Rheumapas

Penyebab Rematik di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Rematik adalah penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit karena adanya persedian atau oror yang mengalami peradangan serta pembengkakan. Umumnya rematik sering dianggap sebagai penyakit yang hanya dialami oleh orang-orang berusia lanjut. Padahal rematik terbagi menjadi beberapa jenis serta bisa menyerang persendian di seluruh tubuh. Rematik di usia muda merupakan salah satu jenis rematik yang menyerang orang-orang berusia muda terutama wanita yang masih produktif.

Kenapa rematik bisa menyerang usia muda? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab

Perlu Anda ketahui bahwa rematik merupakan gangguan peradangan kronis di bagian persendian. Lama kelamaan persendian tersebut akan mengalami pembengkakan hingga peradangan yang menyakitkan. Umumnya masalah rematik ini disebabkan oleh autoimun yang artinya sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan tubuh yang sedang sehat. Akan tetapi belum diketahui secara jelas penyebab utama rematik.

Masalah rematik di usia muda salah satunya disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Biasanya rematik yang dialami oleh usia muda akan memunculnya gejala berupa peradangan di bagian persendian kecil seperti jari-jari tangan atau kaki.

Namun gejala tersebut lama kelamaan akan lebih parah ketika memasuki usia tua. Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja yang menyebabkan rematik bagi usia muda, berikut informasinya.

1. Jenis Kelamin

Penyebab rematik di usia muda yang pertama yaitu faktor jenis kelamin. Dimana rematik yang dialami di usia muda kebanyakan akan menyerang wanita daripada pria. Sebab wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat menyebabkan sistem imun seseorang menjadi tidak baik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa auto-imun merupakan kondisi saat sistem imun salah mengenali serta menyerang jaringan tubuh itu sendiri. Dengan demikian imun yang harusnya bertugas melindungi tubuh justru menyerang balik terutama di bagian sendi.

2. Obesitas

Orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas di usia muda maka akan lebih rentan terserang radang sendi atau rematik. Sendi pada tubuh seseorang seperti di bagian pinggul dan lutut bertugas menopang berat badan. Sendi di bagian tersebut biasanya akan merasakan tekanan yang sangat besar ketika dipakai beraktivitas. Pada tubuh orang yang mengalami obesitas, kondisi tersebut bisa menimbulkan masalah radang sendi atau rematik karena sendi harus menahan beban tubuh yang berlebih.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab mengalami rematik usia muda. Sebab lingkungan bisa memicu terjadinya infeksi oleh bakteri atau virus terutama bagi orang-orang yang lemah dari segi genetik. Hal inilah yang menyebabkan sistem imun seseorang menjadi salah arah hingga menyerang tubuhnya sendiri dan memicu adanya peradangan sendi. Terdapat beberapa hal yang bisa memicu terjadinya rematik yaitu paparan mineral silika serta penyakit periodontal kronis.

4. Genetika

Jika Anda mempunyai keluarga yang menderita rematik maka risiko Anda terkena rematik juga lebih besar dibandingkan orang yang secara genetik tidak memiliki riwayat rematik.

5. Pola Makan

Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, jeroan, seafood atau makanan yang mengandung purin tinggi tetapi tidak diimbangi mengkonsumsi vitamin C maka dapat meningkatkan risiko terkena rematik saat usia muda. Supaya Anda terhindar dari rematik saat usia muda sebaiknya seimbangkan pola makan Anda dengan membatasi makanan berkadar purin tinggi dan seimbangkan dengan vitamin.

6. Kurang Asupan Kalsium

Saat berada di usia muda, sebetulnya tulang sedang membutuhkan kalsium untuk memperkuat persendian maupun tulang-tulang di seluruh tubuh. Namun saat seseoran kekurangan kalsium maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan tulang serta persendian. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya gangguan berupa rasa nyeri di persendian hingga pengeroposan tulang. Kondisi ini jika dibiarkan maka lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya rematik di usia muda.

7. Merokok

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sedikit asap rokok yang terhirup maka bisa meningkatkan risiko terkena rematik termasuk bagi usia muda. Bahkan dengan merokok setiap hari maka perempuan akan memiliki risiko dua kali lipat terkena rematik dibandingkan pria.

Atasi rematik sejak dini dengan obat herbal Rheumapas

Bagi Anda yang saat ini mulai merasakan masalah nyeri di bagian sendi sebaiknya perlu waspada karena bisa jadi masalah tersebut merupakan gejala rematik. Tak perlu khawatir karena untuk mengatasi rematik di usia dini maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi Rheumapas. Dimana produk satu ini merupakan obat herbal yang dibuat dari dua ekstrak tumbuhan yaitu sambiloto dan temulawak.

Kedua tanaman tersebut selama ini sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi rematik maupun asma urat. Kandungan sambiloto dan temulawak di dalam Rheumapas bekerja secara aktif atasi nyeri sendi, radang sendi hingga pembengkakan sendi yang disebabkan oleh asam urat atau rematik. Produk ini juga telah memperoleh izin POM sehingga dijamin ampuh, aman dan tanpa efek samping.

Meskipun masih berusia muda, siapapun memiliki risiko terkena rematik di usia muda karena beberapa penyebab yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi Anda tak perlu takut karena rematik bisa dicegah dan diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi Rheumapas secara rutin setiap hari.

Baca Juga : Obat Asam Urat Herbal

Tinggalkan Komentar