talas penyebab asam urat

Talas Bisa Jadi Penyebab Asam Urat

Apakah Talas Penyebab Asam Urat ?

Rheumapas.com  – Asam urat merupakan bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah zat purin. Purin bisa ditemukan pada sejumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Setelah diproduksi, asam urat kemudian biasanya akan larut dalam darah lalu melewati ginjal dan sebagian besar lalu akan dibuang oleh tubuh ketika buang air kecil. Nah jika tubuh memproduksi asam urat berlebihan, maka ginjal tidak bisa mengeluarkan asam urat dengan cepat maka hal ini akan berdampak pada kesehatan.

Agar asam urat tidak menumpuk didalam darah dan sebabkan masalah bagi kesehatan tentunya Anda harus menjauhi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Konsumsilah makanan yang rendah akan purin seperti umbi talas. Beredar kabar, umbi talas ini bisa membantu mengobati asam urat.

Lalu, Apakah Talas Penyebab Asam urat ?

Atau Malah Membantu Mengobati Asam Urat

Umbi talas adalah akar sayur yang bisa dikonsumsi. Di Indonesia, umbi talas ini bisa kita temukan didaerah sekitaran puncak, bogor, Jawa Barat didaerah tanah yang gembur yang beriklim sejuk.

Umbi talas hampir seukuran dengan lobak, yang mempunyai bentuk lonjong atau bulat dengan kulit berserat coklat dan memiliki daging berwarna putih kekuningan. Bukan hanya umbinya, daun talas juga mempunyai manfaat dan telah digunakan sebagai obat tradisional pada sejak zaman keraton.

Kebanyakan orang mungkin salah memandang sebelah mata pada jenis tanaman yang satu ini, tapi ketahuilah ternyata tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu contohnya, umbi tanaman ini diketahui bisa digunakan untuk mengobati asam urat.

Bagaimana cara mengobati asam urat dengan umbi talas?

Gaya hidup yang tidak sehat terutama asupan makan yang kurang tepat bisa memunculkan masalah jangka panjang. Seperti penyakit asam urat yang kebanyakan disebabkan karena asupan makanan tinggi purin.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa memanfaatkan umbi talas. Caranya tumbuk atau blender umbi talas, lalu bisa Anda tambahkan cuka beras dan 2 sendok teh minyak wijen. Aduk semuanya dengan merata lalu oleskan pada bagian sendi yang terserang asam urat.

Anda harus mengolah umbi talas dengan benar. Karena jika terjadi kesalahan ketika mengolah, umbi talas bisa memunculkan efek gatal di mulut lantaran mengandung senyawa asam oksalat. Meski tidak akan menyebabkan efek yang  serius namun tetap saja akan sangat mengganggu.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar