bentol di kaki

Penyebab Bentol di kaki

Penyebab Bentol di kaki

Keluhan gatal dan bentol di kaki sebenarnya memiliki berbagai macam penyebabnya, antara lain:

  1. Alergi.

Alergi yang terjadi bisa pada bentuk urtikaria (lebih dikenal dengan istilah biduran) . Biasanya muncul ruam di daerah yang terpapar alergi atau bisa sengatan serangga. ukurannya pun bermacam-macam juga disertai dengan rasa gatal atau tersengat.

  1. Neurodermatitis.

Neurodermatitis atau lebih dikenal dengan lichen simplex chronic adalah salah satu penyakit kulit kronis yang biasanya ditandai ruam kemerahan di daerah tertentu seperti punggung kaki, lengan, leher maupun kulit sekitar kelamin. Namun tidak menutup kemungkinan untuk timbul pada bagian kulit manapun dari tubuh kita. Biasanya rasa gatal yang terjadi bisa cukup kuat, hilang timbul, atau terus menerus pada setiap harinya. Daerah yang mengalami penyakit ini biasanya akan menebal dan bertekstur lebih kasar dibandingkan dengan permukaan kulit lainnya. Dan terkadang seseorang dengan penyakit ini akan dengan tidak sadar menggaruk bagian kulit yang sama berulang-ulang.

  1. Infeksi.

Infeksi kulit yang cukup sering terjadi biasanya akibat jamur atau lebih dikenal dengan tinea corporis dan tinea pedis. Keduanya dibedakan berdasarkan dari lokasi yang terinfeksi jamur. Namun secara keseluruhan, keduanya bisa menimbulkan gejala berupa kemerahan pada kulit yang terinfeksi dan juga biasanya pada bagian tepi akan lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tengah ruam tersebut.

Untuk memastikan penyakit yang terjadi, ada baiknya untuk menemui dan berkonsultasi langsung dengan dokter dan dilakukan pemeriksaan fisik dengan teliti. Mungkin dokter akan menanyakan beberapa hal lebih lanjut mengenai keluhan Anda, seperti mulai kapan muncul keluhan tersebut hingga dengan faktor-faktor yang mencetuskan terjadinya keluhan tersebut.

Sementara ini hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Usahakan untuk tidak menggaruk yang terasa gatal dengan kuku atau sisir. karena hal tersebut bisa membuat perlukaan pada permukaan kulit dan akan memudahkan terjadinya suatu proses menjadi terinfeksi.
  • Tetap membersihkan daerah kulit tersebut menggunakan sabun dan air hangat.
  • Hindari penggunaan salep kulit apapun tanpa dengan saran dari dokter.

sekian informasi yang bisa kami sampaikan. semoga bermanfaat.

Baca juga

 

Source : https://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyakit-apa-ini-dan-apa-obatnya-5

 

Tinggalkan Komentar