Rheumapas

Tips Mudah Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

                Berbagai aktivitas yang dilakukan setiap hari terkadang tanpa disadari bisa memicu terjadinya nyeri sendi. Umumnya nyeri sendi muncul di beberapa bagian seperti pergelangan kaki, lutut dan sekitar bahu. Sebetulnya nyeri sendi bisa terjadi karena adanya cidera yang berpengaruh pada jaringan ligamen serta tendon di sekitar sendi. Bagian tubuh yang mengalami cidera biasanya akan terasa sakit dengan tingkat keparahan dari ringan, sedang hingga parah. Namun tak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips mengatasi nyeri sendi di rumah yang bisa Anda terapkan.

Penyebab Nyeri Sendi

                Sebagian dari Anda mungkin selama ini masih belum begitu memahami apa saja penyebab nyeri sendi. Dimana penyebab nyeri sendi memang begitu beragam mulai dari berat badan yang berlebih, asupan nutrisi yang tidak seimbang, stres, jenis pekerjaan, cidera, dan bertambahnya usia.

Selain itu, nyeri sendi juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik sehari-hari antara lain sebagai berikut:

1. Terlalu Lama Berdiri

Berdiri yang terlalu lama ternyata bisa memicu terjadinya nyeri sendi karena tumpuan tubuh saat berdiri diberikan dalam jangka waktu cukup panjang. Sehingga hal ini dapat berpengaruh pada ruang antar sendi di bagian lutut, kaki dan sendi-sendi panggul. Selain berdiri, tidur atau duduk terlalu lama juga bisa memicu nyeri sendi karena ruang antar sendi menjadi lama tidak terpakai untuk bergerak dan menopang tubuh.

2. Mengangkat Beban yang Berat

Mengangkat beban yang terlalu berat dapat memicu terjadinya nyeri sendi terutama di bagian punggung. Selain itu, kebiasaan mengangkat atau memindahkan barang menggunakan posisi tubuh yang salah juga bisa menyebabkan terjadinya nyeri sendi di punggung.

3. Melompat

Melompat juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri maupun cidera sendi saat Anda tidak berhai-hati melakukannya.

4. Olahraga yang Berlebihan

Olahraga bermanfaat untuk memelihara kesehatan sendi dan membangun kekuatan otot. Namun olahraga yang berlebihan ternyata bisa memicu terjadinya nyeri sendi di bagian tubuh tertentu.

5. Cidera

Ketika Anda mengalami keselo akibat cidera saat olahraga maka bisa menyebabkan terjadinya nyeri sendi di bagian yang cidera tersebut. Tips mengatasi nyeri sendi di rumah sebaiknya lakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga dan lakukan menggunakan tumpuan yang benar agar terhindar dari nyeri sendi.

Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

                Saat Anda mengalami nyeri sendi, biasanya akan muncul kemerahan di area kulit sekitar persendian. Selain itu, bagian tersebut juga akan tampak membengkak, hangat ketika disentuh dan terasa lunak. Biasanya nyeri tersebut akan berlangsung beberapa hari bahkan hingga beberapa minggu. Kondisi tersebut tentu akan membuat gerakan dan aktivitas tubuh menjadi terbatas.

Namun tak perlu takut karena Anda bisa mengatasi nyeri sendi melalui beberapa tips mengatasi nyeri sendi di rumah sebagai berikut:

1. Melakukan Tindakan RICE

Tips mengatasi nyeri sendi di rumah dapat Anda lakukan dengan melakukan tindakan RICE yang meliputi :

a. Rest

Istirahat serta menjaga sendi yang terpengaruh bertujuan untuk memberikan waktu pemulihan pada sendi sekaligus mengurangi rasa nyeri.

b. Ice

Berikan suhu dingin dengan mengompres menggunakan es yang dibungkus kain lembut di bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi. Tips mengatasi nyeri sendi di rumah ini dapat membantu mengalihkan rasa nyeri serta mengurangi terjadinya pembengkakan apabila terdapat cidera di bagian jaringan sendi.

c. Compression

Berikan penekanan di bagian sendi memakai perban elastis untuk mengurangi pembengkakan serta menjaga posisi sendi. Akan tetapi pastikan perban tersebut tidak dililitkan terlalu ketat supaya peredaran darah tetap lancar.

d. Elevation

Tempatkanlah bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi dengan posisi lebih tinggi dibandingkan tubuh. Contohnya dengan mengganjal memakai bantal untuk lutut atau kaki yang mengalami nyeri sendi.

2. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Sendi

Apabila nyeri tak kunjung reda, maka tips mengatasi nyeri sendi di rumah berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Biasanya obat nyeri sendi yang paling umum dipergunakan untuk mengatasi nyeri sendi secara cepat yaitu obat non steroid anti inflamasi seperti ibuprofren, aspirin, ketoprofen dan naproksen.

3. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Saat Anda kekurangan air putih maka bisa semakin memperburuk masalah nyeri sendi. Tips mengatasi nyeri sendi di rumah salah satunya dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Sebab air yang masuk ke dalam tubuh bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh untuk melawan peradangan. Selain itu, air putih juga membawa nutrisi agar menuju persendian sehingga dapat mendorong pertumbuhan sel-sel baru pada jaringan tulang rawan. Air putih juga dapat merangsang produksi cairan sinovial dalam tubuh sehingga sendi dapat terlumasi dengan baik.

4. Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Tips mengatasi nyeri sendi di rumah selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi suplemen untuk membantu menjaga kesehatan sendi, seperti Rheumapas. Rheumapas meru[akan obat herbal yang membantu menjaga kesehatan sendi serta mengatasi nyeri dan peradangan pada sendi akibat rematik dan asam urat.

                Nyeri sendi memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja terlebih bagi Anda yang sudah beberapa kali cidera. Agar masalah nyeri sendi tersebut tidak semakin buruk sebaiknya segera terapkan tips mengatasi nyeri sendi di rumah seperti yang sudah di sampaikan di atas. Selain itu, saat beraktivitas upayakan untuk melakukannya dengan posisi tubuh yang benar agar terhindar dari nyeri sendi.

Tinggalkan Komentar