Rheumapas

sering menguap

5 Penyakit yang Membuat Anda Sering Menguap

5 Penyakit yang Membuat Anda Sering Menguap

Apakah Anda sering menguap? Apakah Anda cukup tidur? Jika Anda merasa sudah cukup tidur, lalu kenapa tetap saja sering menguap? Apa sih yang menyebabkan Anda sering menguap sebenarnya?

Apa penyebab sering menguap?

Menguap merupakan kegiatan yang tidak Anda sadari, karena terjadi begitu saja atau disebut juga dengan gerakan involuntary. Memangnya Anda pernah menguap karena memang berniat untuk menguap? Kegiatan ini langsung diatur oleh otak tanpa kita sadari.

Penyakit yang menyebabkan Anda menguap berlebihan

Menguap yang berlebihan yaitu jika menguap lebih dari sekali pada satu menit dan biasanya disebabkan karena kelelahan dan ngantuk yang sangat amat. Walaupun begitu ternyata sering menguap juga bisa menunjukkan adanya gangguan pada kesehatan Anda. Apa sajakah gangguan tersebut?

  1. Central Sleep Apnea

Kondisi ini adalah masalah yang muncul ketika Anda tidur dan biasanya gejala yang muncul ialah kesulitan bernapas atau bahkan berhenti bernapas ketika tertidur di malam hari. Gangguan pernapasan ini berkaitan dengan masalah di otak yang ‘terlupa’ untuk memberikan otot-otot Anda untuk bernapas pada saat tertidur.

Central sleep apnea berbeda dengan obstructive sleep apnea yang adalah gangguan pernapasan yang diakibatkan karena tertutupnya saluran pernapasan. Orang yang mengalami central sleep apnea tidak mengalami penyumbatan di saluran pernapasan, tetapi masalahnya adalah pada koneksi di antara otak dengan otot-otot yang berperan di dalam pengambilan napas.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung atau juga disebut dengan infark miokardium dalam bahasa medis adalah kondisi di mana fungsi jantung terganggu akibat jantung tidak mendapat aliran darah yang mengandung oksigen serta zat makanan yang digunakan memompa darah. Aterosklerosis ialah penyebab utama dari serangan jantung, yaitu pembuluh darah yang tersumbat akibat dari plak-plak yang terbentuk dari lemak yang kemudian membuat aliran darah menjadi tidak lancar ke jantung.

  1. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan masalah kronis pada sistem saraf sentral, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang selubung jaringan saraf dan lalu kemudian menyebabkan peradangan serta menimbulkan luka kepada jaringan. Berbagai gejala ditimbulkan karena multiple sclerosis ini, namun sekitar 80% para penderita multiple sclerosis mengalami kelelahan dan keletihan yang berat menyebabkan Anda menguap lebih sering.

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakit yang disebabkan rusaknya jaringan pada otak akibat pembuluh darah tersumbat plak, yang kemudian menyebabkan aliran darah pembawa oksigen dan makanan tidak sampai ke otak. Sel dan jaringan otak pun rusak hingga menyebabkan penyakit stroke.

  1. Epilepsi

Epilepsi merupakan masalah pada otak yang menimbulkan gejala kejang-kejang yang tidak terduga kapan terjadinya dan sering berulang. Kejang-kejang ini diakibatkan karena perubahan kegiatan listrik otak yang disebabkan berbagai hal seperti konsumsi obat-obatan terlarang, gangguan dan masalah otak sejak kecil, stroke, meningitis, dan trauma yang menimbulkan kerusakan otak.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar