Rheumapas

Obat Alternatif Rematik Alami

Pengobatan rheumatoid arthritis atau disebut dengan rematik secara medis memang dibutuhkan untuk membantu mengurangi peradangan, meredakan gejala dan juga memperlambat perkembangan penyakit. Namun demikian, ada pula obat alternarif rematik yang bisa dicoba seperti obat tradisional, obat herbal maupun pengobatan secara alami yang lain.

Obat Alternatif Rematik

Yang perlu digarisbawahi bahwa tidak ada obat herbal atau alami yang dapat menyembuhkan penyakit rematik secara total. Pemakaian obat alternatif rematik tersebut hanya berfungsi untuk meredakan rasa nyeri sendi maupun gejala penyakit rematik yang lain.

Lantas, apa saja obat herbal yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi penyakit rematik? Untuk lebih jelasnya, mari simak uraian berikut!

1. Minyak ikan

Di dalam minyak ikan terdapat komponen utama yaitu lemak sehat yang diperlukan tubuh, yaitu omega-3. Komponen utama lemak sehat ini bisa memblokir sitokin dan prostagladin pada tubuh yang bisa memicu terjadinya peradangan, dan mengubahnya menjadi senyawa kimia anti inflamasi bernama resolvin.

Sebuah penelitian pun mengungkapkan bahwa mengkonsumsi bahan alami ini secara signifikan bisa membantu meredakan rasa nyeri atau kekakuan sendi pada penderita rematik. Dengan demikian, obat alternatif rematik alami ini mampu menurunkan pemakaian NSAID atau obat anti inflamasi nonsteroid.

Akan tetapi, obat alami untuk meredakan rematik ini juga berpotensi untuk memberikan efek samping pada pengguna. Diantaranya sendawa, mual, rasa amis di bagian mulut dan juga mengganggu pengobatan medis yang sedang anda jalani.

2. Kunyit

Bahan aktif di dalam kunyit, yaitu kurkumin terbukti ampuh untuk menurunkan pembengkakan serta rasa nyeri sendi bagi pasien rematik. Bahan aktif ini bekerja untuk memblokir sitokin serta enzim lainnya yang menjadi penyebab inflamasi.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 silam pun menunjukkan bahwa produk dari bahan alami ini yakni BCM-95, lebih efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit serta pembengkakan yang dialami oleh penderita rematik dibandingkan dengan pemakaian obat antiradang atau obat diklofenak yang dipakai untuk membantu meredakan rasa nyeri sendi.

3. Jahe

Jahe dikenal dengan manfaatnya yang mampu mengobati berbagai macam penyakit serta gejala, misalnya pilek, mual, migrain ataupun hipertensi. Bukan hanya itu saja, jahe juga bisa dijadikan sebagai obat herbal yang bisa mengatasi berbagai jenis keluhan radang sendi, termasuk rematik (rheumatoid arthritis) dan osteoarthritis.

Dikutip dari Arthritis Foundation, bahan herbal jahe ini sudah terbukti mempunyai sifat anti inflamasi yang setara dengan COX-2 inhibitor dan ibuprofen, yang sering dimanfaatkan untuk membantu mengobati rematik.

Obat alami ini pun juga dianggap efektif dalam menurunkan reaksi inflamasi sama seperti obat-obatan steroid yang dipakai untuk rematik.

4. Teh hijau

Obat alternatif rematik berikutnya adalah teh hijau. Bahan alami ini mengandung banyak polifenol yang mempunyai sifat anti inflamasi. ECGC epigallocatechin 3-gallate) adalah salah satu polifenol yan terdapat di dalam daun teh hijau. Menurut riset Journal of Physical Therapy Science, dengan mengkonsumsi teh hijau serta diiringi olahraga setiap hari cukup efektif untuk membantu meredakan gejala rematik.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah teh hijau juga menjadi jenis minuman yang mengandung kafein. Disarankan anda mengkonsumsi obat alternatif rematik ini dengan berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk menanyakan kadar konsumsi yang tepat sesuai kondisi kesehatan anda.

5. Kayu manis

Bahan alami ini disebut mempunyai khasiat penting untuk melawan peradangan. Kulit dari kayu manis juga diyakini ampuh untuk meredakan gejala rematik, bahkan sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit rematik ini.

Namun demikian, dalam pemakaian kayu manis sebagai salah satu obat alternatif rematik perlu berhati-hati. Karena, kayu manis yang dikonsumsi dalam jumlah besar justru bisa menimbulkan resiko penggumpalan darah. Bahan alami ini juga diketahui bisa memberikan efek samping berbahaya bagi ibu yang sedang mengandung.

6. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu penyedap utama untuk berbagai jenis masakan. Bukan hanya itu, bahan alami ini juga dapat dijadikan sebagai obat alternatif rematik sebab mengandung sifat anti inflamasi.

Bawang putih berperan dalam menekan produksi sitokin yang menjadi penyebab rematik. Dengan demikian, perkembangan rematik dalam tubuh pun bisa melambat. Akan tetapi, manfaat obat alami ini hanya bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Apabila anda mengkonsumsi bawang putih yang sudah matang maka sifat anti inflamasi didalamnya bisa berkurang.

7. Lada hitam

Lada hitam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif inflamasi alami, khususnya untuk meredakan rasa nyeri dan pembengkakan sendi. Lada hitam mengandung capsaicin, yakni bahan yang juga ada di dalam krim anti inflamasi. Krim dengan kandungan capsaicin juga sering dipakai para penderita arthritis.

Nah, itulah beberapa obat alternatif rematik yang bisa anda jadikan rekomendasi untuk mengatasi berbagai gejala rematik yang dirasakan. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Rheumapas yang berkhasiat penting untuk mengatasi gejala rematik. Obat herbal ini sudah terbukti ampuh dalam mengatasi nyeri sendi maupun gejala lain yang muncul akibat rematik dengan kandungan esktrak temulawak dan sambiloto alami.

Tinggalkan Komentar