Rheumapas

Ramuan Obat Rematik Ampuh, Alami dan Efektif

Rematik atau Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit yang menyerang persendian. Rematik terjadi dikarenakan adanya gangguan autoimun pada tubuh. Rematik tergolong penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Namun sangat disayangkan hingga saat ini belum ditemukan ramuan obat rematik yang ampuh menyembuhkan rematik baik obat herbal maupun obat-obatan kimia.

Rematik bisa menyerang hampir semua bagian persendian manusia. Rematik ditandai dengan adanya pembengkakan serta kemerahan pada area sendi disertai dengan rasa nyeri yang bisa menjadi sangat luar biasa sakitnya. Persendian yang rentan terkena rematik yaitu bagian pergelangan tangan, lutut dan kaki. Karena dibagian tersebutlah banyak aktifitas sering dilakukan.

Meskipun belum ada ramuan obat rematik yang ampuh mengilangkan penyakit ini, ada beberapa penanganan yang bisa meredakan rasa nyeri pada persendian. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan tradidional. Bahan-bahan yang akan digunakan sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia sehingga sangat mudah untuk dicari.

Ramuan obat rematik dari pengobatan tradisional

Sejak zaman nenek moyang kita, obat tradisional dikenal aman untuk menyembuhkan secara aman. Selain karena Indonesia yang akan akan berbagai jenis tanaman dan rempah-rempah, obat tradisional tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya. Sehingga banyak orang yang mempercayakan pengobatan pada cara tradisional.

Dalam hal ini rempah-rempah yang biasanya digunakan untuk membuat ramuan obat rematik diantaranya sebagai berikut :

1. Kunyit

Kunyit menjadi rempah-rempah utama dalam setiap masakan di Indonesia. Kunyit dapat meredakan nyeri pada sendi karena adanya kandungan curcumin yang merupakan senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Kunyit akan lebih efektif menyembuhkan jika dicampur dengan lada hitam sehingga kandungan pada kunyit mudah diserap oleh tubuh.

2. Lada hitam

Lada hitam memiliki kandungan senyawa aktif piperine yang ampuh meredakan nyeri pada persendian. Piperine yang bersifat antiinflamasi dapat membantu meringankan berbagai penyakit lain seperti mual, sakit kepala serta gangguan pada pencernaan.

3. Jahe

Ramuan obat rematik selanjutnya yaitu dari bahan jahe. Selain aromanya yang khas, jahe memiliki kandungan senyawa gingerol yang bersifat antiradang. Pengobatan dengan jahe bisa dilakukan dengan menjadikannya minuman yang juga bisa menghangatkan tubuh atau juga bisa dengan menghaluskannya lalu ditempelkan pada bagian yang nyeri.

4. Bawang putih

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu dapur berbau menyengat yang satu ini? Bawang putih memiliki kandungan diallyl disulfide yaitu senyawa yang bersifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada sendi.

5. Teh hijau

Selain bisa dijadikan minuman herbal yang menyehatkan, teh hijau bisa meredakan nyeri sendi. Dengan kandungan polifenal yang sifatnya antioksidan dapat menekan rasa sakit akibat pembengkakan pada sendi.

6. Kayu manis

Kayu manis mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal paparan radikal bebas. Kayu manis dapat menjadi salah satu pilihan pereda nyeri yang efektif apabila dikonsumsi secara teratur.

7. Cengkih

Cengkih sering kita gunakan sebagai tambahan dalam minuman teh. Senyawa yang bersifat antiinflamasi yang terkandung dalam cengkih dapat meredakan nyeri persendian. Selain itu cengkih juga dapat mengobati sakit perut, mual, sakit tenggorokan dan radang mulut.

Ramuan obat rematik diatas dapat dijumpai dengan mudah di warung-warung terdekat. Lebih efektif lagi jika dijadikan bumbu masak yang alami sebagai pengganti perasa buatan. Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi rempah-rempah secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya pembekuan darah. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya saja.

Ada juga ramuan obat rematik alami lain yang dapat mengurangi rasa nyeri seperti saffron dan timi atau thyme. Namun lebih sulit untuk mencari bahan-bahan tersebut di pasaran. Selain itu juga harganya yang terbilang cukup menguras kantong dibanding rempah lainnya.

Selain ramuan obat alami, hal yang sering dianjurkan oleh dokter yaitu menjaga pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, pola makan yang sehat, tidak mengkonsumsi alkohol, tidur yang cukup serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

Mengurangi rasa nyeri juga dapat dilakukan dengan cara kompres dingin atau kompres panas secara teratur selama 10-15 menit setiap 30 menit. Cara lain yang juga efektif yaitu dengan metode terapi seperti Tai Chi dan akupuntur.

Ada satu lagi cara meredakan nyeri pada sendi yang efektif dan lebih praktis. Rheumapas, obat tradisional berbentuk kapsul yang terbukti ampuh meredakan nyeri persendian. Obat herbal yang di produksi oleh PT Tiga Puspa ini mengandung ekstrak temulawak (Curcuma Xanthoriza Rhizoma) dan ekstrak sambiloto (Andrographidis Paniculata Herba).

Rheumapas menjadi solusi terbaik bagi penderita rematik saat nyeri mulai menyerang. Selain lebih praktis juga dapat dijumpai dengan mudah di toko atau warung terdekat dengan harga terjangkau. Tidak perlu ribet membuat ramuan obat rematik, hanya dengan satu kali tegukan rasa nyeri langsung hilang.

Tinggalkan Komentar