minuman penyebab asam urat

Jenis Minuman Penyebab Asam Urat Meningkat

Jenis Minuman Penyebab Asam Urat Meningkat

Asam urat memiliki istilah gout adalah penyakit radang sendi yang disebabkan karena penumpukan asam urat dalam sendi serta membentuk kristal.

Gejala asam urat yang paling umum merupakan rasa sakit dan teramat sangat sehingga akan menyebabkan pembengkakan, terutama pada area jempol kaki.

Ketika penumpukan asam urat terjadi, ada berbagai faktor yang bisa memicu gejalanya, salah satunya makanan yang Anda makan.  Maka dari itu, agar penyakit asam urat tidak kambuh, maka ada baiknya Anda untuk menghindari konsumsi makanan pemicu asam urat berikut ini.

Deretan Minuman Penyebab Asam Urat Meningkat

Penyakit gout disebabkan karena penumpuka asam urat, alias produk yang dihasilkan oleh tubuh ketika memecah purin yang menumpuk di persendian. Purin merupakan salah satu jenis protein yang bisa ditemukan dalam tubuh dan makanan.

Normalnya, asam urat akan larut pada darah lalu keluar bersama urin. Namun, terkadang tubuh atau ginjal hanya bisa melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit.

Akibatnya, asam urat menjadi menumpuk dan membentuk kristal asam urat pada persendian dan mengelilingi jaringan sehingga akan menyebabkan nyeri, peradangan, dan pembengkakan.

Jenis Minuman yang Bisa Meningkatkan Risiko Asam Urat

Selain makanan pemicu asam urat, ada juga beberapa jenis minuman penyebab asam urat meingkat atau kambuh. Misalnya:

1. Minuman manis

Beberapa jenis minuman manis bisa menyebabkan kekambuhan pada penderita asam urat. Kondisi ini umum terjadi pada orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Minuman dengan rasa manis bisa menjadi penyebab asam urat. Pasalnya, rasa manis tersebut berasal dari gula jenis fruktosa yang merangsang produksi asam urat menjadi lebih banyak.

Beberapa jenis minuman manis yang sebaiknya dihindari para penderita asam urat adalah:

  • Minuman bersoda;
  • Aneka jus buah;
  • Minuman yang mengandung konsentrat buah-buahan;
  • Air lemon manis;
  • Minuman berenergi;
  • Es teh manis.

2. Minuman beralkohol

Semua jenis minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko asam urat dan akan memperburuk gejala asam urat.

Hal ini karena ketika Anda minum alkohol, organ ginjal akan bekerja keras untuk menghilangkan alkohol dibandingkan dengan asam urat. Akibatnya, asam urat menjadi menumpuk dalam tubuh sehingga memicu penyakit menjadi kambuh.

Cara menurunkan risiko asam urat

Menghindari makanan dan minuman pemicu asam urat adalah salah satu kunci untuk mengurangi risiko penyakit asam urat. Namun, ada cara lain yang dapat menurunkan risiko asam urat selain menghindari makanan serta minuman pemicu asam urat.

Beberapa cara menurunkan risiko penyakit asam urat lainnya, antara lain:

  • Memperbanyak minum cairan.
  • Meningkatkan asupan produk susu yang rendah lemak.
  • Meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan.
  • Melakukan olahraga rutin.
  • Menghindari konsumsi makanan olahan.
  • Menurunkan berat badan, apabila Anda obesitas.

Jika sudah menghindari makanan dari asam urat dan Anda masih kerap mengalami gejala kekambuhan, sebaiknya segera untuk konsultasikan dengan dokter.

Baca juga

Tinggalkan Komentar