rambutan untuk asam urat

Rambutan Untuk Asam Urat

Rheumapas.com – Pada umumnya, penyakit asam urat menyerang lansia, namun kini banyak juga anak muda yang mulai terserang penyakit ini. Biasanya, hal ini disebabkan gaya hidup yang buruk seperti mengonsumsi makanan tinggi purin contohnya jeroan, seafood,dll. tahukah bahwa terdapat buah juga yang harus dihindari oleh para penderita asam urat?

Buah Terlarang bagi Penderita Asam Urat

Beberapa jenis makanan ini tinggi dengan kandungan purin yang bisa menyebabkan peradangan persendian menjadi lebih parah. Berikut merupakan sejumlah pantangan asam urat yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  1. Durian

Buah yang harus dihindari bagi penderita asam urat pertama adalah durian. Durian dikenal rajanya buah karena memiliki aroma serta rasa yang luar biasa. Sebagian orang memang tidak menyukainya, namun masyarakat Indonesia sangat menggemari buah ini. Hanya saja, penderita asam urat, ada baiknya mereka tidak mengonsumsi buah ini karena memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

  1. Rambutan Untuk Asam Urat

Rambutan merupakan buah yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Dibalik dengan rasanya yang enak, harganya juga terjangkau serta kandungan nutrisi yang sehat, rambutan mengandung gula alami  cukup tinggi.

Selain itu, pakar kesehatan juga mengatakan rambutan sebagai buah dengan sifat alkoholik, apalagi jika tingkat kematangannya berlebihan. Kombinasi antara kadar gula berlebihan dengan sifat alkoholik inilah yang akan membahayakan penderita asam urat.

  1. Nangka

Buah nangka yang manis ini ternyata juga memiliki kandungan purin tinggi, sehingga termasuk dalam buah yang sebaiknya dihindari penderita asam urat. Jika penderita mengonsumsinya, maka akan terjadi juga penumpukan kadar asam urat tambahan yang tentu bisa menyebabkan peningkatan serangan.

  1. Nanas

Nanas termasuk juga kedalam buah yang menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi pada siang hari ketika suhu sedang panas. Sayangnya, sebagaimana rambutan, nanas ternyata termasuk pada buah yang bersifat alkoholik dan menjadi buah yang harus dihindari oleh para penderita asam urat

  1. Tomat

Meskipun masih menjadi perdebatan para pakar kesehatan, ada juga anggapan yang diyakini banyak orang, yakni tomat bisa juga menjadi salah satu pemicu datangnya penyakit asam urat.

Meski kandungan vitamin C pada sayuran ini sangat tinggi, namun bagi penderita asam urat, sebaiknya tidak sembarangan untuk mengonsumsinya demi mencegah datangnya gejala serangan asam urat.

  1. Anggur

Karena memiliki kandungan 27 gram karbohidrat, 104/kcal kalori, dan 12 gram gula, anggur termasuk pada buah yang harus dihindari penderita asam urat. Sejumlah kandungannya dapat memicu munculnya asam urat.

Oleh sebab itu, maka sebaiknya jika buah anggur tidak dikonsumsi secara berlebihan agar tidak memicu  risiko terkena serangan asam urat pun semakin besar.

Nah, itulah 6 jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat. Namun, dengan hanya menghindari pantangannya saja belum cukup agar bisa menyembuhkan asam urat.

Baca juga

Tinggalkan Komentar