ruam pada kulit dewasa

Ruam Pada Kulit Dewasa

Ruam Pada Kulit Dewasa

Ruam merupakan peradangan dan perubahan warna yang terjadi terhadap kulit. Timbulnya gatal-gatal, mengelupas, benjol, bersisik, atau iritasi merupakan bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam. Ruam pada kulit disebabkan karena alergi, efek samping penggunaan obat atau bisa juga kosmetik, dan berbagai macam penyakit. Berikut ini merupakan beberapa kondisi penyebab dari ruam pada kulit dewasa beserta penjelasannya.

Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kelainan kulit yang mengenai kulit kepala dan kulit bagian tubuh lain di mana terdapat kelenjar minyak. Area tubuh yang biasanya terkena ialah punggung, wajah, atau dada bagian atas. Dermatitis seboroik bukan merupakan penyakit menular, tapi dapat berkembang menjadi cukup parah hingga mempengaruhi rasa percaya diri penderitanya.

Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik atau eksim atopik merupakan peradangan pada permukaan kulit yang bisa menyebabkan munculnya ruam yang gatal. Ruam akan tampak kemerahan dan pecah-pecah akibat kering.

Infeksi jamur

Jamur merupakan organisme primitif yang hidup di tanah, , tanaman udara, dan air. Selain itu, ada juga beberapa jamur yang hidup di dalamnya serta di permukaan tubuh manusia. Infeksi jamur akan lebih mudah terjadi pada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah .

Untuk penanganan infeksi jamur kulit berat, selain obat antijamur topikal (oles), obat antijamur oral juga dapat digunakan.

Sengatan dan gigitan

Serangga seperti lebah, semut kutu, atau nyamuk api, lalat, tawon, dan laba -laba, akan menyengat atau menggigit ketika sedang terganggu atau terdesak. Reaksi alergi akan muncul akibat  dari racun yang dikeluarkan melalui gigitan.

Cacar air

Cacar air atau varisela marupakan penyakit yang disebabkan karena virus varisela zoster yang ditandai dengan gejala berupa ruam atau lepuhan pada kulit (umumnya terjadi pada bagian wajah, perut, belakang telinga, kulit kepala, dada, lengan, dan kaki). Pengobatan yang tersedia hanya bertujuan meringankan saja gejala yang menyertai, misalnya paracetamol untuk menurunkan demam, atau losion atau bedak calamine untuk mengurangi rasa gatal.

Kurap

Kurap atau tinea merupakan  penyakit kulit yang disebabkan karena jamur. Kondisi ini biasanya menyerang selangkangan, kuku, kepala, dan kaki. Kurap merupakan penyakit umum dan bisa menyerang pada siapa saja, terutama anak-anak. Ruam kurap berbentuk cincin dan memiliki rasa gatal, dan dapat menyebar.

Alergi obat

Alergi obat merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap obat yang dikonsumsi. Gejala yang umum terjadi dari alergi obat adalah munculnya ruam yang disertai demam dan biduran (urtikaria). Alergi obat berbeda dengan efek samping atau keracunan obat akibat overdosis. Alergi obat juga bisa menyebabkan reaksi yang serius.

Campak

Campak merupakan infeksi yang disebabkan karena  virus dan mengakibatkan munculnya ruam di seluruh tubuh. Kondisi ini sangat menular dan dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Selain ruam, campak juga disertai dengan gejala mata memerahdan sensitif terhadap cahaya, batuk, radang tenggorokan, pilek, demam, atau hidung tersumbat, atau bercak putih ke abu-abuan pada mulut .

Diagnosis dan Pengobatan Ruam Kulit

Selain menanyakan gejala yang dirasa dan mengamati serta memeriksa kondisi kulit, dokter juga akan meninjau riwayat kesehatan pasien untuk proses awal diagnosis. Setelah itu, tes lanjutan akan direkomendasikan bertujuan memastikan suatu kondisi yang dicurigai merupakan penyebab terjadinya ruam kulit.

Pengobatan juga akan disesuaikan bersama penyakit yang diderita, baik melalui pemberian obat oral atau topikal, terapi, hingga operasi. Disarankan untuk berkonsultasi melalui dokter agar mengetahui penyebab ruam kulit dan cepat mendapatkan pengobatan tepat.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar