Beberapa Olahraga Ringan Untuk Kesehatan

Rheumapas.com – Tubuh yang sehat pasti merupakan dambaan setiap orang khususnya bagi mereka yang saat ini tengah sakit pasti akan sangat terasa betapa berharganya rasa sehat tersebut. Dari sekian banyak cara membuat tubuh tetap sehat mulai dari menjaga pola makan seperti memberikan camilan sehat untuk keluarga, hingga rutin untuk olahraga ringan pagi hari.

Olahraga merupakan jenis kegiatan yang bisa melatih aktivitas tubuh seseorang baik secara jasmani atau secara rohani. Jika kita berolahraga dengan rutin dan teratur maka kesehatan tubuh kita akan terjaga serta dapat menciptakan kebugaran tubuh yang akan membuat tubuh kita lebih tahan dari berbagai macam penyakit.

Sehingga kita mempunyai kekebalan yang sangat baik dari orang yang tidak rutin berolahraga. Namun karena kesibukan banyak yang orang yang lupa untuk berolahraga meskipun mereka telah mengetahui bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh mereka.

Berkaitan dengan apa yang kita bahas, berikut merupakan beberapa jenis olahraga ringan untuk kesehatan:

Olahraga Ringan di Rumah

Olahraga sederhana yang ringan dan dilakukan tanpa alat, mempunyai beberapa macam yang masing – masing mempunyai fungsi serta manfaat bagi tubuh anda. Berikut merupakan beberapa olahraga sederhana dan ringan dilakukan.

  1. Lari kecil (jogging) olahraga jenis seperti ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dan untuk kekuatan otot betis dan kaki.
  2. Push–upgerakan ini dengan cara menahan tubuh menggunakan tangan fungsinya yaitu untuk melatih kekuatan otot lengan dan juga berguna untuk manjaga stamina tubuh orahraga .
  3. Sit-up olahraga ini dilakukan dengan cara menekuk tubuh hingga mencium lutut fungsinya untuk menguatkan otot perut serta mengatur pernafasan.
  4. Scoot jumpgerakan ini dilakukan dengan cara menahan tubuh dan kemudian meloncat agak tinggi dengan kemampuan yang dimiliki manfaatnya untuk menambah serta memperkuat energy tubuh.

Jenis-jenis Olahraga Ringan

Selain yang telah disebutkan seperti diatas jenis-jenis olahraga ringan juga terbagi menjadi tiga jenis diantaranya adalah shapping (olahraga pembentukan).

Olahraga ini dilakukan bertujuan untuk membakar lemak yang telah menimbun pada tubuh dan dapat menyebabkan obesitas pada tubuh, shapping  bisa anda lakukan melalui beberapa cara diantaranya :

  1. Olahraga angkat beban yang berfungsi untuk menguatkan otot tubuh.
  2. Sit Updan Push Up yang mempunyai berfungsi untuk meningkatkan stamina dan juga untuk membentuk otot perut.
  3. Stretching disebut dengan pemanasaan yang biasanya dilakukan sebelum melakukan olahraga yang berat. Kegiatan stretching ini diantaranya peregangan yang memiliki manfaat mengembalikan elastisitas otot, sehingga  otot tidak kaku ketika melakukan olahraga berat.

Jenis Olahraga yang terakhir adalah kardiovaskular, yaitu olahraga yang berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung  serta membuat jantung menjadi lebih sehat.

Yang termasuk jenis olahraga dari  Kardiovaskuler  adalah senam, berenang serta jalan cepat. Dengan melakukan kegiatan olahraga yang telah disebut diatas secara rutin maka anda akan mendapatkan tubuh yang sehat.

Baca juga