Rheumapas

kaki ngilu dan sakit

Ketahui Penyebab Kaki Ngilu dan Sakit

Ketahui Penyebab Kaki Ngilu dan Sakit

Kaki ternyata adalah salah satu bagian tubuh paling rumit. Bagian ini terdiri dari 26 tulang yang disatukan, otot yang memungkinkan kaki agar berfungsi dan bantalan lemak yang akan menyerap semua beban yang diterima. Sebagai salah satu bagian anggota tubuh yang paling sering bekerja, normal rasanya jika kita merasakan ngilu  dan sakit pada kaki dari waktu ke waktu.

Namun, rasa sakit di kaki tidak melulu disebabkan karena stres. Rasa sakit itu juga mungkin merupakan gejala suatu penyakit tertentu, cedera, atau luka, serta bisa muncul karena alasan sederhana contohnya seperti penggunaan ukuran sepatu yang salah. Kegiatan olahraga juga dapat mengakibatkan rasa sakit terjadi pada kaki.

Penyebab Kaki Ngilu dan Sakit

Berupakan merupakan beberapa penyebab kaki ngilu dan sakit :

  • Kuku jempol kaki yang tumbuh masuk ke dalam

Kuku yang tumbuh ke dalam jempol kaki bisa menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Pada kasus yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi dan juga rasa sakit yang menyiksa.

  • Radang sendi

kaki merupakan lokasi untuk radang sendi yang umum. Ketika hal ini terjadi, kaki Anda akan sangat sulit digerakkan. Jika Anda mengalami hal tersebut tanpa sebab yang jelas, maka kemungkinan Anda akan menderita radang sendi, dan harus segera untuk mendapatkan perawatan dokter.

  • Keseleo

Jenis cedera ini tergolong cedera yang ringan pada otot dan/atau urat pada kaki. Istirahat dan juga pengobatan ringan biasanya cukup bisa mengatasi hal ini.

  • Patah tulang

Kondisi ini perlu ditangani dengancara pembedahan. Namun, pada beberapa kasus, patah tulang bisa disalahartikan sebagai keseleo biasa. Rontgen perlu diberikan pada kaki dimana patah tulang tersebut terjadi untuk menentukan tingkat keparahanpada patah tulang yang dialami.

  • Tendinitis

Kondisi ini akan menyebabkan peradangan di urat daging. Hal tersebut bisa menyebabkan rasa sakit yang teramat sangat, dan Anda sebaiknya mendapatkan perawatan dokter.

  • Encok

Kondisi ini serupa seperti dengan radang sendi, namun yang satu ini disebabkan karena peningkatan jumlah asam urat pada tubuh. Kristal urat yang terbentuk di antara sendi dan juga menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Kapan Sebaiknya Anda Menemui Dokter?

Metode perawatan yang sederhana seperti menaruh batu es di bagian kaki yang terasa sakit dan menghindari tekanan pada kaki bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Namun, itu bukan berarti Anda tidak perlu untuk menemui dokter. Anda harus mendapatkan perawatan dari dokter jika Anda mengalami salah satu kondisi di bawah ini:

Tindakan Pencegahan

Perubahan terhadap gaya hidup juga bisa membantu mengatasi rasa sakit pada kaki. Jika Anda menderita encok, maka Anda harus menghindari makanan yang mengandung banyak asam urat, disamping mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Hal yang sama berlaku untuk diabetes. Perubahan pola diet bisa membantu mengatasi gejala diabetes.

Perubahan gaya hidup lainnya merupakan dengan berolahraga secara teratu. Melakukan gerakan yang sama dengan berulang-ulang dapat membuat kaki Anda menjadi terbiasa dengan gerakan tersebut. Jika Anda bukan termasuk orang yang suka dalam bergerak namun kemudian memutuskan melakukan kegiatan fisik yang cukup berat, maka kaki Anda akan menerima banyak sekali tekanan.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar