Sayuran Terlarang Bagi Penderita Asam Urat

Rheumapas.com – Saat asam urat sedang kambuh, sendi akan terasa nyeri hingga sakit. Kondisi ini biasanya terjadi pada setelah Anda mengonsumi makanan yang tinggi akan purin, yang merupakan kebanyakan berasal dari daging ataupun jeroan. Namun, beberapa sayuran juga perlu Anda hindari bila sedang menderita asam urat.

Purin, merupakan senyawa kimia tertentu yang ditemukan pada beberapa makanan, yang akan dipecah menjadi asam urat. Mengkonsumsi makanan yang tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat kepada tubuh.

Purin dapat secara alami bisa ditemukan pada berbagai makanan. Ketika tubuh Anda mencerna purin dan menghasilkan asam urat sebagai sebagai produk limbah. Jika asam urat menumpuk pada tubuh, dapat menyebabkan sakit yang kronis, pembengkakan dan juga nyeri di sendi.

Apa yang akan terjadi saat Anda mengonsumsi purin? Asam urat akan mengkristal hingga terkumpul di persendian, dan menyebabkan inflamasi atau peradangan, pembengkakan yang merupakan salah satu tanda dan gejala klasik asam urat. Istilah medis untuk terlalu banyak asam urat di aliran darah ialah hyperuricemia.

Kadar purin tertinggi terkandung pada jeroan, seperti hati, otak, ginjal, juga daging merah dan alkohol. Tapi beberapa sayuran juga ternyata mengandung purin, meski tidak setinggi kandungan yang ada pada jeroan.

Bayam dan asparagus

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi akan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan juga flavonoid. Sayangnya bagi para penderita asam urat, bayam merupakan sayuran yang juga harus dihindari karena memiliki kandungan purin.

Menurut tabel makanan dari AcuMedico, terdapat 57 g purin dalam setiap 100 g bayam.

Bayam dan asparagus memang memiliki kandungan purin, akan tetapi tidakakan menyebabkan kerusakan sebanyak purin dari produk daging karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan dari tubuh lebih mudah dari pada produk hewani. Namun, jika Anda penderita asam urat, sebaiknya menghindari bayam dan asparagus.

Kembang kol

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi, kembang kol termasuk salah satunya. Menurut AcuMedico, purin untuk kembang kol ialah 51 g per 100 g kembang kol.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk daftar produk nabati yang tinggi akan purin dan harus dihindari bagi penderita asam urat. Kacang polong berada pada peringat atas untuk kandungan purin yang tertinggi, yakni 5-100 mg purin per 3,5 ons.

Tanaman Obat Asam Urat Alami Tanpa Efek Samping

obat asam urat tradisional dan pantangannya

Jamur

Jamur juga mengandung purin cukup tinggi purin dalam setiap porsi. Hal ini yang membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet dari asam urat.

Daun Singkong

Daun yang cukup banyak digemari ini pula ternyata dilarang keras untuk dikonsumsi penderita asam urat. Yap, daun singkong ini mengandung purin tinggi yang dapat meningkatkan kadar asam urat secara drastis.

Biji Melinjo

Telah lama biji melinjo diyakini mengandung efek yang buruk bagi penderita asam urat. Faktanya biji melinjo mengandung senyawa yang dapat memperburuk pembengkakan hingga peradangan.

Baca juga :