mitos tentang rematik yang perlu kamu hindari

Mitos Rematik Yang Perlu Diketahui Kebenarannya

Ada banyak sekali mitos rematik yang berkembang di masyarakat kita mengenai penyakit rematik. Meski kebanyakan mitos tersebut tidak benar, banyak orang yang terlanjur sudah mempercayainya.

Rematik merupakan salah satu penyakit yang biasa diderita masyarakat di Negara Indonesia, baik tua maupun muda. Penyakit ini menyerang bagian persendian dan juga struktur jaringan sebagai penunjang di sekitar sendi hal ini pun dapat menyebabkan rasa nyeri.

Untuk tingkat yang sangat parah, penyakit rematik bahkan bisa menyebabkan kecacatan tetap, ketidakmampuan dan penurunan kualitas hidup.

Mitos Penyakit Rematik

Didalam masyarakat, sudah banyak berkembang mitos dengan anggapan yang tidak benar mengenai penyakit ini. Padahal mitos tersebut kebanyakan malah menyesatkan jika dikaji dari sisi medis dan bukan tidak mungkin bisa saja dapat merugikan penderita rematik itu sendiri. Berikut ini merupakan mitos rematik dan penjelasannya :

  1. Sering Mandi Pada Malam Hari

    Belum ada bukti yang bisa menguatkan bahwa mandi pada malam menyebabkan rematik. Mandi malam ataupun mandi air dingin tidak akan memicu rematik. Namun, bagi pengidap rematik, mandi air dingin dapat membuat otot kaku dan sendi menjadi tertekan, sehingga akan menimbulkan rasa sakit.

  2. Makan Kangkung

    Tidak ada hasil dari penelitian yang menghubungkan sayur bayam dan juga kangkung dengan risiko rematik. Meskipun demikian, jika penderita rematik, tentu harus menghindari makanan yang bisa memicu kekambuhan, yaitu makanan tinggi akan purin seperti jeroan, seafood, dan juga alkohol.

  3. Asam Urat Tinggi

    Hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya juga tinggi. Banyak orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi justru tidak mengalami rematik. Asam urat tinggi pada darah belum tentu penyebab rematik. Rematik akan terjadi apabila asam urat terkumpul dalam sendi hingga membentuk endapan kristal monosodium urat.

  4. Selalu Menyerang Lansia

    Hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya juga tinggi. Banyak orang dengan kadar asam urat tinggi tetapi justru tidak mengalami rematik. Asam urat tinggi pada darah belum tentu penyebab rematik. Rematik akan terjadi apabila asam urat terkumpul dalam sendi hingga membentuk endapan kristal monosodium urat.

  5. Penyakit Turunan

    Rematik tidak selalu bisa diturunkan secara langsung dari orangtua ke anak. Meski begitu, ada kecenderungan keluarga merupakan faktor risiko rematik seperti pada RA, lupus eritematosus sistemik, dan juga gout.

  6. Sakit Tulang di Malam Hari

    Gejala yang umum sering terjadi pada pengidap rematik adalah pegal-pegal dan juga peradangan pada sendi (merah, bengkak, dan nyeri hingga terasa panas, sulit digerakkan). Gejala ini bisa menyerang Anda kapan saja

Pengobatan Penyakit Rematik

Penanganan untuk penyakit rematik bisa dengan cara menurunkan dan menghilangkan peradangan yang terjadi. Tetapi, penyakit Rematik ini sendiri tidak bisa disembuhkan secara keseluruhan. Adapun Obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk pengidap penyakit Rematik ini, antara lain:

  • Obat anti radang golongan nonsteroid.
  • Obat anti radang golongan steroid.
  • Vitamin dan suplemen lainnya.
  • Obat Herbal seperti RHEUMAPAS.

Selain mengkonsumsi obat-obatan pengidap Rematik, disarankan juga untuk menjalani fisioterapi agar dapat membantu mengembalikan kelenturan dari persendian yang nyeri. Untuk kondisi yang cukup parah, penanganan dengan cara pembedahan pun bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi pengidap Rematik.

Obat Herbal Rematik dari Rheumapas

Untuk pengobatan Penyakit Rematik secara alami, Anda juga bisa mencoba konsumsi obat herbal rematik dari Rheumapas.

Mengapa sangat direkomendasikan pengobatan rematik dengan Rheumapas?. Karena Obat Herbal yang satu ini telah mendapat izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikat Halal MUI.

Selain itu, Rheumapas juga telah teruji secara Klinis memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk membantu Anda mengatasi Penyakit Rematik.

Untuk Pemesanan Obat Herbal Rematik Rheumapas, Anda bisa melakukan Order lewat Marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Dapatkan juga potongan harga jika Anda melakukan pembelian lebih dari 1 (satu).

Untuk Konsultasi, Anda bisa langsung menghubungi CS Kami melalui kontak Whatsapp di .

Baca juga

Tinggalkan Komentar