terapi asam urat dengan air es

Terapi Asam Urat Dengan Air Es Batu

Terapi Asam Urat Dengan Air Es / Es Batu

Buat Anda yang didiagnosis memiliki asam urat tinggi, pasti pernah merasakan bengkak serta nyeri pada persendian seperti jempol kaki, lutut, ataupun pada pergelangan kaki. Lalu bagaimana cara untuk mengobati asam urat?

Tingginya kadar asam urat memang bisa menyebabkan peradangan sendi akut. Bila mengalami keluhan ini, Anda harus segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

Namun sebelum pergi ke dokter, redakan rasa tidak nyaman akibat dari gejala asam urat yang timbul. Cara mengobati asam urat berikut ini bukanlah untuk menyembuhkannya, akan tetapi hanya untuk meringankan gejalanya saja.

Cara mengobati asam urat untuk meringankan gejalanya

  • Es Batu

    Terapi asam urat dengan air es batu – Ambil es batu dan tutup menggunakan kain tipis, kemudian letakkan kain tipis yang berisi es batu tersebut diatas sendi yang meradang letakan selama 20 menit. Anda bisa melakukan kompres dingin beberapa kali dalam sehari.

    Kompres dingin akan membantu Anda dalam meredakan nyeri dan peradangan sendi yang diakibatkan tingginya asam urat.

  • Istirahatkan sendi

    Anda bisa mengistirahatkan sendi dengan meletakkannya pada benda yang lembut contohnya seperti bantal dengan posisi sedikit tinggi.

  • Minum banyak air putih

    Minum air putih yang cukup bisa menjaga kadar asam urat agar tetap normal dalam darah selama serangan akut gout.

Jaga kadar asam urat dalam darah tetap normal

Seperti kita ketahui, arthritis gout bisa kambuh apabila kadar asam urat dalam tubuh tidak dijaga dengan baik. Berikut hal mudah dan alami yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar asam urat pada tubuh tetap normal.

  • Menjaga pola makan yang sehat

    Makanan yang perlu dihindari dan kurangi adalah makanan yang tinggi kadar purin sepeti jeroan, makanan berlemak, makanan laut, minuman yang beralkohol seperti bir, serta minuman manis bersoda lainnya.Sebaliknya, makanan berikut bisa Anda perbanyak untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti air mineral, buah-buahan dan sayur, dan juga gandum utuh.

    Buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar asam urat darah adalah dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi. Cirinya merupakan buah yang berwarna gelap seperti anggur, blackberry, raspberry, blueberry, dan sebagainya.

    Mengonsumsi vitamin C yang cukup juga akan membantu mengurangi asam urat darah. Penuhi kecukupan vitamin C harian Anda dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, tomat, dan lain-lain.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

    Kegemukan merupakan salah satu yang menjadi faktor resiko terjadinya arthritis gout. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempertahankan berat badan ideal, yaitu melalui cara berolahraga teratur.Ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun sebelum Anda berkomitmen dengan melakukan jenis olahraga tertentu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

    Dokter akan menyarankan  jenis dari olahraga yang paling cocok bagi Anda lakukan sesuai dengan kondisi sendi Anda.

Selain cara yang alami di atas, ada pula beberapa pula obat asam urat alami yang dapat Anda coba rutin konsumsi. Misalnya, apel, makanan berserat, dan teh hijau. Anda pun bisa untuk mencoba infused water untuk asam urat, yakni melalui cara menambahkan 1-2 iris lemon ke segelas air.

Itulah cara-cara alami dan mudah yang dbisa dilakukan di rumah sebagai cara untuk meringankan gejala asam urat.

Baca juga

Tinggalkan Komentar