pergelangan kaki berbunyi

Penyebab Pergelangan Kaki  Sering Berbunyi

Pernahkah kamu menekuk jari-jari atau pergelangan kaki sering berbunyi ‘krek’?

Bagi sebagian orang, aktivitas meregangkan ini dianggap menyenangkan dan dipercaya bisa mengurangi rasa pegal dan kaku di persendian. Efek yang dirasakan ketika membunyikan sendi ini sama dengan melakukan pijatan kecil, yakni tubuh ketika diregangkan menjadi lebih rileks. Nggak heran jika aktivitas membunyikan sendi ini menjadi kebiasaan bagi beberapa orang.

Tidakkah kalian penasaran, kenapa sendi berbunyi jika diregangkan atau bahkan tanpa digerakkan sama sekali? Nah, untuk memahaminya bagaimana suara ‘krek’ itu diproduksi, berikut adalah penjelasan ilmiahnya

Sebenarnya sendi itu apa ? Lalu bagaimana sendi bekerja?

Sendi adalah pertemuan antara 2 tulang atau lebih untuk mendukung adanya pergerakan. Sendi sehat terdiri atas tulang yang dikelilingi tulang rawan yang halus dan dilindungi sebuah kapsul yang dilapisi dengan cairan sinovial. Cairan ini berisi oksigen, nitrogen, dan juga gas karbondioksida serta berfungsi melumasi sendi mencegah pergesekan antar tulang.

Di dalam tubuh kita memiliki dua jenis sendi yang paling utama. Sendi yang pertama ialah sendi mati, yakni sendi yang nggak bisa digerakkan, contohnya ialah tulang tengkorak. Sendi kedua adalah sendi gerak yang berperan penting saat melakukan pergerakan seperti buku-buku jari, sendi pada leher, lutut, pergelangan kaki, lengan, ataupun sendi tulang punggung. Sendi gerak inilah yang juga dapat berbunyi ketika diregangkan. Sendi sendiri terdiri dari tulang rawan yang dilindungi oleh suatu kapsul yang dilapisi oleh cairan yang memiliki kandungan oksigen, nitrogen, serta karbondioksida.

Baca juga

Tinggalkan Komentar