Pencegahan Anemia Defisiensi Besi

Rheumapas.com – Anemia defisiensi besi merupakan suatu kondisi pada tubuh yang terlalu sedikit sel darah merah dikarenakan kekurangan zat besi. Tubuh menggunakan zat besi yang bertujuan untuk menghasilkan sel darah merah, yang berguna membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bila tubuh Anda sedang kekurangan zat besi, kemungkinan terlalu sedikit sel darah merah sehat untuk membawa oksigen dengan cukup dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Anemia defisiensi besi akan membuat seseorang menjadi merasa sangat lelah dan kehabisan napas.

Apa Itu Anemia Defisiensi Besi?

Anemia defisiensi besi merupakan kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan zat besi. Zat besi penting karena dapat membantu mendapatkan cukup oksigen ke seluruh tubuh, yang menggunakan zat besi dalam membuat hemoglobin. Hemoglobin ialah bagian dari sel darah merah. Hemoglobin membawa oksigen pada seluruh tubuh.

Penyebab Anemia Defisiensi Besi

Anemia defisiensi besi disebabkan karena rendahnya tingkat zat besi dalam tubuh. Seseorang yang sedang mengalami kekurangan zat besi disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

  1. Diet yang buruk

Diet yang bikin kekurangan zat besi ialah penyebab utama kekurangan zat besi. Jadi penuhilah makanan yang memiliki banyak zat besi, contohnya seperti telur dan daging, yang memenuhi banyak zat besi yang tentu dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

  1. Kehilangan darah

Zat besi dapat ditemukan terutama di dalam darah, karena disimpan didalam sel darah merah. Bila kehilangan banyak darah karena kecelakaan, cedera, melahirkan, ataupun menstruasi yang berat, kemungkinan bisa mengalami kekurangan zat besi.

Namun dalam beberapa kasus, lambatnya kehilangan darah akibat dari penyakit kronis ataupun beberapa penyakit kanker bisa menyebabkan kekurangan zat besi.

  1. Kemampuan menyerap zat besi berkurang

Kasus yang jarang, beberapa orang tidak bisa menyerap cukup zat besi dari makanan yang mereka makan. Penyebabnya mungkin saja karena masalah pada usus kecil, seperti penyakit celiac atau bila sebagian dari usus kecil telah dihilangkan.

  1. Kehamilan

Rendahnya kadar zat besi biasa dialami oleh wanita hamil, karena janin dalam perut ibu membutuhkan cukup banyak zaat besi, dan inilah yang merupakan penyebab ibu kekurangan zat besi.

Pencegahan Anemia Defisiensi Besi

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mencegah tubuh dari kekurangan zat besi atau anemia defisiensi besi

  1. Rutin memakan makanan yang mengandung zat besi

Anda bisa melakukan pencegahan anemia defisiensi besi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi pada setiap hari. Makanan kaya zat besi termasuk pada daging, sayuran, dan biji-bijian contohnya seperti sereal yang diperkaya zat besi.

  1. Perhatikan makanan bayi

Anda bisa mencegah anemia pada bayi dan juga anak-anak dengan mengikuti rekomendasi untuk makanan bayi serta memastikan bayi dan anak-anak mendapatkan cukup zat besi.

  1. Konsumsi vitamin pada ibu hamil

Jika sedang mengandung, Anda bisa melakukan pencegahan anemia defisiensi besi dengan cara mengonsumsi vitamin prenatal. Dokter akan memberikan vitamin prenatal yang meliputi zat besi dan juga asam folat. Dokter juga akan melakukan tes darah untuk melihat apakah benar Anda mengalami anemia. Jika mengalami anemia, Anda akan dianjurakan mengonsumsi pil zat besi dosis tinggi.

Baca juga