Pernahkah Anda mengalami tangan sering kesemutan saat tidur? Kenali beberapa penyebabnya di artikel ini.

Rheumapas.com  Apakah Anda mengalami tangan sering kesemutan saat tidur? Jika ya, hati-hati. Pasalnya, kebas ketika tidur tak melulu terjadi karena hal sepele. Keadaan tersebut juga bisa merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang sedang terjadi.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, kesemutan atau parestesia adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari luar.

“Sensasi tersebut bisa berupa rasa dingin atau panas pada suatu bagian tubuh, hingga perasaan dirambati sesuatu. Parestesia timbul bila terjadi iritasi di serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan,” ungkap dr. Jesslyn.

Lengan kesemutan saat tidur

Seperti dilansi dari Healthline.com, penyebab tersering lengan kesemutan saat tidur adalah posisi berbaring yang menyebabkan lengan menjadi tertekan. Hal tersebut bisa mengganggu aliran darah ke saraf pada bagian lengan Anda, sehingga menimbulkan sensasi kesemutan.

Jika Anda bangun dengan kondisi lengan kesemutan, sesuaikan kembali posisi tubuh. Lengan Anda umumnya akan kembali normal dan kesemutan akan hilang.

Namun demikian, jika posisi tidur Anda tidak menekan pada lengan, kejadian kebas mungkin disebabkan karena kekurangan vitamin B. Kondisi ini paling sering biasanya dialami oleh:

  • Orang lanjut usia
  • Vegan
  • Orang yang minum alkohol berlebihan
  • Mereka yang mengalami anemia pernisiosa

Tak terbatas pada hal tersebut, kesemutan juga ternyata bisa menjadi pertanda adanya kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

“Tingkat kolesterol yang tinggi berhubungan bersama gangguan saraf tepi. Hal ini merupakan kesimpulan dari berbagai penelitian medis yang mengatakan bahwa gangguan kolesterol berhubungan juga dengan berbagai masalah saraf tepi, seperti polineuropati akson distal, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, dan gangguan sistem saraf autonom,” ujar dr. Alvin Nursalim

Apa solusinya?

Kebas dan kesemutan tergolong mudah untuk diatasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif dan membutukan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala yang Anda rasakan menjadi semakin berat.

“Jika keluhan yang dirasakan saat malam hari, ubah posisi tidur dan coba letakkan lengan di atas satu atau dua bantal. Jangan tidur dengan menimpa tangan. Jika terasa nyeri ketika bangun, goyang-goyangkanlah tangan Anda,” kata dr. Jesslyn.

Lebih lanjut, dr. Jesslyn menyarankan supaya Anda tidak berada pada posisi duduk atau berdiri yang terlalu lama. Sementara itu, faktor gangguan kesehatan contohnya seperti kekurangan vitamin B dan penyebab lainnya bisa ditangani dengan cara mencari tahu penyebab secara medis. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter umum atau dokter spesialis saraf.

Ingatlah bahwa ketika Anda mengalami lengan terasa kebas saat tidur, kondisi tersebut tak melulu disebabkan karena kondisi-kondisi yang bisa dianggap sepele. Karena itu, jika Anda mengalami keluhan tersebut, apalagi hingga berulang atau tak juga kunjung hilang hingga berhari-hari, jangan tunda lagi untuk segera pergi berobat ke dokter.

Baca juga