Rheumapas

penyebab kolesterol rendah

Penyebab Kolesterol Rendah

Penyebab Kolesterol Rendah

Rheumapas.com – Kadar kolesterol tinggi telah pada tubuh lama jadi biang keladi dari sederet masalah dengan kesehatan. Misalnya, penggumpalan darah, serangan jantung, hingga dengan stroke. Kekurangan kolesterol tubuh juga bisa menimbulkan masalah, tepatnya kekurangan kolesterol baik. dalam dunia medis, kolesterol ini disebut d high-density lipoprotein yang memiliki peran untuk memelihara pembuluh darah hingga hingga dengan mencegah aterosklerosis.

Lalu, apa jadinya jika kadar kolesterol baik pada  tubuh justru rendah? Berikut penjelasannya.

  • Penyempitan Pembuluh Darah

Kondisi satu ini tidak hanya disebabkan karena tumpukan lemak berlebih. Namun, kadar kolesterol HDL rendah pada tubuh juga mampu memicu menyempitnya pembuluh darah yang dikenal dengan aterosklerosis.

  • Timbunan Plak di Arteri

Lemak yang tertimbun pada arteri memicu aterosklerosis. Nah, ketika kadar kolesterol HDL pada tubuh rendah, proses pembuangan kolesterol buruk (LDL) pada tubuh pun akan terhambat. Pasalnya, HDL memiliki peran ‘mendaur ulang’ kolesterol LDL pada tubuh.

  • Pembekuan Darah

Rendahnya tingkat HDL di jangka waktu lama juga bisa meningkatkan risiko untuk terjadinya pembekuan darah. Misalnya, pembekuan darah yang terjadi pada arteri karotid dan koroner. Nah, pembekuan darah di kedua area tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

  • Pecahnya Pembuluh Darah

Setelah pembuluh darah mengalami inflamasi dan tingkat HDL masih rendah, kondisi ini kemudian akan mengganggu kelancaran peredaran sel-sel darah merah dan putih untuk menuju organ-organ penting yang membutuhkannya. Selain itu, kedua sel darah tersebut dapat  terjebak di daerah yang mengalami inflamasi.

Penyebab Kolesterol Rendah

Kata ahli seperti dilansir pada Health Harvard, ada beragam alasan yang bisa menyebabkan rendahnya kadar HDL pada tubuh seseorang. Menurut riset mereka, gen memainkan peran dengan cara menentukan berapa banyak HDL yang dihasilkan pada tubuh seseorang. Selain itu, pilihan gaya hidup yang juga akan memengaruhi tingkat HDL.

Contohnya, seperti kebiasaan merokok, berat badan berlebioihan, diet tinggi karbohidrat olahan serta kurangnya aktivitas yang cenderung menurunkan kadar kolesterol HDL pada tubuh. Begitu juga dengan obat-obatan seperti beta blocker, progestin, steroid anabolik, serta benzodiazepin juga dapat menekan kadar HDL.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar