Telapak Tangan Bengkak Tanpa Sebab? Berikut Penyebabnya

Rheumapas.com – Telapak tangan merupakan area pada sisi bawah tangan mulai dari jari hingga pada pergelangan tangan. Sebanyak 17 dari hingga total 34 otot yang menyambungkan jari-jari yang terletak pada telapak tangan. Otot-otot itu terhubung bersama kerangka tulang tangan melalui serangkaian tendon.

Kulit telapak tangan memang tidak luas, hanya sekitar 2 persen dari seluruh kulit pada tubuh. Namun, bila kulit telapak sedang mengalami masalah, akan mengganggu aktivitas. Ketika telapak tangan bengkak tanpa sebab, terasa sakit, orang yang mengalami bisa kesulitan untuk memegang atau menyentuh benda, sehingga akan menghambat pekerjaannya.

Penyebab dan jenis dari telapak tangan sakit dapat dibedakan dari letak sakitnya, yaitu apakah di bagian kulit, otot, saraf, ataupun tulang.

Kulit Telapak Tangan

Penyakit yang dapat memengaruhi kulit telapak tangan antara lain ialah:

  • Eksim tangan

Eksim tangan adalah peradangan pada kulit di tangan yang tidak menular. Biasanya peradangan kulit berkaitan dengan eksim disertai dengan terbentuknya gelembung yang melepuh, rasa gatal yang terasa parah, maupun kapalan dan robekan dan terasa nyeri. Kondisi ini bisa disebabkan karena reaksi alergi atau iritasi terhadap zat tertentu.

  • Pompholyx

Penyakit ini mirip seperti eksim tangan, disebabkan karena peradangan yang merusak kulit pada jari-jari tangan dan kaki, serta juga telapak tangan. Terkadang pompohlyx juga dapat muncul di kaki. Penyebab pasti dari kondisi ini belum diketahui dengan pasti, namun diduga berkaitan iritasi dengan zat atau benda tertentu, infeksi jamur, stres, dan kekebalan tubuh yang melemah. Gejalanya yang muncul berupa lepuhan dan kerak pada kulit telapak yang sangat gatal dan juga perih.

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun jangka panjang (kronik) yang membuat kulit para penderitanya cepat bertumbuh. Kondisi ini sering ditandai dengan sel kulit yang berlipat ganda hingga bisa sepuluh kali lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal. Hal ini akan menimbulkan efek kulit mengelupas serta bersisik putih. Psoriasis pada tangan dan juga kaki juga dapat menyebabkan kulit menjadi memerah, bengkak, dan melepuh. Selain pada telapak tangan, psoriasis juga dapat timbul di lutut, siku, kaki, maupun batang tubuh.

  • Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang sifatnya nonkanker. Penyebab utamanya adalah infeksi virus human papillomavirus (HPV) tipe tertentu di lapisan permukaan kulit. Kutil juga dapat menyebar dari orang ke orang, baik secara langsung ataupun tidak. Bila Anda memegang benda yang dipegang oleh pengidap kutil di tangan, Anda bisa terkena kutil. Kutil sebetulnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan setelah sekitar kurang lebih dua tahun.

  • Sindrom De Quervain
    Sindrom De Quervain terjadi ketika dua tendon pada sekitar pangkal ibu jari bengkak serta meradang. Akibatnya, saraf akan tertekan hingga menimbulkan rasa sakit dan juga mati rasa.
  • Stenosing tenosynovitis
    Penyakit yang menyerang pada jari-jari tangan ini disebut dengan nama lain trigger finger. Stenosing tenosynovitis terjadi pada saat jari atau ibu jari tertekuk dan tidak dapat diluruskan kembali. Kondisi ini disebabkan karena iritasi dan radang pada urat di jari-jari dan telapak tangan.

Saraf Telapak Tangan

  • Carpal tunnel syndrome (CTS)
    CTS terjadi jika ada tekanan pada saraf di pergelangan tangan Anda. Akibatnya tangan dan juga jari-jari menjadi sakit, kesemutan, dan mati rasa. CTS akan sembuh dengan sendirinya, tetapi memerlukan waktu hingga berbulan-bulan Beberapa langkah untuk mendukung pemulihan bisa melalui dengan mengistirahatkan tangan, fisioterapi, menggunakan sarung tangan khusus, atau dengan obat-obatan seperti kortikosteroid dan antinyeri.
  • Peripheral neuropathy

Peripheral neuropathy merupakan suatu kondisi yang membuat tangan menjadi mati rasa, nyeri, dan juga lemah akibat dari saraf tepi yang rusak. Ada sejumlah hal yang akan menyebabkan kerusakan saraf tepi, termasuk juga diabetes, infeksi, cedera fisik, gangguan aliran darah pada tangan, penyakit autoimun, dan masalah metabolisme.

  • Sindrom Guillain-Barré (GBS)

Penyakit ini disebabkan karena kondisi autoimun yang menyerang saraf-saraf pada tubuh. Tanda gejala sindrom Guillain-Barré sering diawali dengan kerusakan saraf pada kaki, kemudian akan naik ke bagian tubuh lebih atas seperti tangan dan tubuh. Gejalanya bisa berupa kelemahan atau lumpuh pada otot-otot kaki dan tangan, kesemutan di tangan dan juga kaki, kesulitan menelan hingga berbicara, dan yang paling fatal adalah terjadi kelumpuhan pada otot pernapasan.

Tulang dan Sendi Telapak Tangan

Di telapak tangan ada sekitar 27 tulang kecil yang bisa terjadi patah atau cedera. Bila tidak segera ditangani dengan tepat, cedera pada tulang pada telapak tangan bisa lama sembuhnya hingga bisa mengubah struktur dan ketangkasan tangan sengan permanen.

Selain cedera pada tulang, arthritis atau radang sendi juga dapat terjadi di telapak tangan, dan merupakan penyebab utama dari telapak tangan sakit. Beberapa penyakit yang bisa menyerang sendi-sendi tangan diantaranya yaitu osteoarthritis,  rheumatoid arthritis, lupus, dan rematik asam urat.

Karena banyak penyakit yang bisa menyebabkan telapak tangan sakit, maka kondisi ini tidak dapat dianggap remeh. Jika nyeri pada telapak tangan disertai juga kesulitan untuk menggerakkan tangan, tangan mati rasa, kekuatan gerak tangan yang melemah atau bahkan lumpuh.

Baca juga