Rheumapas

Mengenal Penyebab dan Gejala Asam Urat

Dalam dunia medis gangguan asam urat juga dikenaldengan istilah gout, yaitu suatu kondisi di mana terjadinya gangguan metabolisme zat asam urat di dalam tubuh. Kondisi ini terjadi karena adanye peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Jika kadar asam urat meningkat dan menyebabkan kristal asam urat yang berlebihan, maka akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan) pada persendian. Peradangan tersebut juga dikenal dengan artritis. Lantas, apa saja tanda gejala asam urat? Simak dalam ulasan berikut.

Asam urat kronis yang terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat baik di dalam maupun di sekitar persendian. Pada akhirnya kondisi tersebut dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Gejala Asam Urat

Tanda gejala asam urat (gout) yang paling sering dialami oleh penderitanya antara lain adalah munculnya sensasi panas, kemerahan, dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba. Bagian sendi yang sering mengalami tanda gejala asam urat adalah persendian kecil, seperti ibu jari kaki. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyerang pergelangan kaki, lutut, jari tangan, pergelangan tangan, dan juga siku.

Sementara itu, untuk penderita asam urat akut gejala yang timbul dapat berupa demam dan nyeri yang hebat pada sendi yang umumnya dapat bertahan selama berjam-jam bahkan hingga seharian. Jika dibiarkan terus-menerus, gejala tersebut akan timbul lebih sering dan lebih lama seiring berjalannya waktu.

Selain itu, kristal asam urat yang menumpuk juga dapat membentuk tophi, yakni benjolan keras namun tidak terasa nyeri, yang terjadi di sekitar atau di luar persendian. Tophi juga sering terjadi pada bagian jari tangan maupun di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki. Tak hanya itu, bahkan tophi juga dapat ditemukan pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki, dan pita suara meski jarang terjadi.

Penyebab Asam Urat

Tanpamengabaikan gejala asam urat, pada dasarnya asam urat sendiri merupakan zat yang dibentuk oleh tubuh pada saat tubuh menguraikan substansi yang dinamakan purin. Purin sendiri dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan dan minuman, seperti daging merah, jeroan, seafood, dan alkohol.

Gangguan asam urat ini timbul saat asam urat di tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika hal ini terjadi, maka yang dapat terjadi selanjutnya adalah penumpukan yang membentuk kristal-kristal asam urat. Penumpukan ini dapat terjadi di sekitar sendi hingga ginjal. Dengan begitu, maka akan timbul gejala-gejala yang menyerang bagian persendian.

Selain akibat purin, asam urat juga dapat terjadi akibat kondisi lain, yaitu :

  • Kelebihan berat badan.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Diabetes
  • Faktor genetik atau keturunan, di mana ada anggota keluarga yang memiliki riwayat asam urat.

Diagnosis Asam Urat

Diagnosis gout atau asam urat umumnya dilakukan lewat pengumpulan informasi mengenai gejala asam urat yang dirasakan oleh penderitanya. Selanjutnya pemeriksaan dapat dilakukan dengan melihat cairan sinovial, yakni cairan yang ada disekitar sendi yang berfungsi sebagai pelumas. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menemukan adanya kristal asam urat.

Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan dalam mendiagnosis asam urat adalah pemeriksaan urine dan pemeriksaan darah. Melalui pemeriksaan ini, peningkatan dan kristal-kristal asam urat akan terlihat lebih jelas lagi.

Selain itu, hal yang dapat menjadi tanda asam urat meningkat adalah munculnya nyeri yang berlangsung cepat dan menyebabkan peradangan pada sendi. Peradangan ini dapat berpindah dari satu sendi ke sendi lainnya, terutama pada bagian ibu jari kaki. Namun, keluhan tersebut dapat hilang setelah serangan.

Pengobatan Gejala Asam Urat

Sayangnya, asam urat atau gout bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan secara keseluruhan. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kondisi ini dapat dikontrol lewat pengobatan. Selain itu, keluhan yang dirasakan pun umumnya akan hilang dalam waktu 24 jam setelah pengobatan asam urat dimulai.

Pengobatan asam urat biasanya dilakukan dengan menggunakan obat antiinflamasi golongan NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen. Anda juga dapat menggunakan steroid dan kortikosteroid yang dapat membantu meredakan peradangan. Obat asam urat ini umumnya diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan yang terjadi.

Namun, jika Anda tidak dapat menggunakan obat-obatan kimia seperti yang disebutkan di atas, maka Anda dapat mencoba solusi lain yang tak kalah ampuh, yakni dengan mengonsumsi obat herbal. Salah satu obat herbal terbaik dan ampuh dalam mengatasi gejala asam urat adalah Rheumapas. Mengapa harus Rheumapas? Hal ini disebabkan karena Rheumapas terbuat dari ekstrak tanaman alami berkualitas dan tentunya bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam urat. Tak hanya berkualitas, obat herbal rheumapas juga tidak diragukan lagi keamanannya. Pasalnya, Rheumapas telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM dan juga telah mendapat sertifikat halal dari MUI.

Tinggalkan Komentar