Rheumapas

Mengenal Apa Itu Rematik Akut dan Gejalanya

Saat mendengar kata rematik akut, Anda tentu sudah tidak asing lagi. Jika ditinjau dari bahasa medis, rematik atau Rheumatoid Arthritis merupakan gangguan autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel jaringan tubuh itu sendiri. Padahal, sel tersebut seharusnya berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup yang datang. Seperti jamur, virus, maupun bakteri yang ada di dalam tubuh.

Pada dasarnya, jika melihat dari gangguan yang menyerang yakni pada sistem auto imun maka dapat timbul beberapa penyakit lainnya. Seperti multiple sclerosis, lupus, bahkan diabetes tipe 1. Akan tetapi pada rematik ini sendiri terjadi akibat sistem imun dalam tubuh yang telah gagal dalam membedakan jaringannya sendiri dengan benda asing. Tak heran jika ia justru menyerang jaringan tubuhnya sendiri, terutama pada jaringan yang bernama sinovium.

Perlu Anda ketahui bahwa jaringan sinovium merupakan selaput tipis yang melapisi atau mengelilingi sendi. Pada akhirnya, gangguan yang terjadi tersebut bisa menyebabkan beberapa gejala. Seperti sendi yang menjadi bengkak, timbul rasa nyeri, anggota tubuh yang kehilangan fungsinya, bahkan yang paling parah adalah dapat mengalami kecacatan.

Rematik akut ini sendiri dapat menyerang hampir semua bagian sendi yang ada pada tubuh. Akan tetapi, beberapa bagian yang paling sering menyerang rematik adalah sendi yang berada di pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, hingga buku-buku jari. Tetapi, bukan berarti beberapa sendi lainnya tidak memungkinkan untuk mengalami penyakit tersebut. Rematik juga dapat menyerang bagian tulang belakang, pinggul, bahu, leher, rahang, dan lainnya.

Umumnya, serangan atau gejala dari rematik tersebut bersifat simetris. Yang mana gejala tersebut terjadi pada daerah yang sama pada kedua sisi tubuh. Hal ini berarti apabila kaki kanan mengalami nyeri maka biasanya pada kaki kiri juga mengalami nyeri. Dan begitu terus selanjutnya. Lantas, seperti apakah gejala rematik tersebut? Simak berbagai gejala yang dirasakan oleh penderita rematik pada umumnya di bawah ini.

Apa Saja Gejala Rematik Akut pada Umumnya?

Pada umumnya, gejala rematik terjadi pada diri seseorang dengan bervariasi. Akan tetapi terdapat beberapa gejala yang dapat dikenali serta perlu Anda waspadai. Di bawah ini beberapa gejala umum yang terjadi pada penderita rematik akut:

1. Sendi yang kaku pada pagi hari

Apakah Anda pernah mengalami gejala tersebut? Jik iya, maka gejala ini bisa jadi salah satu tanda penyakit rematik akut. Nyeri sendi atau kaku sendiri ini umumnya akan berlangsung selama satu jam lamanya. Berbeda dengan gejala penyakit bernama osteoarthitis yang umumnya hilang dalam jangka waktu setengah jam saja. Adapun gejala lain yang menyertai nyeri sendi tersebut adalah munculnya sensasi kesemutan atau rasa yang terbakar pada sendi.

2. Pembengkakan pada sendi

Satu lagi gejala rematik akut adalah sendi yang mengalami pembengkakan. Umumnya hal ini terjadi dengan tanda sendi yang terasa hangat dan lembek saat disentuh. Rasa sakit tersebut terjadi umumnya pada kedua sendi yang ada pada sisi kiri dan kanan yakni secara simetris. Akan tetapi, umumnya tingkat keparahan dari gejalanya biasanya berbeda umumnya tergantung sisi mana yang sering digunakan.

3. Timbulnya benjolan

Beberapa pasien yang mengalami penyakit rematik juga memiliki gejala berupa timbulnya benjolan. Yang mana, hal tersebut terjadi akibat adanya peradangan pada pembuluh darah kecil. Umumnya, kasus rematik tersebut berukuran sebesar kacang hijau atau sedikit lebih besar dari ukuran tersebut. Selain itu, umumnya benjolan berada di dekat persendian.

4. Terjadinya penumpukan cairan

Gejala ini dapat terjadi pada pergelangan kaki. Yang mana dalam beberapa kasus, kantung sendi bagian belakang lutut mengakumulasi cairan serta membentuk kista baker. Kista baker tersebut akan terasa seperti tumor yang terkadang memanjang ke bawah maupun bagian belakang betis serta dapat menyebabkan rasa sakit.

5. Gejala layaknya penderita flu

Satu lagi gejala yang bisa terjadi pada penderita rematik adalah gejala layaknya penderita flu. Yakni terdiri dari beberapa gejala seperti demam, penurunan berat badan, hingga kelelahan. Yang mana gejala tersebut dapat menjadi gejala awal dari penyakit rematik. Beberapa orang bahkan merasakan kondisi seperti gejala flu ataupun pilek. Yang membedakan adalah gejala rematik dapat berlangsung selama bertahun-tahun sementara flu dapat sembuh dalam jangka waktu yang singkat.

Tentu dari berbagai gejala rematik di atas Anda perlu mewaspadai dan segera mengatasi penyakit tersebut agar tidak memperparah dan menjadikan tubuh menjadi terus merasakan sakit. Anda bisa melakukan konsultasi mengenai penyakit rematika akut dan gejala yang dirasakan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Pasalnya, jika Anda tidak mengatasinya dengan cepat tentu rematik tersebut dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut yang tentu akan membahayakan tubuh. Jika Anda membiarkannya maka bisa saja terjadi kecacatan dan kerusakan pada persendian. Lantas, apa obat yang tepat untuk mengatasi penyakit rematik akut tersebut?

Saat ini tersedia produk Rheumapas yang bisa Anda jadikan sebagai solusi tepat pengobatan rematik akut. Produk ini dapat membantu Anda meredakan gejala nyeri pada persendian. Anda juga dapat menggunakan obat ini untuk menghilangkan bengkak yang terjadi akibat asam urat.

Cara pemakaian produk Rheumapas ini sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengonsumsinya 2-3 kapsul dalam sehari sesudah makan.

Tinggalkan Komentar