Rheumapas

Obat Tradisional Rematik Pada Tangan

Arthritis atau sering disebut dengan rematik adalah kumpulan penyakit yang menyebabkan nyeri, rasa kaku serta keterbatasan pada sendi. Dikarenakan memiliki jenis yang lebih dari 100, penyakit rematik bisa menyerang seluruh tubuh misalnya pergelangan kaki, pergelangan tangan, bagian kaki, bagian tangan dan lutut. Berbicara mengenai rematik pada tangan, tak sedikit orang yang mencari obat tradisional rematik pada tangan.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang dapat terserang rematik. Karena jika dibiarkan, maka rasa sakit yang muncul justru bisa menjadikan komplikasi yang serius terhadap organ yang lainnya. Oleh sebab itu, dalam ulasan berikut ini kami membahas mengenai rematik pada tangan dan juga obat tradisional rematik pada tangan.

Gejala Rematik Pada Tangan

Untuk bisa mengetahui apakah penyakit rematik ini menyerang tangan maka kita perlu menyadari beberapa gejala yang mungkin muncul seperti berikut ini :

1. Nyeri

Pada tahap awal, rematik pada tangan akan menimbulkan rasa nyeri ketika beraktifitas dengan menggunakan persendian misalnya mencengkeram atau memegang. Gejala nyeri ini biasanya tidak langsung muncul namun akan dirasakan oleh pengidap rematik setela beberapa hari menyerang. Waktu yang biasanya dialami oleh pengidap rematik ini adalah ketika bangun tidur di pagi hari.

Seiring berjalannya waktu, bagian tulang rawan menjadi lemah. Hal ini menjadikan gejala nyeri menjadi lebih sering terjai hingga menjadikan penderita terbangun pada malam hari. Kondisi sakit ini bisa dilegakan dengan beristirahat namun juga dibutuhkan penanganan khusus agar tidak memicu gejala yang lain.

2. Mengalami bengkak

Apabila sendi tangan mengalami tekanan yang lebih dari kapabilitasnya, maka bagian tangan bisa mengalami pembengkakan. Kondisi ini adalah tanda bagi kita supaya tidak memakai persendian tangan terlalu berat dan terus menerus.

3. Perubahan pada area sendi

Penderita rematik pada tangan juga bisa mengalami perubahan pada area sendi. Adapun contoh perubahan yang mungkin dialami oleh pengidap yakni Thumb Extension Deformity. Terjadinya perubahan ini mengakibatkan jari pangkal jempol yang terserang penyakit rematik mengalami kecacatan posisi misalnya membungkuk atau menekuk.

4. Merasakan seperti panas pada area persendian

Sendi yang terserang rematik juga bisa mengalami rasa seperti terbakar atau panas jika disentuh. Kondisi ini terjadi akibat tangan mengalami inflamasi dalam tubuh.

5. Rasa seperti longgar dan retak

Sensasi seperti tertindas, terkikis atau terguling mungkin juga bisa dialami oleh penderita. Hal ini karena permukaan tulang rawan rusak sehingga menimbulkan gesekan antara satu dengan yang lain. Jika penyakit rematik ini diakibatkan karena ligamen yang rusak, akhirnya membuat struktur pendukung sendi mengalami kelonggaran hingga bentuk yang abnormal.

6. Kista

Jika penyakit radang sendi ini mempengaruhi bagian sendi di ujung jari maka kemungkinan terdapat kista kecil. Kista ini bisa mengakibatkan rasa ditekan atau lekukan di bagian kuku jari yang terserang rematik.

Obat Tradisional Rematik Pada Tangan

Rematik pada tangan bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat medis yang diresepkan dari dokter. Namun demikian, penderita rematik juga bisa mengkonsumsi obat tradisional rematik pada tangan  yang aman dan alami seperti di bawah ini :

1. Jahe

Jahe merupakan bahan rempah yang dipercyaa mengandung sifat antiradang. Kandungan senyawa gingerol yang terdapat didalam herbal ini banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi mual yang sering dialami oleh ibu yang sedang hamil muda.

Dalam riset juga disebutkan bahwa jahe yang memiliki aroma khas ini juga bisa digunakan untuk obat tradisional rematik pada tangan. Jahe memiliki khasiat meredakan gejala rematik dengan menekan senyawa yang menyebabkan rasa sakit serta peradangan.

2. Teh hijau

Kandungan polifenol pada teh hijau berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan peradangan akibat rematik pada tangan. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan senyawa aktif yang dipercaya bisa mengubah respons tidak normal dari sistem kekebalan tubuh pengidap rematik pada tangan. Dengan demikian rasa nyeri yang dirasakan bisa berkurang.

3. Bawang putih

Bawang putih sudah terbukti berkhasiat untuk meredakan radang sendi, sehingga bisa dijadikan sebagai obat tradisional rematik pada tangan. Rempah yang memiliki bau kuat dan rasa yang sedap ini mengandung sifat antiradang yang dapat menghambat produksi zat sitokin. Dengan demikian pemicu reaksi radang bisa dihentikan dan rasa nyeri pun tidak akan dialami.

5. Kayu manis

Sifat antioksidan dalam kayu manis mampu menghambat kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Dengan mengkonsumsi kayu manis secara teratur bisa menurunkan nyeri serta pembengkakan akibat rematik pada tangan.

Selain obat tradisional rematik pada tangan yang sudah disebutkan diatas, penderita rematik juga bisa mengkonsumsi obat herbal Rheumapas. Obat herbal ini diproduksi dari bahan-bahan alami yakni ekstrak temulawak dan sambiloto yang berperan penting dalam menurunkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh rematik. Dengan mengkonsumsi obat herbal ini maka gejala rematik bisa berangsur hilang dan aktifitas pun bisa kembali lancar.

Tinggalkan Komentar