Olahraga Untuk Memperkuat Sendi Dan Tulang

Rheumapas.com – Tulang mulai keropos dan otot juga mulai lemas merupakan masalah yang umum ketika usia terus bertambah. Jagalah sendi-sendi dan juga tulang agar tetap sehat sehingga Anda bisa tetap lincah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut merupakan tiga langkah olahraga untuk memperkuat persendian Anda.

  1. Olahraga teratur

Pakar terapi fisik A Lynn Millar dari Winston-Salem State University di Carolina Utara. Mengatakan, banyak olahraga yang dapat dilakukan untuk menguatkan persendian. Olahraga yang teratur akan meningkatkan kepadatan tulang dan membuat otot yang mengelilingi sendi-sendi Anda menjadi lebih kuat. “Berjalan kaki, berlari, atau bersepeda, semua merupakan pilihan yang baik,” kata Milliar.

  1. Gerakan membangun kekuatan otot

Membangun kekuatan otot, terutama pada kaki juga baik untuk menjaga sendi agar tetap sehat. Cobalah tiga gerakan ini dan ulangi hingga 2-3 kali dalam seminggu.

  • Jongkok. Lakukan gerakan dengan berulang. Anda bisa melakukan gerakan dengan sikap seperti duduk di kursi. Lalu sejajarkan lutut dengan jari-jari kaki Anda. Dan tahan selama 15-30 detik.

  • Menekuk lutut. Biarkan badan Anda agar tetap tegak, kemudian tekuk lutut pada kaki kanan ke depan. Lakukan juga hal demikian pada kaki kiri Anda.

  • Pose terbang. Berdirilah dengan satu kaki dengan mengangkat satu kaki lainnya ke belakang, kemudian membungkuk dengan perlahan. Lalu, angkat kedua tangan, dan sejajarkan dengan kepala. Untuk menjaga keseimbangan, Anda dapat menggunakan kursi maupun peralatan gym. Lakukan lah selama 10-30 detik dan ulangi pada masing-masing kaki Anda.

  1. Curl-up. Mulailah dengan posisi tidur. Lalu kemudian tekuk lutut Anda, biarkan telapak kaki agar tetap menyentuh lantai. Setelah itu angkat dengan perlahan kepala dan badan Anda.
  • Push up. Lakukan gerakan push up dengan bertumpu pada kedua tangan. Push up dengan posisi berlutut juga bisa Anda lakukan untuk variasi gerakan.
  • Side plank.  Buatlah posisi tubuh Anda miring. Dan bertumpulah pada siku dan kaki Anda. Tubuh tetap pada garis lurus dari kepala hingga kaki. Lakukan lah gerakan selama 30 detik dan ulangi sebanyak tiga kali. Latihan ini bertujuan untuk memperkuat tubuh Anda. Lakukan lah hingga 2 sampai 3 kali  dalam seminggu.

Baca juga