Tanaman Obat Untuk Saraf Tepi

Kunyit ternyata memiliki beberapa manfaat yang tak kalah hebat dalam dunia medis. Kunyit bisa bekerja sebagai obat pereda nyeri dan juga agen inflamasi. Kunyit dalam beberapa kebudayaan etnis tertentu digunakan dalam mempercepat penyembuhan luka serta mengatasi demam dan juga infeksi bakteri. Lalu, bagian apa yang membuat kunyit memiliki efek pada pengobatan? Mari kita pelajari lebih lanjut lagi.

Kunyit mengandung kurkumin atau curcuminoid

Di dalam kunyit terkandung senyawa bahan kimia yang disebut dengan kurkumin. Senyawa inilah yang menjadi andalan bagi kunyit dalam mempercepat regenerasi sel. Kurkumin merupakan polifenol alami. Polifenol ialah antioksidan organik yang memiliki khasiat menguntungkan sel-sel tubuh ketika dikonsumsi dengan benar pada jumlah yang cukup. Sudah banyak hasil penelitian dan juga percobaan yang sampai pada kesimpulan bahwa kurkumin memiliki sifat anti inflamasi, antibiotik dan anti kanker. Hal ini sejalan bersama berbagai metode pengobatan oriental atau alternatif yang mempertahankan penggunaan kunyit dan juga rempah-rempah yang mengandung kurkuminoid seperti Jahe. Selain itu menggunakan rempah-rempah tersebut pada masakan adalah salah satu cara yang terbaik dalam mencegah diri dari kanker.

Kunyit Tanaman Obat Saraf Tepi

Seperti yang dijelaskan seperti diatas, kunyit mengandung kurkumin. Pertanyaannya ialah bagaimana kurkumin bisa mengobati neuropati atau saraf yang rusak? Jawabannya ada pada sifat anti-inflamasi dan juga analgesik yang berkontribusi memberikan bantuan pada saat terjadi gejala. Sedangkan sifat antioksidan pada kurkumin diyakini bisa menghambat dan membalikkan proses neurodegeneration. Neuropati merupakan kerusakan pada saraf, dimana ini dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, hipersensitivitas di bagian tertentu dan ketidaknyamanan fisik secara keseluruhan pada diri seseorang. Neuropati perifer umumnya disebabkan karena kerusakan pada saraf perifer yang didapatkan dari penyakit atau merupakan trauma fisik karena cidera.

Pengobatan yang utama secara medis kebanyakan dilakukan hanya untuk meringankan kinerja saraf secara simtomatik. Sedangkan pada pengobatan alternatif melalui pelaksanaan terapi tertentu dapat terbukti efektif untuk mengurangi kelainan pada saraf yang lebih mendasar. Meskipun sudah banyak dari kita yang familiar dengan efektivitas bumbu dan juga rempah dalam menyembuhkan penyakit fisik, namuan kita pasti masih akan terkejut jika dikatakan bahwa ternyata rempah-rempah dapat mengobati sesuatu yang lebih komplek seperti penyakit atau cidera saraf. Dan kunyit merupakan salah satu rempah alami yang tampaknya cukup efektif menangani neuropati perifer, dengan tidak hanya mengurangi rasa sakit namun juga mengoreksi kerusakan pada sistem saraf penderita

Baca juga