Rheumapas

penyebab memar di paha

Penyebab Memar Di Paha Dengan Tiba-tiba

Penyebab Memar Di Paha Dengan Tiba-tiba

Rheumapas.com – Meskipun Anda tidak terbentur ataupun terjatuh, purpura simplex  dapat tetap terjadi kapanpun dan di mana pun. Pasalnya, memar “ajaib” ini disebabkan karena pecahnya pembuluh darah kecil yang memang rapuh. Pecahnya pembuluh darah ini lalu menyebabkan darah menggenang tepat pada bawah kulit. Meski dengan begitu, belum diketahui pasti apa yang merupakan penyebab pecahnya pembuluh darah dan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Purpura simplex lebih sering terjadi kepada wanita akibat dari pengaruh hormon. Oleh karena itu, memar yang katanya dikarenakan ‘dijilat setan’ ini juga sering muncul secara bersamaan dengan siklus menstruasi. Kulit yang mudah memar juga bisa dipengaruhi oleh kerja pembekuan darah yang tidak berjalan dengan baik.

Tidak jarang juga, ada beberapa kondisi kesehatan yang serius bisa menjadi penyebab memar di paha dengan tiba-tiba di tubuh Anda. Contohnya adalah hemofilia dan trombositopenia. Hemofilia merupakan penyakit turunan langka yang menyebabkan darah sangat sulit membeku dikarenakan kekurangan jenis protein tertentu. Sementara itu, trombositopenia merupakan suatu gangguan darah yang menyebabkan tubuh menjadi kekurangan kepingan darah (trombosit).

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan memar tiba-tiba muncul

Luka memar pada tubuh yang muncul tiba-tiba tanpa alas an dengan jelas bukan disebabkan oleh “jilatan setan” ataupun gangguan makhluk halus lainnya. Tapi jika Anda tidak mengalami atau salah satu faktor risiko di atas, memar juga bisa muncul ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya adalah obat jenis aspirin, warfarin, clopidogrel, dan prasurgel, yang termasuk golongan pengencer darah sehingga dapat meningkatkan volume peredaran darah.

Apakah kondisi ini berbahaya?

Kabar baiknya, Anda tidak perlu buru-buru untuk mengunjungi “orang pintar” begitu ‘dijilat setan’. Purpura simplex merupakan kondisi medis yang tidak berbahaya dan juga bisa hilang sendiri tanpa diobati.

Tapi ada baiknya jika Anda memerikasan dan berkonsultasi ke dokter perihal timbulnya memar  dengan tiba-tiba, terutama jika munculnya sering. Dokter mungkin akan meresepkan obat kortikosteroid. Obat ini akan membantu meningkatkan jumlah trombosit pada darah.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar