6 Penyebab Rasa Nyeri di Selangkangan Pria

Rheumapas.com – Pria memang lebih bisa untuk menahan sakit ketimbang wanita. Pria biasanya baru akan mempedulikan apabila rasa sakit sudah menyangkut fungsi reproduksi.

Berikut adalah 7 rasa nyeri di selangkangan pria dan cukup menyiksa. Gejala yang muncul dapat meliputi daerah testis, penis dan juga area prostat seperti gatal, benjolan, luka, nyeri, ruam, bengkak atau rasa seperti terbakar.

Berikut 7 gejala yang menunjukkan adanya gangguan dengan reproduksi yang letaknya di seputar selangkangan yaitu:

1. Mengalami nyeri pada testis

Rasa sakit dan nyeri pada testis biasanya disebabkan karena salah satu testis memutar sehingga dapat menghambat suplai darah, dan ini akan menimbulkan rasa sakit yang menusuk. Kondisi seperti ini sebaiknya tidak diabaikan, karena bisa membuat seseorang menjadi kehilangan satu testisnya. Untuk mengetahuinya dokter akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi testis.

2. Mengalami rasa sakit dengan saluran sperma

Kondisi ini kemungkinan disebabkan karena tabung yang membawa sperma mengalami peradangan akibat dari infeksi bakteri. Kondisi yang paling umum adalah gonorrhea, klamidia dan kepada pria yang berumur di atas 40 tahun akibat infeksi saluran kemih yang menyebar.

Jika kondisi ini tidak segera ditanggani, maka nantinya dapat membuat seseorang menjadi infertil (tidak subur) karena saluran spermanya akan diblokir. Biasanya dokter memberikan resep antibiotik tertentu hingga pembengkakan serta rasa sakit akan berkurang.

3. Rasa sakit ketika buang air kecil atau ejakulasi

Penyebab kondisi ini biasanya karena sindrom nyeri pelvis kronis akibat dari kelenjar prostat meradang. Gejala ini dapat berasal dari cedera, sering infeksi dan terjadi masalah lain yang berkaitan dengan respons tubuh terhadap infeksi tersebut. Untuk menguranginya disarankan agar menghindari alkohol, jangan makan pedas dan kafein. Dan tetaplah periksakan diri ke ahli urologi untuk mengetahui penyebab lebih pastinya.

4. Cairan semen berwarna merah

Warna merah yang muncul terdapat pada cairan semen biasanya berasal dari darah ketika terjadi infeksi awal. Selain itu volume cairan yang keluar pada saat ejakulasi menjadi berkurang dan akan terus menerus menetes setelah mencapai orgasme.

5. Terdapat ruam merah di area selangkangan

Jika gatal-gatal terjadi pada daerah selangkangan, paha dan penis, ada kemungkinan akibat dari jamur yang tumbuh pada lingkungan lembab atau menggunakan celana pendek yang terlalu ketat.

6. Terdapat tonjolan di area selangkangan

Jika tonjolan ini timbul setelah Anda mengangkat sesuatu yang berat, maka akan ada kemungkinanjika  kondisi ini disebabkan karena hernia inguinalis yang terjadi ketika bagian dari usus menonjol akibat dindin perut bagian bawah yang sudah lemah. Kondisi ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca juga