Rheumapas

Tanda Asam Urat dan Rematik, Beda Penyakit Beda Gejala

Sekilas banyak orang mengira bahwa asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang sama. Namun kenyataannya asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang berbeda. Tanda asam urat dan rematik pun tidak sama. Meskipun keduanya sama-sama merupakan penyakit yang timbul karena adanya kelainan pada area sendi dengan ditandai rasa nyeri yang luar biasa.

Saat orang mengira ia mengidap penyakit asam urat maka penanganan dan pengobatannya pun menyesuaikan dengan penyakitnya. Begitu pula sebaliknya. Apabila salah mengidentifikasi apakah itu asam urat atau rematik maka cara penangannya pun otomatis akan salah kaprah sehingga hal ini sangat berbahaya untuk kesembuhan sendi Anda.

Ada baiknya Anda mengetahui perbedaan tanda asam urat dan rematik sebelum melakukan penanganan lebih lanjut. Tidak hanya untuk Anda yang sedang menderita penyakit tersebut melainkan untuk semua kalangan dari golongan usia remaja, dewasa dan lansia. Hal ini dikarenakan asam urat dan rematik bisa menyerang siapa saja. Karena kita tahu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Perdedaan tanda asam urat dan rematik dapat dilihat dari berbagai segi antara lain gejala, penyebab, lokasi peradangan, faktor penderita juga cara pengobatan dan pencegahan yang jelas berbeda. Berikut ini perbedaan tanda asam urat dan rematik:

Penyakit asam urat

1. Gejala

Tanda asam urat dan rematik bisa dilihat dari gejala. Gejala yang terjadi pada asam urat yaitu rasa nyeri disertai dengan kemerahan dan pembengkakan pada lokasi tertentu.

2. Penyebab

Penyebab asam urat dikarenakan di dalam tubuh terdapat kadar asam urat (urin acid) yang terlalu berlebihan. Beberapa makanan yang mengandung kadar asam urat/purin seperti daging,  ikan, kerang, jeroan dan makanan berbahan dasar gandum.

3. Lokasi peradangan

Asam urat atau peradangan sendi sering kali terjadi pada satu sendi dalam satu waktu terutama sendi jari-jari kaki bagian ibu jari.

4. Faktor penderita

Berdasarkan penelitian, asam urat banyak menyerang kaum laki-laki kalangan usia remaja di awal 20 tahun-an. Faktor lain yang juga berisiko terkena asam urat seperti :

– kelebihan berat badan

– faktor keturunan

– mengkonsumsi obat-obatan tertentu

– bawaan beberapa penyakit vital seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

5. Pengobatan

Penderita asam urat sebenarnya tidak dapat disembuhkan secara total. Saat ini konsultasi ke dokter menjadi salah satu penanganan yang efektif selain juga bisa dengan cara pengobatan alternatif dengan menggunakan bahan-bahan alami.

6. Pencegahan

Untuk pencegahan penyakit asam urat sendiri lebih ditekankan pada pengurangan konsumsi makanan yang mengandung purin seperti yang telah disebutkan diatas. Pola makan dan gaya hidup yang sehat juga dapat mencegah terkena penyakit asam urat.

Penyakit rematik

1. Gejala

Penyakit rematik atau rheumatoid arthritis memiliki gejala nyeri, bisa ringan, sedang atau berat, disertai kaku, merah dan pembengkakan.

2. Penyebab

Penyebab penyakit rematik sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun dapat dipastikan bahwa rematik sebagai penyakit autoimun memiliki hubungan dengan susunan genetik seseorang yang berhubungan dengan bakteri dan virus yang menyerang kekebalan tubuh seseorang.

3. Lokasi nyeri

Penyakit rematik menyerang area persendian mana saja di dalam tubuh. Area yang peling sering dan lebih berisiko terserang rematik yaitu pergelangan tangan dan kaki serta persendian kecil kecil tangan. Dalam satu waktu dapat memungkinkan seseorang terkena rematik lebih dari satu bagian.

4. Faktor penderita

Kebanyakan penyakit ini diderita oleh kaum wanita terutama usia lanjut 60 tahun-an ke atas. Namun tidak sedikit pula laki-laki dan remaja wanita yang terserang penyakit rematik.

5. Pengobatan

Kesamaan tanda asam urat dan rematik yaitu sampai saat ini belum ditemukan formula yang bisa menyembuhkan sampai tuntas. Beberapa obat herbal dan konsultasi dokter menjadi pilihan utama kebanyakan orang.

6. Pencegahan

Tanpa mengabaikan tanda asam uart dab rematik, untuk mencegah penyakit rematik lebih ditekankan pada peningkatan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah untuk berbagai macam virus masuk ke tubuh kita. olah raga secara teratur, pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup tentunya akan membantu menjaga kekebalan tubuh tetap seimbang.

Rheumapas sebagai Solusi

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa perbedaan tanda asam urat dan rematik sudah sangat jelas meskipun gejalanya mirip maka jangan sampai salah penanganan. Penanganan yang salah bisa berakibat fatal. Namun Rheumapas bisa menjadi solusi terbaik untuk segala masalah pada persendian Anda.

 Rheumapas merupakan obat herbal tradisional yang diproduksi oleh PT Tiga Puspa yang efektif untuk meredakan nyeri pada persendian. Kandungan ekstrak temulawak (Curcuma Xanthoriza Rhizoma) dan sambiloto (Andrographidis Paniculata) terkenal ampuh untuk menangani rasa nyeri sendi. Obat tradisional berbentuk kapsul ini sampai saat ini belum ditemukan adanya efek samping penggunaan.

Dengan Rheumapas, Anda tidak perlu khawatir akan salah penanganan terhadap masalah persendian. Karena kebanyakan orang sulit membedakan tanda asam urat dan rematik dengan benar.

Tinggalkan Komentar