cukup setiap hari minimal 8 jam untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Olahraga rutin

Berolahraga secara rutin juga bisa menjadi salah satu cara menyembuhkan rematik. Hal ini karena aktifitas olahraga dapat meningkatkan jangkauan gerak persendian dan memperkuat otot. Riset tahun 2014 menyatakan bahwa aktifitas olahraga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi kelelahan bagi penderita rematik.

3. Yoga

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa melakukan latihan yoga dalam kurun waktu 6 minggu bisa membantu meningkatkan suasana hati, menurunkan kelelahan, dan penerimaan nyeri kronis bagi wanita muda yang mengalami gejala rematik.

Dalam penelitian lain pada tahun 2017, mengungkapkan bahwa aktifitas yoga bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi, serta membantu meningkatkan kualitas hidup.

4. Tai chi

Tai chi merupakan seni bela diri asal Tiongkok yang mengkombinasikan antara gerakan yang lambat, lembut dengan pernapasan dan kesadaran mendalam. Aktifitas ini bisa membantu melatih tubuh, pikiran dan juga roh seseorang.

Dalam sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa mengambil kelas bela diri tai chi ini bisa membantu mengurangi resiko kecemasan sekaligus meningkatkan dukungan sosial bagi mereka yang menderita rematik. Riset lainnya menyebutkan bahwa aktifitas tai chi ini bisa membantu meningkatkan fungsi fisik serta meringankan nyeri sendi bagi penderita osteoarthritis.

5. Suplemen probiotik

Cara menyembuhkan rematik berikutnya adalah dengan mengkonsumsi suplemen probiotik. Probiotik merupakan bakteri yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan kandungan probiotik ini dari makanan seperti susu fermentasi, yogurt dan juga kimchi.

Suplemen probiotik dianggap cukup efektif untuk mengatasi rematik berdasarkan penelitian tahun 2014. Dalam penelitian tersebut mengemukakan bahwa suplemen probiotik yang dikonsumsi secara rutin setiap hari dalam kurun waktu 8 minggu bisa membantu mengurangi gejala peradangan dan penyakit rematik.

6. Suplemen minyak ikan

Selain suplemen probiotik, ternyata suplemen minyak ikan juga bagus untuk membantu menyembuhkan rematik. Dilansir dari Medical News Today, sejumlah penelitian menyatakan bahwa suplemen minyak ikan bisa membantu menurunkan gejala penyakit rematik.

Para peneliti tahun 2010 menerbitkan meta analisis terhadap efek minyak ikan bagi penderita rematik. Dalam kesimpulan yang diungkapan oleh peneliti tersebut adalah kombinasi suplemen minyak ikan dan juga obat anti inflamasi non steroid mampu menurunkan rasa nyeri sendi bagi mereka yang sudah merasakan gejala rematik dalam jangka lama.

7. Krim panas

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa obat penghilang rasa sakit bukanlah obat alami, namun banyak produk yang terbuat dari bahan capsaicin, yakni bahan cabai pedas. Dalam penelitian menyataakan bahwa gel dan krim panas bisa membantu meringankan rasa nyeri yang terjadi akibat rematik.

Yang harus diwaspadai dalam upaya mengatasi rematik dengan krim panas ini adalah jangan memakainya bersama dengan bantal pemanas karena hal ini dapat memicu luka bakar.

8. Kunyit

Siapa yang tidak tahu bahan rempah yang satu ini. Rempah yang memiliki warna kuning orange ini merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan rematik. Dalam riset menyatakan bahwa kandungan curcumin pada kunyit bisa memblokir protein yang mengakibatkan peradangan pada bagian sendi sekaligus meringankan rasa sakit yang ditimbulkan dengan cepat.

Selain memakai obat medis dan cara-cara alami diatas, para penderita rematik juga bisa mengkonsumsi produk herbal Rheumapas untuk menyembuhkan rematik. Produk herbal ini dibuat dari ektrak sambiloto dan temulawak yang merupakan dua bahan alami yang berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi. Anda bisa mengkonsumsi produk ini secara rutin untuk menghilangkan gejala peradangan ataupun nyeri akibat rematik.

Tinggalkan Komentar