Rematik menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penting tahu tentang obat rematik yang ampuh.

Rheumapas.com – Dari waktu ke waktu, kita bisa menemukan sejumlah obat rematik yang tersedia. Obat ini sendiri dibuat untuk membantu penderita rematik mengurangi kekambuhan, bahkan juga mengobatinya. Maka dari itu, kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Seiring dengan berjalannya waktu, kita juga bisa menemukan obat rematik yang ampuh. Kita bisa menemukannya dengan mudah, baik yang terbuat dari bahan kimia maupun herbal. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya jika kita mengonsumsi obat herbal yang lebih aman.

Sekilas Tentang Penyakit Rematik

Seperti yang sudah kita ketahui, obat rematik sudah hadir untuk memenuhi kebutuhan kita. Kita pun bisa mendapatkan obat ini untuk mengobati penyakit rematik yang menyerang sejumlah bagian tubuh. Rematik sendiri merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian serta struktur di sekitarnya.

Rematik dapat menyerang bagian kepala hingga kaki. Di samping itu, rematik juga dapat kita sebut rheumatoid arthritis atau disingkat dengan RA. Penyakit ini dulunya cenderung menyerang sejumlah orang yang sudah tua. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu ada banyak juga orang dalam usia muda yang terkena penyakit rematik karena beberapa hal.

Di Indonesia, jenis penyakit rematik yang banyak diderita oleh masyarakat kita adalah arthritis reumarhoid atau AR. Penyakit yang satu ini paling sering menyerang masyarakat yang berada pada rentang usia 20 sampai dengan 50 tahun. Gejala yang umum ditemukan ialah sendi kaku ketika bangun tidur serta penderitanya merasa kesulitan untu bergerak.

Rheumatoid arthritis juga bisa terjadi pada usia balita. Peradangan rematik terjadi di jaringan synovial yang ada di dalam persendian. Jaringan ini memiliki fungsi sebagai penghasil cairan pelumas sendi. Di pasien rheumatoid arthritis, jaringan ini mengalami pembengkakan dan menunjukkan banyak sel yang mengalami peradangan.

Penyakit yang menyerang persendian ini tentu saja tak semata-mata langsung muncul begitu saja. Ada sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab rematik. Maka dari itu, tak heran jika kita bisa mendengar sejumlah cerita orang yang mengatakan bahwa dirinya terkena rematik karena satu atau beberapa penyebab yang sama antar satu orang dengan yang lainnya.

Penyebab Penyakit Rematik

Ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rematik. Dengan demikian Anda pun nantinya bisa melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir beberapa hal yang akan memicu kemunculan penyakit ini. Dengan begitu, peluang yang kita miliki untuk terkena penyakit ini bisa kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

  1. Penyakit lain atau keadaan tertentu

Sebenarnya, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab primer dari rematik. Akan tetapi, yang menjadi penyebab rematik sekunder bisa karena kegemukan. Hal ini membuat beban yang harus ditopang lutut terlalu besar. Bisa juga bisa karena penggunaan lutut secara berlebihan, seperti pemain bola.

  1. Terjadi peradangan

Pada usia produktif, penyebab rematik bisa dikarenakan terjadinya peradangan. Peradangan yang terjadi bisa dikarenakan asam urat atau beberapa hal lain. Penyebab rematik yang disebabkan oleh asam urat banyak ditemukan pada pria usia 30 hingga 40 tahunan.

Dr. Harry Isbagio mengatakan bahwa jenis yang satu ini terjadi akibat hasil metabolisme purin yang sudah tertimbun pada persendian. Timbunan ini yang memunculkan rasa sakit pada persendian.

  1. Gangguan autoimun

Gangguan autoimun ternyata juga bisa menjadi penyebab rematik. Gangguan autoimun pada penyakit Lupus juga menjadi jenis rematik yang disebabkan oleh terjadinya peradangan. Pada gangguan seperti ini, kekebalan tubuh tak berfungsi sebagai virus, benda asing, atau bakteri yang masuk ke tubuh.

Pada kasus ini, kekebalan tubuh justru bisa merusak jaringan tubuh yang sehat, tak terkecuali dengan jaringan yang ada pada persendian.

obat rematik alami dari tumbuhan dan cara membuatnya

Obat Rematik Rheumapas
  1. Jenis kelamin

Jenis kelamin ternyata juga memiliki peran penting sebagai penyebab rematik. Penyakit ini lebih banyak dialami kaum wanita dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat menimbulkan sistem imun tidak baik.

Auto imun merupakan keadaan dimana sistem imun salah mengenali serta menyerang jaringan tubuh sendiri. Hal ini membuat imun yang semestinya bertugas melindungi tubuh justru menyerang balik, tak terkecuali menyerang sendi.

  1. Genetika

Genetika juga menjadi salah satu penyebab rematik. Jika Anda mempunyai keluarga yang terkena reumathiod arthritis, maka hal ini akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit yang sama.

  1. Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih membuat seseorang lebih rentang terkena rematik. Sendi seperti lutut serta pinggul bekerja sebagai penopang berat badan. Sendi pada bagian ini akan merasakan tekanan yang besar pada saat seseorang sedang beraktivitas.

Obesitas bisa menjadi penyebab rematik karena ada tekanan atau beban berlebihan yang harus ditahan sendi.

  1. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan dapat menjadi penyebab rematik, sebab berhubungan dengan daya tahan tubuh. Faktor ini dapat memicu infeksi oleh bakteri atau virus pada seseorang yang lemah secara genetik.

Individu yang lemah pada genetik membuat sistem kekebalan tubuh salah arah, lalu menyerang tubuh sendiri. Hal ini menyebabkan peradangan sendi. Misalnya saja seperti terkena paparan mineral silika serta periodontal kronis yang dapat meningkatkan risiko terkena rematik.

  1. Merokok

penyebab rematik yang terakhir adalah merokok. Merokok dapat memicu berbagai jenis penyakit serta meningkatkan resiko terkena rematik.

Obat Rematik Alami Buah & Sayur

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit rematik, Anda juga bisa menyimak apa saja sayuran yang boleh dimakan penderita rematik. Seperti yang kita tahu, sayuran menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan baik dan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Maka dari itu, penderita rematik pun tetap bisa mengonsumsi sejumlah sayuran.

Ada beberapa sayuran yang boleh dimakan penderita rematik. Bahkan, beberapa sayuran ini juga bisa dikonsumsi untuk meredakan penyakit rematik. Dengan begitu, siapa pun yang menderita rematik sangat disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis sayuran ini.

Berikut ini beberapa jenis sayuran tersebut.

  1. Daun bayam

Daun bayam menjadi sayuran yang boleh dimakan penderita rematik. Menurut penelitian yang ada, kandingan vitamin E di dalam bayam bisa melindungi tubuh dari molekul inflamasi. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita rematik.

Ada baiknya Anda memilih bayam yang warnanya hijau gelap, sebab kandungan anti oksidennya lebih tinggi serta bisa mengatasi peradangan untuk penderita rematik. Di samping itu, hal ini juga dipercaya mempunyai kandungan zat besi, kalsium, dan vitamin yang lebih tinggi.

  1. Daun bawang

Di dalam bawang ada flavonoid dan sulfur. Sayuran yang memiliki aroma cukup kuat ini ternyata juga memiliki kandungan citamin C cukup tinggi. pada 1,8 ons daun bawang terdapat 2,18 mg vitamin C. Di samping itu juga ada kandungan anti oksidan yang juga diberikan vitamin A dan B kompleks di dalamnya.

Jika penderita rematik mengonsumsi daun bawang secara rutin, hal ini akan membuaut gejala rematik berkurang. Daun bawang juga bisa dikonsumsi dengan cara menyampurkannya ke sayuran lain untuk tambahannya.

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sayuran yang boleh dimakan penderita rematik. Kentang yang diolah dengan cara direbus memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan digoreng. Hal ini dikarenakan ketika kentang digoreng, ada kalori tambahan yang ada di dalam minyak.

Kandungan tinggi di dalam kentang yang baik sekali untuk tulang adalah citamin B kompleks, vitamin C, fosfor, protein, dan kalium. Di samping itu kentang juga memiliki kandungan serat cukup tinggi, sehingga sangat baik mengatasi masalah pencernaan.

  1. Wortel

Wortel juga menjadi sayuran yang boleh dimakan penderita rematik. Kandungan karotenoid di dalam sayur ini bisa mengatasi radikal bebas di dalam tubuh, mengatasi rematik, dan melindungi sel mata. Cara untuk mengolah wortel supaya kualitas antioksidan di dalamnya tak hilang ialah dengan cara direbus.

Menurut penelitian yang ada, konsumsi wortel dengan cara direbus memiliki kandungan anti oksidan lebih tinggi dibandingkan wortel yang dimakan mentah.

  1. Sawi putih

Sawi putih sangat bermanfaat sebagai pengurang gejala rematik serta mencegah terjadinya radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Kandungan fitnutrient di dalam sayur ini juga memiliki manfaat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Sawi putih juga bisa meredakan masalah sendi lainnya.

Pantangan bagi Penderita Rematik

Ada sejumlah pantangan rematik dan obatnya. Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi pantangan dari penyakit ini, sehingga nantinya akan melakukan langkah terbaik sebagai antisipasi terkena atau kembuhnya penyakit ini. di samping itu, Anda juga bisa mengetahui obat yang tepat untuk mengobati penyakit yang satu ini.

Ada beberapa pantangan rematik dan obatnya yang bisa Anda ketahui. Anda bisa menghindari konsumsi beberapa makanan dan aktivitas yang ternyata juga bisa menjadi pantangan untuk penyakit rematik. Ini dia beberapa pantangan rematik dan obatnya yang bisa Anda ketahui.

  1. Makanan dan minuman

Ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan rematik dan obatnya. Ini dia beberapa pantangan makanan dan minuman untuk penyakit rematik.

  1. Tomat

Tomat menjadi pantangan untuk penderita rematik sebab mengandung zat purin yang tinggi. Hal ini akan menyebabkan ngilu tulang karena bisa mengendap pada persendian tulang.

  1. Daging sapi

Daging merah mempunyai zat purin ringgi. Ada juga lemak putih yang mengandung lemak jenuh tinggi. Konsumsi daging sapi berlebihan bisa menyebabkan kekambuhan pada gejala rematik. Kandungan fosfor di dalam daging sapi pun tinggi dan kurang baik untuk penderita rematik.

  1. Kafein

Penderita rematik tak boleh mengonsumsi kopi berlebihan. Kopi dapat menghilangkab berbagai macam nutrisi penting yang mereka butuhkan. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kemunculan dan kekambuhan rematik.

obat rematik generik di apotik

Obat Rematik Di Apotik
  1. Kacang-kacangan

Pantangan untuk penderita rematik adalah segala jenis kacang-kacangan. Produk kacang-kacangan mengandung zat urin yang tinggi. olahannya pun tak boleh dikonsumsi, karena menyebabkan kemambuhan. Ini dia beberapa jenis dan olahan kacang yang harus dihindari.

  • Buncis
  • Susu kacang
  • Susu kedelai
  • Kacang panjang
  • Kacang polong
  • Kacang merah
  • Kacang tanah
  1. Jeroan

Jeroan mengandung lemak jenis tinggi. kandungan pzat purin di dalam jeroan tinggi, sehingga tak boleh dikonsumsi oleh penderita rematik. Ini dia beberapa jenis jeroan tersebut.

  • Jantung
  • Otak
  • Paru
  • Ampela
  • Hati
  • Usus
  1. Makanan kalengan

Makanan kalengan memiliki kandungan purin yang tinggi. Hal ini bisa menjadi penyebab rematik.

  1. Alkohol

Alkohol mempunyai kandungan purin yang tinggi. hal ini dapat menyebabkan radang sendi pada penderita penyakit rematik. Bila terus dikonsumsi, maka penderita rematik lama kelamaan bisa terkena penyakit seperti pengeroposan tulang.

  1. Aktivitas

Ada lagi pantangan rematik dan obatnya. Beberapa aktivitas ternyata juga bisa menjadi pantangan rematik. Ini dia beberapa di antaranya.

  1. Mandi malam

Mandi malam terlalu sering dapat menyebabkan kekambuhan rematik. Hal ini juga bisa membuat seseorang terkena flu tulang. Gejalanya mirip dengan rematik.

  1. Merokok

Zat rokok dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang. Itu mengapa penderita rematik disarankan untuk tak merokok.

  1. Mengangkat beban berat

Mengangkat beban berat bisa menyebabkan kinerja sendi semakin terbebani. Hal ini akan membuat rematik terasa semakin menyakitkan.

  1. Menambah berat badan

Berbagai aktivitas yang dapat menyebabkan berat badan bertambah adalah ngemil, makan malam, serta menhgonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Jika bertambah gemuk, penderita rematik semakin tersiksa.

Obat Rematik Herbal Rheumapas

Ada obat rematik yang ampuh dan bisa Anda konsumsi pada masa kini. Anda tak perlu khawatir, sebab obat ini juga aman untuk dikonsumsi. obat rematik yang ampuh ini bernama Rheumapas. Rheumapas ialah obat herbal yang terdiri dari perpaduan 2 ekstrak tanaman berkhasiat untuk menyembuhkan rematik.

Sambiloto sering digunakan untuk menyembuhkan rematik secara tradisional yang berfungsi meningkatkan aktivitas ginjal untuk membuang asam urat, memperbaiki sistem dan organ yang mengalami kerusakan, membersihkan darah dari racun, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tumbuhan sambiloto memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anti bakteri, anti radang, penawar racun, pereda demam, dan penghiang rasa nyeri. Minyak atsiri pada sambiloto sebagai anti radang, laktone di dalamnya berfungsi sebagai anti radang serta antipiretik, serta flavonoid untuk menghancurkan dan mencegah penggumpalan darah.

Ada juga kandungan temulawak di dalam obat rematik yang ampuh ini. temulawak bisa menjadi anti sembelit, anti radang, diuretik, dan tonikum. Temulawak melalui ankivitas anti inflamasinya efektif mengobatu rematik, radang sendi, atau rematik atrhritis. Khasiat temulawak sebagai anti radang didapat dari kandungan kurkumanya.

Di dalam obat rematik yang ampuh ini, ada komposisi, khasiat dan kegunaan, serta aturan pakai. Anda bisa mengetahuinya seperti berikut.

  • Komposisi
  • Ekstrak Curcuma xanthorrizha Roxb 220 mg
  • Ekstrak Andrographis paniculata (Brun. F.) Ness 160 mg
  • Lain-lain 20 mg
  • Khasiat dan kegunaan
  • Mengeluarkan asam urat
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengurangi nyeri sendi
  • Mengurangi peradangan
  • Meredakan nyeri sendi
  • Aturan pakai
  • Anak 2 x 2 kapsul sehari
  • Dewasa 3 x 2 kapsul sehari
  • Diminum setelah makan
obat rematik alami buah

Rheumapas

Itulah beberapa bahasan tentang penyebab, pantangan, sayuran yang boleh dimakan, sampai dengan obat rematik yang ampuh. Anda sudah mengetahui beberapa informasi penting yang ada di atas, sehingga tak perlu merasa kesulitan untuk melakukan hal yang tepat jika sedang dihadapkan pada kasus yang berhubungan dengan rematik.

Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi atau menghindari konsumsi dan aktivitas-aktivitas yang ada di atas jika sudah menderita penyakit rematik. Anda pun bisa mengetahui info lebih lanjut tenyang obat rematik yang ampuh ini di halaman marketplace resminya.

Konsultasi Via Whatsapp

 Order Via Shopee 

Order Via Tokopedia