Rheumapas – Obat herbal pegal linu merupakan ramuan tradisional yang bisa Anda racik sendiri sebagai pengobatan yang ampuh untuk menghilangkan gangguan otot dan persendian. Pegal linu sering dialami oleh remaja, Dewasa hingg lansia yang berhubungan dengan aktivitas keseharian yang membutuhkan pergerakan tulang secara terus menerus.

Penyebab Pegal Linu

  • Olahraga secara berlebihan dan dilakukan hampir pada setiap hari. Mengeluarkan tenaga terlalu berlebihan mengakibatkan otot cedera hingga persendian mengalami gesekan yang memicu terkilir dan akibatnya pegal pegal dan juga linu tak dapat dihindari.
  • Akibat aktivitas kerja yang membutuhkan tenaga seperti mengangkat beban berat yang sangat berpotensi menyebabkan otot dan persendian mengalami tekanan berat yang berat dan terkilir tiba tiba, Akibatnya akan timbul rasa pegal linu pada malam hari menjelang tidur.
  • Perjalanan jarak jauh yang tidak memungkinkan untuk duduk dengan nyaman dalam jangka lama menyebabkan pegal linu pada seluruh tubuh. Posisi duduk yang salah juga menjadi pemicu pegal dan linu secara bersamaan.
  • Kurangnya istirahat karena sering begadang, Tubuh kurang asupan air putih juga sering terkena angin malam adalah penyebab utama munculnya pegal linu yang sering dialami pada remaja.
  • Kebiasaan tidur diatas lantai tanpa mennggunakan alas yang tebal dapat menyebabkan uap air pada pori lantai dingin mampu masuk menembus tubuh sehingga tubuh pegal pegal dan linu dan juga bisa menyebabkan tubuh terserang masuk angin.
  • Stres yang berlebihan sehingga banyak melakukan pergerakan tulang yang tidak perlu misalnya seperti mondar mandir, Memukul dinding atau meja dan lain sebagainya.
  • Karena faktor usia diatas 50 tahun. Lansia rentan untuk terkena pegal linu karena kondisi otot dan persendian yang mengalami penurunan kekuatan dan cadangan kalsium. Hal tersebut berlaku pula pada orang orang yang sedang mengalami osteoporosis.

Solusi terbaik

Obat herbal pegal linu yang dapat Anda racik sendiri dirumah dan ampuh dalam mengatasi gangguan ototy dan persendian

  1. Rebusan daun sirsak

    Daun sirsak memiliki zat anti peradangan dan mampu meringankan pegal linu akibat aktivitas sehari hari. Minumlah rebusan daun sirsak sebelum tidur malam dan tidak berlebihan cukup satu cangkir ukuran sedang. Daun sirsak sudah terkenal sebagai obat herbal pegal linu yang dapat dikonsumsi dewasa maupun lansia yang menderita rematik.

Baca juga : Tips Mencegah Badan Pegal Setelah Bangun Tidur

  1. Daun sereh dan sirih

    Daun sereh dan sirih mengandung zat anti bakteri dan juga anti peradangan yang mampu menghilangkan gangguan pada otot dan linu pada persendian. Mandilah dengan rebusan sereh serta daun sirih setelah pulang kerja atau aktifitas. Rebusan daun sereh dan sirih merupakan salah satu obat herbal pegal linu yang telah dipakai oleh nenek moyang.

  2. Kayu manis dan air jeruk nipis

    Minuman kayu manis ditambahkan dengan air jeruk nipis dan sedikit madu murni dapat meringankan pegal dan juga linu tubuh dan menyebabkan seseorang mudah untuk tidur nyenyak di malam hari.

  3. Minuman jahe

    Minuman jahe selain mampu menghilangkan masuk angin ternyata sangat ampuh dalam mengatasi tubuh yang terasa pegal dan linu dengan cepat karena jahe memiliki kemampuan meregangkan otot yang tegang dan kaku. Konsumsilah minuman jahe setiap hari satu gelas dan tidak perlu berlebihan.

Baca juga :  Penyebab Leher Menjadi Kaku

  1. Beras kencur

    Obat herbal pegal linu yang dapat dikonsumsi segala umur lainnya adalah beras kencur. Minuman beras kencur juga dapat melenturkan otot yang mengalami tekanan yang berat akibat sering mengangkat beban yang terlalu banyak sehingga otot dapat rileks kembali dan dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian.

  2. Minuman temulawak

    Perasan air pada Temulawak yang dicampur dengan gula merah , Madu, Kuning telur mampu mengobati pegal pegal dan linu dengan cepat. Ramuan ini dapat diminum setiap hari sebelum dan sesudah pulang dari kerja.