Rheumapas.com – Sakit pinggang telah menjadi salah satu penyakit yang sering dihadapi oleh semua orang, tarutama bagi mereka yang lanjut usia. Jika Anda memilih bahan dan juga obat sakit pinggang alami, Anda dapat menghindari bahaya bahan kimia yang mungkin akan mengancam kesehatan Anda.

Daftar Obat Sakit Pinggang Tradisional

Ada banyak obat sakit pinggang tradisional yang bisa Anda digunakan. Bahan-bahan di bawah ini juga merupakan bahan yang penting untuk Anda ketahui. Berikut adalah beberapa obat herbal sakit pinggang yang ampuh, di antaranya:

  1. Daun sirsak

Obat sakit pinggang alami pertama adalah daun sirsak. Daun sirsak juga dipercaya mempunyai zat yang dapat menyembuhkan kanker. Selain dapat menyembuhkan kanker, daun sirsak juga bisa dipakai untuk menyembuhkan sakit pinggang.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Ambil 25 daun sirsak yang tidak begitu tua lalu kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebus menggunakan 6 gelas air, lalu didihkan sampai tersisa 3 gelas saja. Minum dalam sehari sekali, sampai sakit pinggang benar-benar sembuh.

  1. Akar ilalang

Akar ilalang juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit pinggang. Akar ilalang  sangat mudah untuk didapatkan. Biasanya akar ilalang digunakan sebagai obat untuk panas dalam.  Caranya adalah ambil beberapa batang akar ilalang yang kering dan sudah dibersihkan. Rebus dengan 1 liter air.

Setelah itu lalu didihkan sampai tersisa setengahnya. Minum sehari tiga kali satu gelas yaitu pada saat pagi, siang dan sore. Konsumsilah secara rutin, dan pada saat merebus jangan tambahkan dengan gula atau bahan apapun lainnya.

  1. Daun dewa

Obat herbal sakit pinggang yang lainnya adalah daun dewa. Daun dewa memang mempunyai banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun dewa mengandung saponin, minyak atsiri, dan senyawa seperti flavanoid.

Pertama-tama Anda siapkan 40 gram daun dewa, 35 gram daun baru cina yang masih segar, dan 40 gram temulawak dan 600 ml air. Cuci bersih semua bahan yang sudah Anda disiapkan. Rebus semua bahan menggunakan air, didihkan sampai tersisa setengahnya saja. Saring ramuan tersebut dan kemudian minum sehari satu kali.

  1. Daun bakung

Selain menggunakan daun dewa, daun bakung juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami sakit pinggang. Daun bakung mengandung zat yang dapat membuat sendi dan saraf  pada pinggang menjadi lebih baik. cara membuat juga cukup mudah sekali. Ambil beberapa lembar daun bakung, lalu cuci sampai bersih.

Gunakan daun bakung yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Rebus dengan menggunakan air hingga mendidih kemudian disaring. Minum didihan dari daun bakung sehari dua kali secara rutin sampai sakit pinggang sembuh.

Dan selanjutnya, agar obat tradisional tersebut manjur untuk tubuh Anda, minumlah obat herbal tersebut secara rutin. Selain itu, Anda juga diharuskan melakukan sedikit gerakan supaya pinggang dapat terus bergerak.

Tetaplah melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat dan tetap aktif, karena tetap aktif melakukan kegiatan juga dapat membantu dalam mencegah pembentukan jaringan parut yang dapat menyebabkan kekakuan.

Obat sakit pinggang yang alami terbaik lainnya yang dapat digunakan adalah krim atau koyo yang mengandung capsaicin yang mampu meringankan rasa nyeri pada pinggang Anda. Hindari aktivitas seperti membungkuk, duduk di kursi yang rendah dan mengangkat barang berat. Jika Anda sering bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang cukup lama upayakan untuk melakukan latihan ringan setiap 1-2 jam.

Baca juga : Cara membedakan Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal