5 Tips Menjaga Kesehatan Hati

Rheumapas.com – Hati alias liver merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita, juga sekaligus organ yang paling besar di dalam tubuh kita. Warnanya coklat dan beratnya kurang lebih 1,5 kg. Letak hati berada pada rongga perut di kanan bagian atas, tepat di bawah rusuk bagian kanan. Hati terdiri 2 bagian, yaitu bagian kanan dan juga kiri. Pada bagian kanan hepar enam kali lebih besar dari pada lobus kiri, yang tersembunyi pada sebagian bawah tulang rusuk kanan. Bila terdapat gangguan pada hati, kadang juga terdapat nyeri di bagian tersebut.

5 tips menjaga kesehatan hati

Ada banyak cara yang sederhana dapat dilakukan untuk menjaga hati kita. Kita tentu tidak mau fungsi hati yang begitu banyak menjadi kacau, bila hati kita mengalami gangguan. Apalagi banyak penyakit hati yang dapat kita cegah melalui langkah yang mudah. Apa saja yang dapat di lakukan? Berikut langkah-langkahnya

1. Imunisasi sejak dini

Hepatitis, merupakan sebuah jenis peradangan hati, dapat dicegah dengan pemberian cara imunisasi sejak dini. Misalnya, imunisasi hepatitis B yang diberikan kepada bayi sejak dan dilakukan pada beberapa tahap. Begitu pun vaksin hepatitis A yang berfungsi untuk mencegah kita terjangkit penyakit terse6but. Bawa bayi dan anak Anda ke dokter  atau setempat seperti Posyandu untuk mendapatkan vaksinasi secara teratur.

2. Minum air yang banyak

Air merupakan salah satu bagian hal penting yang berpengaruh terhadap fungsi tubuh kita. Air membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Tetapi perlu juga diperhatikan, apabila Anda sudah mengalami sirosis yaitu hati yang mengalami pengerutan, pengurangan cairan perlu dilakukan agar tubuh Anda mengandung terlalu banyak cairan.

3. Makan makanan bergizi

Pengaturan makanan, baik secara jenis dan jumlah yang tepat, dapat membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, kita pun membantu meringankan kerja hati. Fatty liver atau perlemakan pada hati terjadi karena kita tidak mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang dimakan.

4. Hindari alkohol

Alkohol bisa menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang, alkohol juga bisa menyebabkan kanker hati.

5. Hati-hati dalam mengonsumsi obat

Seperti yang telah dibahas seperti di atas, hati berfungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas, misalnya obat demam, obat batuk atau suplemen tubuh, dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi dengan berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Bila kita tidak berhati-hati dalam memilih obat, hal tersebut dapat memperberat kerja hati. Oleh sebab itu, selalu segera konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, sebelum Anda memulai terapi atau mengonsumsi suplemen tertentu.

Baca juga