Rheumapas

racikan kunyi

Cara Meracik Kunyit Untuk Mengobati Penyakit Rematik

Penderita rematik harus memperhatikan mengkonsumsi makanan pada hariannya. Karena itu, sangat disarankan agar para penderita rematik untuk menghindari dari bahan makanan yang bisa memicu timbulnya rematik, seperti jeroan, burung dara, daging kambing, bebek, ayam, ikan kubis, sarden kaleng, melinjo dan daun singkong.

Yang dianjurkan untuk meminum air putih 8-10 gelas per hari, mengkonsumsi urat sapi, yoghurt, kaki ayam dan kunyit, temulawak serta berolahraga dengan teratur.

Manfaat Kunyit Untuk Rematik

Namun, dari semua yang dianjurkan tersebut memiliki banyak sekali khasiat ialah kunyit. Mengapa? Karena didalam kunyit memnupyai kandungan zat curcuimin yang bermanfaat membunuh radikal bebas, menurunkan lipid kolesterol serta memperbaiki pembuluh darah sehingga bisa digunakan untuk mengobati rematik.

Untuk bisa membantu menyembuhkan rematik, penderita rematik disarankan untuk menambahkan kunyit pada berbagai bentuk hidangan makanan mereka. Kunyit  bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu ataupun ditambahkan dalam masakan.

Racikan Kunyit untuk Rematik

Untuk bisa membantu mengobati rematik sebaiknya untuk mengkonsumsi 25 gram kunyit segar yang dikupas dan juga direbus bersama dengan jahe merah yang telah dikupas kulit, batang sereh dan juga kayu manis dengan 600 cc.

Proses perebusan dilakukan hingga air tersisa 300 cc, setelah itu air rebusan disaring. Untuk menambah rasa, air rebusan kunyit bisa ditambahkan dengan gula merah. Penderita rematik bisa mengkonsumsi 2-3 kali sehari.

Selain dikonsumsi, kunyit juga bisa digunakan dibagian luar tubuh sebagai pereda nyeri ketika nyeri rematik. Baluran untuk bagian kulit luar bisa dibuat dari campuran

  • 25 gr jahe segar
  • 25 gr kunyit
  • 20 gr serta
  • daun senggugu segar dan juga
  • 30 gr daun selasih segar.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicuci dan lalu dihaluskan. Campuran kunyit tersebut lalu ditambahkan dengan minyak kayu putih dengan secukupnya. Pengobatan luar ini bisa dilakukan 2 kali sehari.

Dengan konsumsi secara teratur dan komposisi yang tepat, akan membantu mengurangi bahkan hingga menyembuhkan rematik. Karena kunyit memiliki banyak sekali zat aktif berupa minyak atsiri dan juga curcumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan  sehingga cepat untuk meredakan nyeri akibat rematik.

Baca juga

Tinggalkan Komentar