Rheumapas – Penyakit asam urat adalah salah satu bentuk peradangan yang terjadi pada bagian sendi. Nyeri bisa muncul dengan tiba-tiba pada bagian persendian, misalnya sendi pada pergelangan kaki, sendi pada lutut, sendi jari-jari kaki hingga pada bagian tangan.

Penyakit asam urat disebabkan karena adanya penumpukan senyawa dari turunan protein purin. Pada saat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin terlalu banyak, maka sisa-sisa metabolisme akan tersimpan pada bagian sendi dan hal inilah yang dapat menjadikan sendi-sendi akan terasa nyeri.

Tingkat asam urat dapat diketahui dengan cara melakukan pemeriksaan darah. Kadar asam urat dinyatakan tinggi bila lebih dari 7mg persen pada laki-laki dan lebih dari 6mg persen pada perempuan. Biasanya orang yang sedang  mengalami asam urat adalah orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun atau  50 tahun pada laki-laki dan untuk perempuan biasanya  pada usia 50 tahun.

Berikut ini beberapa penyebab asam urat dan kolesterol:

Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka kemampuan ginjal yang bekerja dalam membuang kelebihan asam urat pada tubuh menj

adi berkurang. Maka dari itu, kebutuhan minum air putih 8 gelas sehari perlu dipenuhi.

Makanan (Tinggi Purin)

Pada umumnya purin sering ditemukan didalam berbagai makanan yang memiliki kadar protein yang  tinggi. Misalnya daging sapi, daging kambing, hati sapi, makanan laut contohnya sepeti kerang, teri, sarden dan lain semacamnya. Maka dari itu makanan-makanan tersebut sangat  harus dibatasi ketika dikonsumsi.

Baca juga : Perbedaan Asam urat dan rematik

Minuman mengandung kadar Gula Tinggi

Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula fruktosa cukup tinggi. Fruktosa adalah salahsatu zat gula yang alami dan bisa ditemukan pada jenis makanan-makanan tertentu. Mulailah mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran, kacang, kentang dan sejenis lainnya.

Obat Tertentu

Beberapa obat yang bertujuan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan gagal jantung dapat memicu tingginya asam urat. Maka pada saat mengunjungi dokter penting  untuk menginformasikan keadaan tingkat asam uratnya.

Makanan mengandung lemak

Lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi penghambat ekskresi asam urat melalui urin. Diantaranya makanan yang diolah dengan cara digoreng, makanan yang mengandung  santan, margarine, dan juga mentega alangkah baiknya dihindari. Sebaiknya  tidak mengkonsumsi lemak lebih dari 15 persen dari jumlah kalori masuk.

Riwayat  Kesehatan Pasien

Beberapa kondisi kesehatan yang pernah terjadi bisa  menjadi penyebab meningkatnya resiko pada penyakit asam urat. Seseorang akan lebih mudah/rentan terserang asam urat atau rematik apabila  sedang mengidap tingkat lemak dan kolesterol tinggi pada darah, penyakit ginjal, osteoartritis pada bagian tangan, lutut, dan kaki, penyakit diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Riwayat Kesehatan pada Keluarga

Penelitian menyebutkan bahwa asam urat merupakan juga penyakit turunan. Hasil riset menunjukan bahwa satu dari lima penderita ini memiliki anggota keluarga yang juga mengidap penyakit  asam urat. Meskipun begitu, dengan melakukan pengobatan dan juga pencegahan yang benar asam urat bisa disembuhkan.

Baca juga : Obat asam urat dan rematik