Biasanya sakit pinggang muncul setelah mengangkat barang berat ataupun terlalu lama berdiri, solusinya hanya dengan konsumsi obat sakit pinggang.

Rheumapas.com sakit pinggang paling umum dirasakan orang segala usia, mulai dari remaja hingga lanjut usia. Biasanya, sakit pinggang biasa muncul setelah  mengangkat barang berat, terlalu lama duduk, ataupun terlalu lama berdiri. Namun ternyata, tidak semua sakit pinggang disebabkan oleh pegal  dan bisa hilang dengan sendirinya.

Gejala sakit pinggang

Gejala sakit pinggang biasa muncul ketika pinggang Anda cedera. Mungkin akan merasakan sensasi seperti kesetrum hingga panas, rasa sakit nyeri, kesemutan atau bahkan kaku di sekitar pinggang.

Pada awalnya pinggang hanya akan terasa pegal, tapi lama kelamaan sakitnya seperti menusuk sehingga sulit untuk bergerak ataupun berdiri tegak. Sakit pinggang ini biasanya terjadi karena otot menegang sehabis melakukan pekerjaan yang berat. Rasa sakit dapat ringan atau bahkan serius sampai Andapun tidak bisa bergerak.

obat sakit pinggang alami terbaik

Obat Sakit Pinggang

Gejala yang  dirasakan biasanya tergantung pada apa penyebab sakit pinggang yang dialami. Mungkin juga Anda merasakan sakit sampai ke kaki, pinggul, ataupun telapak kaki yang jadi lemah. Namun, penyebab sakit pinggang yang paling sering terjadi adalah karena otot atau ligamen terkilir yang diakibatkan meregang atau bergerak secara berlebihan.

Penyebab sakit pinggang

Kondisi sakit pinggang biasanya disebabkan karena  mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang kurang tepat, memutar tubuh,dan juga punya postur tubuh yang buruk. Jika gangguan ini tak segera ditangani dengan cepat maka dapat menyebabkan cedera saat olahraga. Otot yang terkilir tiba-tiba atau dapat berkembang dengan cara perlahan karena gerakan yang berulang. Berikut penyebab nyeri pinggang secara umum:

  • Gerakan secara tiba-tiba bisa menyebabkan nyeri pinggang belakang
  • Lemak
  • Postur tubuh yang buruk
  • Lemah otot dan sakit perut
  • Setelah duduk terlalu lama

Selain itu, kelainan bawaan tulang belakang serta kondisi medis tertentu seperti saraf kejepit, radang sendi panggul, osteoporosisdan lainya.Gejala biasanya hilang setelah beberapa hari pengobatan atau bisa juga memerlukan pengobatan khuses kronis dan berkepanjangan.

Nyeri pinggang karena pegal dapat membaik dengan sendirinya. Namun, jika Anda tidak kunjung pulih juga dalam 72 jam, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan  bias menjadi tanda kondisi serius lainnya.

Selain itu, sakit pinggan tidak hanya dirasakan pada bagian belakang saja. Ada yang mengalami sakit pinggang bagian kanan atau sakit pinggang kiri. Apakah keduanya sama, atau berbeda keduanya?

Penyebab sakit pinggang kiri

Rasa sakit pinggang bagian kiri bisa saja menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu dan  cukup berbahaya. Apalagi jika hanya tidak hanya sekali saja mengalaminya.

Berikut merupakan masalah kesehatan yang mungkin menjadi penyebab dari rasa sakit di pinggang kiri Anda:

  • Irritable bowel syndrome (IBS)

Kondisi IBS adalah gangguan fungsi sistem pencernaan, terutama pada usus besar. Seseorang yang mengalaminya akan mengalami buang air besar yang sangat sering, diare, hingga menimbulkan rasa sakit di bagian perut hingga pinggang.

  • Sakit batu ginjal

Ginjal terletak pada bagian kiri dan kanan di antara pinggang tubuh. Bila merasakan sakit pinggang kiri, bisa saja karena adanya masalah pada ginjal sebelah kiri Anda. Salah satu masalah ginjal yang dapat menimbulkan rasa sakit adalah batu ginjal.

  • Otot kram

Otot pinggang yang kram hingga menegang bisa juga  bias menimbulkan rasa sakit. Posisi membungkuk atau memutar badan adalah salah satu gerakan yang dapat menyebabkan otot pinggang Anda menegang hingga kejang.

Penyebab sakit pinggang kanan

Banyak kemungkinan sumber sakit pinggang kanan, salah satunya masalah pada organ di daerah abdomen, pinggang, ataupun bagian pelvis. Sakit dan nyeri tersebut bisa juga disebabkan  karena adanya peradangan masalah pada organ dalam atau mungkin terjadi infeksi. Berikut merupakan yang menyebabkan sakit pinggang kanan:

  • Gejala sakit ginjal

Sama dengan masalah sakit pinggang kiri, sakit pinggang kanan juga bisa menjadi adanya tanda sakit ginjal. Gejala sakit ginjal yang terjadi biasanya berupa batu ginjal, infeksi saluran kencing atau dengan komplikasi ginjal. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri pada bawah pinggang, bisa terjadi di bagian kanan maupun kiri

  • Otot pinggang menegang

Penyebab paling sering sakit pinggang kanan ini sering diakibatkan oleh otot pinggang yang menegang. Otot tegang bisa disebabkan  oleh hal yang berbeda. Contohnya antara lain, saat Anda mengangkat sesuatu tidak dalam posisi tubuh yang benar, salah dalam bergerak, atau salah melakukan gerakan olahraga.

Rheumapas | Obat Sakit Pinggang Herbal

Obat sakit pinggang bisa digunakan tergantung dari pada gejala dan penyebab yang ditimbulkan. Selain itu, di samping diberikan obat resep ataupun anjuran obat alami, Anda mungkin juga membutuhkan beberapa perawatan fisik hingga terapi lain untuk menyembuhkan sakit pinggang yang Anda alami.

Berbagai pengobatan ini umumnya hanya untuk mengurangi rasa sakit, tentu bukan menghilangkan sumber nyeri yang mendasarinya. Berikut ini beberapa obat sakit pinggang yang diresepkan secara alami

  • Obat anti nyeri

Obat-obatan NSAID ataupun obat anti peradangan seperti ibuprofen hingga natrium naproksen dapat meredakan sakit pinggang. Beberapa obat pereda nyer ini dapat  ditemukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk di kemasan.

Menggunakan obat anti nyeri berlebihan ini dapat menyebabkan efek samping yang nuruk. Bila dalam dosis umum mempan, dokter mungkin akan memberikan obat resep dengan dosis yang lebih tinggi lagi.

  • Obat herbal alami RHEUMAPAS
obat sakit pinggang

Rheumapas

RHEUMAPAS® merupakan obat herbal yang merupakan kombinasi dua ekstrak tumbuhan berkhasiat yaitu Sambiloto dan temulawak yang secara alami mengandung Zat anti inflamasi yang dapat membantu mengatasi radang/bengkak akibat asam urat.

Membantu meredakan nyeri sendi dengan menghilangkan bengkak radang sendi akibat asam urat, Membantu mengurangi peradangan dan membantu mengurangi Asam urat.

  •  Relaksan otot

Selain obat anti nyeri, dokter mungkin  akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang jika kondisi Anda tidak kunjung membaik. Relaksan otot biasa digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit pinggang yang dapat berhubungan dengan kejang otot.

Konsultasi Via Whatsapp

 Order Via Shopee 

Order Via Tokopedia