Rheumapas

Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi dan Cara Mengatasinya

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan oleh tubuh saat mencerna zat purin yang terdapat pada makanan tertentu. Semakin banyak jumlah purin yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin tinggi kadar asam urat dalam tubuh. Tingginya kadar asam urat inilah yang menyebabkan munculnya berbagai gejala seperti nyeri dan pembengkakan pada sendi. Kadar asam urat tinggidalam tubuh juga akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada persendian. Proses inilah yang memicu terjadinya pembengkakan dan rasa sakit yang hebat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan asam urat tinggi dalam darah agar terhindar dari gejala tersebut.

Gejala Asam Urat

Gejala umum dari penyakit asam urat antara lain adalah panas, kemerahan, dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba. Dalam hal ini, bagian sendi yang sering mengalami serangan adalah persendian kecil seperti  ibu jari kaki. Tak hanya itu, bagian sendi yang juga sering terkena serangan akibat asam urat tinggi adalah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari kaki, dan siku.

Sementara itu, serangan akut pada penderita asam urat dapat menimbulkan demam dan nyeri yang hebat pada sendi dapat terjadi selama berjam-jam atau bahkan seharian. Seiring berjalannya waktu, serangan gout tersebut  akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Jika dibiarkan terus-menerus tanpa operasi, asam urat dapat memngkristal dan membentu tophi (benjolan keras namun tidak terasa nyeri di sekitar sendi) pada bagian luar persendian. Kondisi ini sering kali ditemukan pada persendian jari tangan, ujung siku, dan ibu jari kaki. Tak hanya itu, kondisi ini juga dapat ditemukan pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki), dan pita suara.

Faktor Risiko Asam Urat

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa penyakit asam urat muncul karena asam urat menumpuk dalam darah dan sulit dikeluarkan. Penumpukan ini bias terjadi di sekitar sendi dan ginjal. Selain itu, seseorang berisiko tinggi menderita penyakit asam urat jika memiliki berbagai factor penyebab berikut :

  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Factor turunan, di mana ada anggota keluarga dengan riwayat penyakit asam urat
  • Mengalami gangguan ginjal
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam urat, seperti daging merah dan seafood
  • Kebiasaan mengonsumsi alkohol
  • Cara Mengatasi Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat menimbulkan komplikasi yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, ketahui berbagai cara sederhana untuk mengatasi asam urat tinggi berikut.

1. Batasi konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi

Sudah jelas bahwa kandungan purin yang terdapat pada beberapa jenis makanan dapat memicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Ini artinya, penderita asam urat harus mengurangi konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti daging merah, daging kalkun, kerang, jeroan, dantan, dan lain sebagainya.

2. Kurangi konsumsi gula

Asam urat nyatanya tidak hanya berkaitan dengan makanan tinggi purin, tapi beberapa penelitian juga menunjukan bahwa gula menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi ini. Para peneliti menemukan bahwa gula olahan, khususnta fruktosa, dapat menjadi penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena penyerapan gula olahan yang lebih cepat dapat menyebabkan jumlah asam urat dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

Selain itu, makanan dan minuman dengan gula olahan juga dapat menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh, sehingga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan, di mana kenaikan berat badan sendiri merupakan salah satu factor risiko penyakit asam urat.

3. Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih dapat membantu kinerja ginjal dalam menyaring asam urat dan membuangnya melalui urin. Air juga akan membantu membuang senyawa tersebut lebih cepat. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan sehari-hari, terutama jika mengidap penyakit asam urat.

4. Hindari alkohol

Menghindari alkohol merupakan salah satu kunci untuk jauh dari berbagai macam penyakit, salah satunya asam urat. Alkohol diketahui dapat membuat anda dehidrasi dan beberapa jenis alkohol juga diketahui memiliki kandungan purin tinggi. Hal ini dapat membebani kerja ginjal dalam mengeluarkan senyawa tersebut.

5. Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat dapat membantu tubuh untuk membuang kelebihan asam urat. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan risiko makan berlebihan.

Mengatasi Asam Urat Tinggi dengan Obat Herbal

Bagi Anda yang mulai merasakan gejala penyakit asam urat atau sudah sedang bermasalah dengan asam urat yang tak kunjung sembuh sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa mengatasi masalah asam urat dengan pengobatan yang aman, ampuh dan tanpa efek samping dengan menggunakan Rheumapas.

Dimana Rheumapas adalah sediaan herbal yang berisi ekstrak dua tumbuhan berkhasiat yaitu sambiloto dan temulawak. Dimana perpaduan dua jenis bahan ini akan berkhasiat untuk meredakan nyeri atau radang sendi, mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kandungan bahan-bahan alami serta sudah memperoleh izin POM menjadi Rheumapas sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat tanpa perlu khawatir akan munculnya efek samping.

Bagi Anda yang selama ini memiliki masalah dengan nyeri atau radang sendi sebaiknya perlu waspada karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala asam urat. Untuk mengatasinya, silahkan hindari makanan atau obat yang memicu asam urat tinggi. Selain itu cobalah mengkonsumi Rheumapas yang sudah terbukti ampuh dan aman mengatasi penyakit asam urat.

Tinggalkan Komentar