Rheumapas

Nyeri Pinggang Saat Haid? Dan Cara Mengatasinya

Nyeri Pinggang Saat Haid? Dan Cara Mengatasinya

Nyeri pinggang adalah salah satu dari sekian masalah yang mendera wanita ketika tamu bulanan datang. Rasa nyerinya biasa berpusat pada di punggung bawah, area di sekitar atas bokong. Jika sakit pinggang saat haid hingga mengganggu aktivitas, beberapa cara ini mungkin manjur dalam meredakan keluhan Anda.

Cara mengatasi nyeri pinggang saat haid

  1. Peregangan

Peregangan sederhana bisa membantu meredakan kram perut dan nyeri pinggang saat haid. Coba duduk atau berdiri tegak kemudian putar badan secara bergantian ke kanan dan kiri. Anda juga bisa melakukannya sambil Anda berbaring.

  1. Kompres atau mandi air hangat

Jika peregangan belum cukup ampuh, Anda bisa lanjutkan dengan cara mengompres pinggang yang sakit dengan waslap hangat.

Kompres hangat biasa digunakan untuk meredakan nyeri otot yang sudah berlangsung lama. Suhu hangat bisa memperlebar pembuluh darah maka sehingga aliran darah dan suplai oksigen menjadi lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Hal ini tentu akan membantu dalam melemaskan otot yang tegang dan kaku sehingga akan mengurangi nyeri.

  1. Makan cokelat batangan

Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati melalui trik yang satu ini. Sementara memuaskan hasrat ngidam makanan manis, Anda juga dapat sekaligus meredakan sakit pinggang saat makan coklat hitam (dark chocolate).

Cokelat hitam tinggi kaya kandungan antioksidan yang bersifat antiradang serta merupakan pereda nyeri alami

  1. Olahraga rutin

Merangkum berbagai sumber penelitian, olahraga dengan teratur ketika haid bisa mengurangi intensitas nyeri pinggang karena tubuh akan terus menghasilkan endorfin. Endorfin sendiri merupakan senyawa kimia yang diproduksi otak untuk meringankan rasa sakit dengan alami dari dalam.

Olahraga teratur juga bisa membantu melancarkan peredaran darah ke daerah yang terasa nyeri untuk mengurangi bengkak dan peradangan.

Pada dasarnya semua jenis aktivitas fisik baik bagi Anda lakukan saat menstruasi. Namun studi menunjukkan bahwa olahraga aerobik, contohnya seperti jogging, bersepeda, lari, berenang, dan jalan kaki merupakan pilihan olahraga terbaik untuk wanita menstruasi.

  1. Obat-obatan

Cara terakhir yang bisa di coba jika sedang merasa sakit pinggang masih terus mengganggu adalah dengan meminum obat pereda nyeri nonresep, contohnya seperti naproxen atau ibuprofen. Keduanya ialah obat antiradang dan membantu mengendurkan otot-otot sehingga meredakan nyeri.

Gunakan dosis terendah untuk amannya, tapi sebaiknya tetap untuk konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan obat apa pun semasa haid.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar