Rheumapas

Solusi Jitu! Inilah Cara Cegah Asam Urat Kambuh

Asam urat atau yang lebih dikenal dengan sebutan hiperurisemia merupakan sebuah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah sangat tinggi. Dengan begitu, kondisi ini dapat menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman ketika melakukan pergerakan. Sering kali berbagai pengobatan dilakukan demi mendapatkan kesembuhan, namun banyak orang yang mengeluhkan jika asam urat sering kembali.

Menyikapi hal tersebut, sudah sepatutnya Anda mencoba mencari tahu rahasia di balik cara cegah asam urat kambuh. Dikutip dari website resmi Kementrian Kesehatan, bahwasannya sakit asam urat kerap kali menyebabkan permasalahan sendi. Dimana sendi mengalami pembengkakan, nyeri yang sangat mendalam hingga rasa panas pada bagian persendian. Sering kali kondisi tersebut dirasakan pada bagian jari tangan, pergelangan kaki, lutut hingga jari kaki.

Oleh sebab itu, pemeriksaan melalui darah menjadi solusi untuk mengetahui kadar dari asam urat. Selain itu, berbagai tindak lanjut untuk mencegah asam urat kambuh juga perlu dilakukan.

Solusi Jitu Cara Cegah Asam Urat Kambuh

Sebagai langkah awal seseorang untuk mengatasi permasalahan asam urat adalah dengan mengompres bagian yang sakit dengan bongkahan es. Selain itu, mengkonsumsi obat pereda nyeri juga menjadi solusi alternative lain yang diberikan oleh dokter.

Sayangnya, solusi tersebut terkadang bersifat sementara hingga pada akhirnya seorang penderita asam urat mencari solusi lain untuk cegah asam urat kambuh. Seperti yang disebutkan dalam buku yang berjudul “Solusi Sehat Mengatasi Asam Urat&Reumatik”, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan berikut beberapa diantaranya.

1. Kurangi konsumsi makanan kaya protein

Salah satu cara untuk cegah asam urat kambuh adalah dengan mencoba untuk membatasi diri mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi. Perlu Anda ketahui bahwasannya kandungan purin dalam makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi setiap harinya hanya sebatas 600 hingga 1.000 miligram setiap hari.

Bagi Anda yang menderita asam urat, pengkonsumsian protein hanya dibatasi sebanyak 120 hingga 150 miligram setiap hari. Selain itu, ketika dalam pemeriksaan ditemukan kadar asam urat Anda di atas 70 mg/dl, maka pengkonsumsian makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi sudah sepatutnya dikurangi. Hal semacam inilah yang menjadi salah satu cara cegah asam urat kembali kambuh.

Jika Anda ingin mengkonsumsi ikan, daging dan ayam, maka pengkonsumsian tersebut dibatasi sebanyak 50 hingga 75 gram setiap harinya. Sedangkan untuk sayur yang memiliki kadar purin yang tinggi tidak boleh melebihi 100 gram per harinya.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk cegah asam urat kambuh adalah dengan menambah pengkonsumsian makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sebagai gambaran umum, pastikan Anda mengkonsumsi setidaknya 100 gram jenis makanan tersebut setiap hari. beberapa makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks tersebut diantaranya adalah singkong, beras merah serta roti gandum.

Pastikan juga Anda menghindari berbagai makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti permen, sirup dan gulali.

3. Ketahui asupan makanan dan energi yang dikeluarkan

Untuk mencegah asam urat selanjutnya bisa dilakukan dengan mengetahui kalori yang dikonsumsi setiap hari dengan mempertimbangkan energi yang dibutuhkan. Penentuan dua hal tersebut sering kali dilakukan dengan melihat beberapa faktor penentu seperti halnya berat badan, usia, ragam aktivitas setiap hari hingga tinggi badan.

Ketika Anda mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak, nantinya akan terjadi penumpukan dalam tubuh hingga pada akhirnya berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda termasuk kambuhnya permasalahan asam urat.

4. Mengurangi makanan dengan kandungan lemak tinggi

Cara lain untuk cegah asam urat kembali kambuh adalah dengan mengurangi pengkonsumsian lemak yang berlebih. Sebagai gambaran umum, bagi Anda dengan permasalahan asam urat, pengkonsumsian lemak hanya diperbolehkan setidaknya sebanyak 10%-15% dari total jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari.

Beberapa jenis makanan dengan tinggi lemak diantaranya adalah gorengan, makanan bersantan, mentega dan jerohan. Pengkonsumsian makanan semacam ini akan menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi atas pengeluaran asam urat melalui urine.

5. Konsumsi cairan lebih banyak

Sekalipun Anda disarankan untuk mengkonsumsi cairan dalam jumlah banyak setiap harinya, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol. Pengkonsumsian minuman beralkohol bisa menyebabkan gangguan atas pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. selain itu, sebagai bentuk cara untuk cegah asam urat menjadi kambuh bisa dilakukan dengan minum air sebanyak 2.5 liter setiap hari.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tidak selamanya didapatkan dari air namun dari buah yang memiliki kandungan air sangat banyak juga bisa dijadikan sebagai solusi.

Menyikapi adanya permasalahan asam urat yang terus menerus kambuh, kini saatnya Anda mencoba untuk mencari tahu solusi cegah asam urat kambuh. Disebutkan sebelumnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan termasuk di dalamnya memperhatikan konsumsi makanan setiap hari.

Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi produk herbal Rheumapas yang pastinya 100% terbuat dari bahan alami seperti androggrapis paniculata dan juga curcuma xanthorrhiza yang efektif membantu mengatasi asam urat. Mengenai khasiat dari rheumapas itu sendiri sudah terbukti ampuh karena telah melalui berbagai pengujian di berbagai laboratorium universitas negeri yang terakreditasi.

Selain itu, produk ini juga telah tergistrasi dari BPOM dan juga mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Dengan adanya hal tersebut, produk ini dijamin aman dan pastinya sangat ampuh untuk cegah asam urat kambuh. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan rheumapas di toko obat terdekat.

Tinggalkan Komentar