Tips Sehat Setelah Makan Gorengan

Makanan yang digoreng,contohnya seperti pisang goreng, bakwan goreng, dan masih banyak lagi, memang selalu menggiurkan lidah. Rasanya yang gurih, enak, dan juga renyah membuat gorengan disukai banyak orang dan selalu membuat ketagihan. Namun, mungkin kamu juga mengetahui bahwa dengan terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk kesehatan. Jadi, buat kamu pecinta gorengan, perhatikan dulu tips berikut biar Anda tetap menjaga kesehatan.

  1. Batasi Porsinya

Tips sehat yang satu ini harus Anda ikuti kalo enggak mau terkena dampak buruk akibat dari makan gorengan. Gorengan mengandung kadar lemak dan juga kolesterol yang tinggi. Kalau kamu terlalu sering makan gorengan, kamu berisiko terkena berbagai macam-macam penyakit, seperti , obesitas, kolesterol, diabetes, sampai pada penyakit jantung. Jadi, jangan terlalu sering serta batasi lah jumlah gorengan yang kamu makan.

  1. Hati-hati Jika Membeli Gorengan

Kamu mungkin pernah mendengar tentang penjual gorengan yang menggunakan minyak jelantah dengan alasan agar menghemat biaya. Pernah juga kah kamu mendengar, bahwa ada penjual gorengan yang mencampurkan plastik ke dalam minyak panas agar gorengan tetap terasa renyah dalam waktu lama? Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati pada saat membeli gorengan.

  1. Bikin Gorengan Sendiri

Enggak yakin dengan kualitas gorengan yang dijual pedagang? Bikin gorengan sendiri saja! Dengan begitu, kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang segar serta minyak goreng berkualitas untuk membuat gorengan yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Gunakan Minyak yang Baik

Kalau ingin membuat gorengan sendiri, pastikan kamu menggunakan minyak yang bagua, sehat seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Ketiga jenis minyak ini tidak dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, sehingga baik untuk digunakan dalam mengolah gorengan.

  1. Gunakan Cara yang Benar Untuk Menggoreng

Cara menggoreng yang benar adalah menunggu suhu minyak hingga benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Dengan demikian, gorengan tidak dapat menyerap banyak minyak. Sebelum memasukkan adonan, cek suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika minyak mengeluarkan suara mendesis, itu tandanya minyak sudah cukup panas dan siap digunakan.

  1. Keringkan Minyak menggunkakan Tisu

Setelah matang, jangan langsung dimakan, tapi tiriskan terlebih dulu dan gunakan selembar tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan. Dengan cara ini, minyak goreng yang kamu konsumsi jadi lebih sedikit.

  1. Tambahkan Sayur-sayuran

Jangan hanya mengonsumsi gorengan saja, tapi tambahkan sayur-sayuran ke dalam menu gorenganmu agar lebih sehatdikosumsi. Misalnya, kamu bisa membuat bakwan dari sayur-sayuran, makan tahu atau tempe goreng dcampur gado-gado. Tips ini berguna untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, sehingga jauh dari risiko penyakit jantung.

Baca juga