Rheumapas

Obat Rematik Alami Dari Tumbuhan

Rematik menurut istilah medis disebut dengan Rheumatoid Arthritis (RA). Yang mana penyakit ini adalah radang sendi kronis yang diakibatkan oleh gangguan autoimun. Biasanya, rematik menyerang sendi pada jari tangan, tangan, pergelangan kaki dan lutut. Banyaknya kasus rematik yang dialami masyarakat menjadikan obat rematik alami dari tumbuhan banyak dicari sebagai solusi untuk mengatasinya.

Obat Rematik Alami Dari Tumbuhan

                Rematik bukan hanya mengakibatkan sensasi linu saja, namun juga rasa sakit yang berlebih, bengkak dan kaku di setiap persendian. Jika Anda maupun anggota keluarga ada yang mengalami masalah ini, maka Anda dapat mencoba mengatasinya dengan obat rematik alami dari tumbuhan. Lantas, apa saja obat alami tersebut? Mari simak ulasan berikut.

1. Lidah buaya

Bukan hanya sangat berkhasiat untuk mempercantik rambut dan kulit, tanaman lidah buaya juga dapat membantu mengobati beberapa penyakit. Lida buaya bisa dipakai untuk mengobati lecet kecil di kulit misalnya saat terbakar sinar matahari. Selain itu, kandungan penting di dalam lidah buaya juga dapat dipakai untuk meredakan nyeri sendi.

Melansir dari healtline.com, peneliti Trusted Source memberikan saran bahwa memakan lidah buaya bisa membantu menurunkan nyeri osteoarthritis. obat rematik alami dari tumbuhan ini mempunyai sifat anti inflamasi serta tidak menimbulkan efek negatif dari pemakaian obat NSAID. Cara untuk menggunakan obat alami ini pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan daging atau gel  lidah buaya pada kulit.

2. Jahe

Jahe merupakan bahan rempah yan mengandung sifat anti inflamasi. Kandungan tersebut menjadikan bahan rempah ini bisa dijadikan sebagai obat rematik alami dari tumbuhan untuk alternatif obat NSAID.

Sudah sejak lama masyarakat mempercayai bahan rempah ini untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit misalnya nyeri pada otot dan sendi, rematik dan mual.

Cara untuk mengkonsumsi jahe pun sangat mudah yakni dengan dijadikan sebagai wedang jahe yang nikmat dan bersifat menghangatkan tubuh.

3. Kunyit

Bukan hanya bermanfaat untuk penyedap rasa makanan saja, namun kunyit juga mempunyai manfaat penting lainnya yakni menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bahan utama kunyit, misalnya kurkumin mempunyai sifat anti inflamasi yang bagus untuk pengobatan China tradisional dan Ayurveda. Kandungn ini bisa membantu meredakan rasa nyeri bagi penderita rematik.

4. Kulit pohon willow

Kulit ini merupakan obat rematik alami dari tumbuhan yang dijadikan sebagai pengobatan kuno dalam mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri. Anda dapat menyeduh bahan herbal ini menjadi seperti teh maupun membelinya di pasaran dengan bentuk tablet.

Kulit pohon willow diyakini bisa membantu menurunkan nyeri sendi terkait RA dan OA. Namun demikian, masih diadakan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat herbal ini. Namun demikian, bagi mereka yang yakin akan khasiatnya tidak ragu untuk mencoba mengobati rematik dengan cara  tradisional ini.

5. Teh hijau

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah teh hijau ini. Sebagaimana yang kita ketahui, teh hijau merupakan jenis minuman populer yang banyak dikonsumsi masyarakat terutama bagi mereka yang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Kandungan antioksidan pada teh hijau diklaim bisa membantu melawan resiko peradangan yang mugkin terjadi dengan  OATrusted Source atau RATrusted Source.

6. Eucalyptus

Eucalyptus merupakan obat rematik alami dari tumbuhan dengan kanndungan tanin didalamnya. Kandungan tersebut diyakini bisa membantu meredakan nyeri dan pembengkakan yang berhubungan dengan rematik.

Anda dapat melakukan pengobatan rematik dengan bahan alami dengan mudah yakni cukup mengoleskan daun halus atau hasil rebusan eucalyptus pada bagian kulit yang sakit. Agar lebih praktis, Anda dapat membelinya dalam sajian minyak gosok sehingga Anda cukup mengoleskannya secara langsung.

7. Bawang putih

Obat alami untuk mengatasi rematik berikutnya yaitu bawang putih. Bahan rempah ini sudah terbukti ampuh mampu mengatasi gejala radang sendi yang dialami oleh penderita rematik. Hal ini karena bawang putih mempunyai efek antiradang yang mampu menghambat produksi zat sitokin pemicu reaksi radang.

8. Kayu manis

Riset menunjukkan bahwa rempah kayu manis yang dikonsumsi secara teratur bisa menurunkan pembengkakan dan nyeri sendi akibat rematik. Ini menunjukkan bahwa rempah kayu manis bisa dijadikan sebagai bahan herbal rematik alami.

9. Cabe rawit

Sudah bukan hal baru lagi bahwa masyarakat Indonesia banyak yang menyukai masakan pedas. Selain memiliki citarasa berbeda untuk menggugah selera makan, cabe rawit ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rematik.

Cabai rawit mengandung capsaicinoids yang merupakan senyawa alami untuk membantu mengobati penyakit rematik.

                Demikian ulasan mengenai obat rematik alami dari tumbuhan yang sangat beragam. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal alami Rheumapas yang bagus untuk mengatasi rematik.

Rheumapas merupakan obat herbal yang mengandung ekstrak temulawak dan sambiloto sebagai zat aktifnya. Obat herbal ini mampu meredakan nyeri sendi akibat rematik hanya dengan meminum kapsulnya dengan mudah. Adapun dosis yang disarankan untuk minum obat rematik alami dari tumbuhan ini adalah 2 kapsul 3 kali dalam sehari.

Tinggalkan Komentar