Berbagai Menghilangkan Sakit Gigi Secara Alami

Rheumapas.com – Setiap orang pasti pernah merasakan sakit gigi setidaknya sekali. Bukan hanya terasa ngilu saja ketika sedang makan, sakit gigi juga bisa saja menyebabkan sakit kepala dan badan menjadi meriang. Sayangnya, Anda tidak bisa untuk langsung berobat ke dokter gigi ketika masih sakit. Anda bisa mencoba berbagai cara menghilangkan sakit gigi secara alami dirumah.

Berbagai cara menghilangkan sakit gigi di rumah

Jika Anda sedang mengalami sakit gigi, solusi yang terbaiknya adalah dengan segera berobat ke dokter gigi. Namun, dokter biasanya akan menyarankan untuk kembali lagi di lain waktu ketika rasa nyerinya sudah berkurang. Dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apa pun ketika gigi Anda masih bermasalah.

Berikut adalah berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa di lakukan di rumah sementara menunggu jadwal berobat yang berikutnya.

  1. Kumur dengan air garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang cepat dan ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan cara berkumur air garam.

Cara membuatnya cukup Anda melarutkan ½ sdt garam masukan ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut dalam beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Lalu kemudian buang bekas air kumur.

  1. Kompres es

Cara mengobati sakit gigi yang lainnya adalah dengan cara kompres es. Masukkan beberapa bongkah es pada plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis.

Tempelkan kompres di bagian pipi yang terasa sakit kurang lebih selama 15 menit. Anda juga bisa tempelkan kompres langsung di permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi menjadi kebas sehingga ngilu tidak lagi terasa.

  1. Kunyah bawang mentah

Jika ngilunya tidak seberapa, mungkin cara mengobati sakit gigi yang satu ini bisa dilakukan. Bawang merah dan bawang putih merupakan obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan juga antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus dapat mengendalikan rasa nyerinya.

  1. Berkumur pakai cuka

Jika Anda kurang berminat dengan air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa menjadi pilihan. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan juga antimikroba yang ampuh dalam membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Karena asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan pada daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.

  1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat herbal yang sudah lama digunakan untuk mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi yang alami dan disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” untuk sementara.

Namun, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh. Sembarangan menuang minyak cengkeh pada mulut, bisa-bisa rasa sakitnya dapat semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

  1. Daun jambu

Jangan buang daun jambu jika Anda baru saja membeli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan juga sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi di rumah.

Caranya dengan melipat atau menggulung satu hingga dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai airnya keluar. Dengan lidah Anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan di area gigi yang sakit.

Cara mengobati sakit gigi pakai obat

Jika pakai obat sakit gigi alami ternyata kurang ampuh, mungkin saatnya Anda beralih ke obat betulan. Kebanyakan obat sakit gigi bisa di beli di apotek atau warung terdekat tanpa perlu menebus resep dari dokter. Namun, sebaiknya tetap konsultasi dahulu ke dokter gigi untuk mencari obat mana yang paling bagus buat Anda.

Baca juga