Rheumapas

Perawatan Asam Urat Agar tidak Tambah Parah

Asam urat tinggi memang memerlukan perawatan agar tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi serius. Selain pengobatan dokter, ada juga beberapa perawatan asam urat yang dapat Anda lakukan di rumah. Obat asam urat alami ini dipercaya dapat membantu meringankan gejala asam urat yang mengganggu, sekaligus mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa masalah asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian sendi. Dalam hal ini, asam urat akan menyerang sendi dan menyebabkan timbulnya rasa nyeri, peradangan, serta pembengkakan pada sendi.

Asam urat juga dapat menyerang bagian sendi mana saja pada tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian sendi ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut.

Sementara itu, diketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh, mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, gangguan metabolisme, pengaruh penyakit lain (seperti penyakit ginjal dan penyakit tiroid), efek samping pengobatan jangka panjang, hingga kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Mengobati Asam Urat dengan Obat-Obatan

Perlu Anda ketahui bahwa masalah asam urat bukanlah kondisi yang dapat disembuhkan secara total. Meski demikian, kondisi ini dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala asam urat adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Penggunaan obat-obatan tersebut bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Dalam hal ini, jenis obat yang sering kali diresepkan dokter untuk penderita asam urat adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Tak hanya itu, dokter juga dapat memberikan obat-onatan untuk mengurangi kadar asam urat tinggi. Selain pengobatan tersebut, penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup menjadi sehat, seperti rajin berolahraga, dan menurunkan berat badan apabila memiliki berat badan berlebih (obesitas).

Perawatan Asam Urat di Rumah secara Alami

Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter dan menerapkan pola hidup sehat, ada juga beberapa pilihan obat alami untuk mengobati gejalaasam urat yang Anda rasakan. Di antaranya adalah :

1. Banyak minum air putih

Setiap orang memang diharuskan untuk minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan agar tubuh tetap terhidrasi. Namun tak hanya itu, air putih juga bermanfaat untuk membuang asam urat berlebih dari tubuh melalui urin.

Oleh sebab itu, jika Anda menderita asam urat sebaiknya  perbanyak minum air putih agar tubuh menghasilkan lebiih banyak urin. Dengan begitu, kelebihan asam urat di dalam tubuh pun akan terbuang dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Selain air putih, Anda juga dapat mengonsumsi susu dan yogurt rendah lemak.

2. Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C

Dalam beberapa penelitian, ditunjukan bahwa buah dan sayur yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat berlebih dalam tubuh, jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat, antara lain adalah jambu, jeruk, manga, pepaya, nanas, kiwi, dan semangka.

Sementara itu, jenis sayuran yang cocok untuk penderita asam urat antara lain adalah bayam, brokoli, kembang kol, kentang, tomat, dan paprika.

3. Jahe

Jahe juga dapat dimanfaatkan dalam perawatan asam urat secara alami. Pasalnya, tanaman herbal yang satu ini memiliki efek antiradang, yang mana dapat membantu meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan  yang terjadi akibat asam urat.

Untuk mengatasi asam urat, Anda dapat mengolah jahe dengan memarutnya dan dan menambahkannya ke dalam air hangat. Selanjurnya, kompres bagian sendi yang mengalami gejala asam urat dengan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air tersebut selama 15 hingga 30 menit.

Selain kompres jahe, Anda juga dapat mengonsumsi air rebusan atau teh jahe sebanyak 2 sampai 3 gelas per hari untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

4. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat membantu meredakan gejala asam urat. Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki kandungan curcumin yang berperan sebagai antiradang yang dapat memabantu mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

5. Kopi

Siapa sangka jika kopi dapat membantu mengatasi gejala asam urat? Meski demikian, manfaat kopi untuk masalah yang datu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Namun, kopi diketahui memiliki kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan zat tersebut melalui urine.

Selain perawatan asam urat alami di atas,Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal yang mana juga dapat membantu mencegah dan mengatasi gejala asam urat secara alami dan efektif. Salah satu obat herbal yang dipercaya ampuh dalam mengatasi gejala asam urat adalah RHEUMAPAS. Salah satu produk unggulan dari PT. Tiga Puspa ini telah teruji dan terbukti keamanannya dalam menumpas asam urat. Bahan alami dan berkualitas yang ada pada obat herbal Rheumapas secara alami dan efektif meredakan gejala asam urat yang mengganggu.

Tinggalkan Komentar