Rheumapas

Pengobatan Rematik Secara Alami

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang dapat menyerang bagian persendian. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya peradangan kronik serta memicu rasa nyeri di bagian sendi yang terserabf. Gejala khas yang bisa terjadi akibat kondisi ini adalah radang dan bengkak pada sendi. Penyakit ini sulit untuk disembuhkan, namun dibutuhkan pengobatan rematik secara alami dan efektif untuk meredakan gejala yang muncul.

Pengobatan Rematik Secara Alami

Biasanya pengobatan dan penanganan gejala rematik dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun nyatanya, terapi serta obat rematik alami juga cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Obat rematik alami ini dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama ketika gejala rematik menyerang. Lalu apa saja pengobatan rematik secara alami tersebut? Berikut ulasannya!

1. Jahe dan kunyit

Hampir setiap rumah tangga mempunyai dua bahan alami ini di dapurnya. Selain bermanfaat untuk bahan memasak, kunyit dan jahe juga berkhasiat untuk membantu meredakan gejala rematik.

Kunyit memiliki kandungan bahan aktif yang disebut kurkumin yang terbukti ampuh untuk menurunkan nyeri serta pembengkakan pada sendi yang mengalami rematik. Adapun jahe juga berkhasiat untuk mengurangi rematik karena memiliki sifat anti peradangan. Jahe juga efektif untuk mengatasi gejala muntah atau mual yang kemungkinan muncul sebagai efek samping dari pengobatan.

2. Bawang putih

Bumbu dapur ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai pengobatan rematik secara alami. Efek antiradang yang ada pada bawang putih dianggap efektif untuk menghambat produksi sitokin. Zat tersebut berperan dalam menimbulkan peradangan yang ternyata bisa dilawan dengan kandungan zat dalam bawang putih.

3. Melakukan yoga

Yoga merupakan campuran latihan yang memiliki dampak rendah dalam meditasi dan mengolah pernafasan. Aktifitas ini dikembangkan sekitar 5.000 tahun silam di India. Berdasarkan WebMD, aktifitas yoga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran. Selain itu, aktifitas yoga juga bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri sendi, menghilangkan ketegangan, stress dan juga meningkatkan fleksibilitas.

4. Tai Chi

Tai chi merupakan seni bela diri asal Tiongkok yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan rematik secara alami. Seni bela diri ini menggabungkan gerakan lembut, lambat dengan kesadaran serta pernafasan dalam. Aktfitas ini dapat melatih pikiran, roh dan juga tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktifitas tai chi bisa meningkarkan fungsi kerja tubuh serta meredakan rematik.

5. Minyak ikan

Beberapa riset menunjukkan bahwa suplemen dari minyak ikan bisa membantu meredakan rasa nyeri dan kekakuan akibat RA atau rematik. Minyak ikan dari mackerel, salmon, tuna, herring dan cod mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan asam tersebut dapat membantu memerangi peradangan dan menghalangi reseptor peradangan.

6. Acar dan yogurt

Acar dan yogurt merupakan sumber makanan yang mengandung probiotik alami sehingga dapat dijadikan sebagai pengobatan rematik secara alami.

7. Minyak nabati

Dalam situs Healthline disebutkan bahwa beberapa minyak nabati dianggap mampu menurunkan rasa sakit serta kekakuan yang dialami oleh penderita rematik pada pagi hari. Kandungan asam lemak esensial pada minyak nabati yang disebut asam gamma-linolenat mampu memberikan sedikit kelegaan akibat nyeri rematik.

8. Mandi air hangat dan kompres es

Pengobatan rematik secara alami adalah dengan mengompres es pada bagian sendi yang mengalami peradangan. Dengan mengompres es pada sendi ini maka pembengkakan akan menjadi lebih ringan dan rasa sakit bisa menghilang. Apabila otot-otot masih terasa tegang dan sakit maka anda bisa mandi dengan air hangat. Aktifitas ini biasanya cukup efektif untuk menenangkan sendi.

Selain itu, anda juga bisa memakai handuk panas atau bantal panas untuk membantu mengendurkan bagian otot yang tegang sekaligus meredakan kekakuan serta rasa sakit akibat rematik.

9. Kemenyan India

Dikutip dari Medical News Today, boswellia serrata atau kemenyan India juga dapat dijadikan sebagai pengobatan rematik secara alami karena mengandun sifat anti inflamasi yang cukup kuat. Kandungan tersebut mampu meringankan gejala rematik atau RA.

10. Teh hijau

Mengkonsumsi teh hijau juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan rematik secara alami. Teh hijau mengandung katekin yang berkhasiat untuk melawan rematik. Dengan mengkonsumsi teh hijau selama enam bulan secara rutin disebut mampu menurunkan gejala nyeri rematik. Meskipun demikian, anda juga harus mengimbanginya dengan aktifitas olahraga yang cukup dan sehat.

Rheumapas merupakan salah satu produk herbal yang dipercaya efektif sebagai bahan pengobatan rematik secara alami. Obat herbal ini mengandung ekstrak sambiloto dan temulawak sebagai zat aktifnya. Produk rheumapas secara tradisional mampu membantu meredakan rasa nyeri pada sendi. Obat herbal ini diproduksi dalam bentuk kapsul oleh PT Tiga Puspa sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Rheumapas dapat mengurangi rasa nyeri sendi secara tradisional dengan dosis pemberian 2 kapsul 3 kali sehari. Ikuti anjuran minum yang tepat sesuai dengan gejala rematik yang anda alami untuk mendapatkan hasil terbaik. Konsultasikan dengan dokter anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar