Rheumapas

Mengenal Penyakit Asam Urat dan Pengobatannya

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang identik dengan adanya nyeri sendi terutama pada bagian jempol kaki. Dimana rasa nyeri tersebut disebabkan oleh adanya tusukan kristal tajam akibat terjadinya penumpukan dari zat asam urat. Ketika kadar asam urat di dalam darah sudah melebihi batas normal, maka asam urat tersebut akan masuk ke dalam organ-organ tubuh terutama sendi. Lalu apa sebetulnya penyakit asam urat itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Asam Urat?

Sebagian dari Anda memang sudah sering mendengar istilah asam urat. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan asam urat? Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kadar asam urat yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.

Dalam kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah kemudian keluar melalui urine. Namun dalam kondisi tertentu, tubuh bisa menghasilkan asam urat dengan jumlah yang berlebih serta mengalami gangguan pembuangan kelebihan zat tersebut. Hal inilah yang memicu terjadinya asam urat yang semakin menumpuk dalam tubuh.

Selanjutnya penumpukan zat asam urat tersebut akan membentuk kristal di bagian sendi sehingga bisa memicu nyeri dan pembengkakan sendi. Selain terbentuk di bagian sendi, penumpukan asam urat juga bisa terjadi di saluran kemih maupun ginjal. Kondisi ini bisa mengganggu fungsi ginjal maupun munculna batu di saluran kemih.

Meskipun penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang sangat tinggi di dalam darah, namun tidak semua penderita asam urat tinggi akan terserang penyakit satu ini. Sebab menurut fakta, hanya 1 dari 3 penderita asam urat tinggi yang mengalami penyakit tersebut.

Penyebab Asam Urat

Munculnya penyakit asam urat yang disebabkan oleh tingginya zat asam urat dalam tubuh memang tidak bisa muncul begitu saja. Sebab munculnya asam urat disebabkan oleh beberapa hal antara lain sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi makanan berzat purin tinggi seperti daging merah, jeroan hewan, hidangan laut, dan emping melinjo.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman bergula tinggi serta minuman beralkohol.
  • Memakai obat-obatan jenis tertentu seperti obat penghambat enzim, sislosporin, aspirin, serta obat-obatan kemoterapi.
  • Memiliki riwayat penyakit asam urat di dalam keluarga.
  • Baru saja menjalani operasi atau mengalami cidera.
  • Mempunyai kondisi medis tertentu seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, obesitas, leukimia, anemia dan sebagainya.

Gejala Asam Urat

Supaya Anda bisa mengetahui apakah Anda mengalami penyakit asam urat atau tidak maka bisa diketahui dari gejala-gejalanya. Dimana gejala asam urat pada umumnya berupa muncul nyeri sendi yang mendadak pada waktu yang singkat untuk asam urat yang sudah akut. Lalu nyeri tersebut hilang dalam waktu beberapa hari dan akan muncul kembali sesudah 6 -12 bulan. Pada beberapa kasus, penderita penyakit ini akan mengalami gejala kronis karena serangan asam urat yang berulang dan terjadi dalam kurun yang lama.

Penyakit asam urat yang akut, biasanya akan muncul nyeri hanya pada satu atau beberapa sendi saja seperti di lutut, pergelangan kaki atau jempol kaki. Namun gejala tersebut akan semakin parah selama 2 hari pertama hingga berlangsung 10 hari. Penderita asam urat umumnya merasakan nyeri sangat hebat dan muncul secara mendadak saat malam hari. Bagian sendi yang nyeri juga akan tampak bengkak, merah dan sangat sakit saat disentuh. Bahkan ada juga penderita asam urat yang bisa mengalami demam saat nyeri menyerang.

Sedangkan untuk asam urat kronis biasanya akan muncul gejala nyeri yang disertai radang sendi secara berulang. Kondisi tersebut juga bisa memicu terjadinya kerusakan sendi secara permanen sehingga sendi tidak dapat bergerak dengan normal. Tak hanya menyerang ibu jari kaki saja, rasa nyeri juga bisa muncul di berbagai sendi seperti pergelangan tangan, jari, siku dan tumit.

Dengan mengetahui gejala-gejala asam urat maka Anda bisa melakukan pengobatan sesegera mungkin serta menghindari makanan pemicu asam urat. Dengan demikian masalah asam urat tidak akan semakin parah di dalam tubuh.

Cara Pengobatan Asam Urat yang Aman dan Tepat

Bagi Anda yang mulai merasakan gejala penyakit asam urat atau sudah sedang bermasalah dengan asam urat yang tak kunjung sembuh sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa mengatasi masalah asam urat dengan pengobatan yang aman, ampuh dan tanpa efek samping dengan menggunakan Rheumapas.

Dimana Rheumapas adalah sediaan herbal yang berisi ekstrak dua tumbuhan berkhasiat yaitu sambiloto dan temulawak. Dimana perpaduan dua jenis bahan ini akan berkhasiat untuk meredakan nyeri atau radang sendi, mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kandungan bahan-bahan alami serta sudah memperoleh izin POM menjadi Rheumapas sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat tanpa perlu khawatir akan munculnya efek samping.

Bagi Anda yang selama ini memiliki masalah dengan nyeri atau radang sendi sebaiknya perlu waspada karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala asam urat. Untuk mengatasinya, silahkan hindari makanan atau obat yang memicu asam urat tinggi. Selain itu cobalah mengkonsumi Rheumapas yang sudah terbukti ampuh dan aman mengatasi asam urat.

Tinggalkan Komentar