manfaat wedang jahe

9 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan

9 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan

Rheumapas.com – Ketika musim dingin, jahe sangat cocok jika dijadikan minuman hangat entah itu dalam bentuk wedang jahe ataupun wedang ronde. Manfaat dari wedang jahe yang utama dapat memberikan kehangatan pada tubuh khususnya di saluran pencernaan sehingga tidak terganggu dengan dinginnya udara. Selain bisa menghangatkan, manfaat dari wedang jahe juga bisa mengobati berbagai kondisi kesehatan hingga menyehatkan tubuh.

Manfaat dari Wedang Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe yang diolah menjadi minuman bisa memberikan manfaat besar pada tubuh. Berikut merupakan manfaat jjahe untuk kesehatan.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat pertama wedang jahe yang pertama yaitu mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan anti-inflamasinya mampu mengurangi dampak rheumatoid arthritis dengan perlahan-lahan. Orang tua yang berusia 40-60 tahun dan memiliki gangguan ini disarankan agar mengonsumsi wedang jahe sehari dalam sekali.

  1. Menetralkan mual

Saat berada di perjalanan atau pada kondisi badan sedang tidak fit, tubuh kerap akan mengalami mual yang susah dihentikan. Untuk mengatasi mual yang cukup parah, disarankan agar mengonsumsi wedang jahe. Manfaat wedang bisa mengurangi mual dan rasa hanya di perut akan membuat Anda lebih mudah tidur.

  1. Melancarkan sistem pernapasan

Saat Anda sedang mengalami flu atau batuk, khasiat wedang jahe bisa digunakan untuk meredakan sakit itu. Pilek atau batuk bisa dikurangi sehingga bisa tetap melakukan aktivitas harian dengan tenang.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Jahe dibuat menjadi minuman yang akan memberikan kandungan mineral, asam amino, dan protein. Manfaat dari  wedang jahe bisa melancarkan peredaran darah, karena kandungan tersebut  akan masuk dalam pembuluh darah. Saat darah mampu mengedarkan oksigen dan juga sari makanan ke seluruh tubuh risiko terkena penyakit kardiovaskular contohnya seperti jantung dan stroke bisa menurun.

  1. Sebagai antioksidan

Sifat antioksidan jahe bisa membantu mencegah:

  • Penyakit jantung
  • Penyakit neurodegeneratif, contohnya seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington
  • Kanker
  • Gejala penuaan

Antioksidan melawan spesies oksigen reaktif yang menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel dalam tubuh. Tubuh Anda secara alami membuat ROS, akan tetapi beberapa pilihan gaya hidup, seperti minum alkohol dalam jumlah banyak, merokok, atau stres yang kronis bisa membuat Anda menghasilkan terlalu banyak ROS.

  1. Mengurangi risiko kolesterol

Sebuah penelitian baru juga menunjukkan bahwa manfaat jahe bisa mengurangi gejala penyakit jantung contohnya seperti aktivitas arginase, LDL (kolesterol jahat ), dan trigliserida.

  1. Menghidrasi tubuh

Mendapatkan manfaat dari wedang jahe ini sebagian besar karena Anda mengonsumsinya pada bentuk cairan. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek bagi kesehatan. Banyak dari kita tidak minum dengan cukup air setiap hari. jadi, awali hari Anda dengan segelas wedang  jahe, atau cari waktu rutin untuk minum satu kali setiap hari yang dapat membantu menghidrasi tubuh.

  1. Mencegah risiko kanker

Menfaat wedang jahe mungkin efektif untuk membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker. Mekanisme yang bekerja merupakan zat dalam jahe, termasuk antioksidan, yang telah terbukti membunuh dan mengurangi penyebaran zat penyebab dari kanker dalam tubuh.

  1. Menghangatkan tubuh dan melegakan flu

Selama cuaca dingin, minum wedang jahe merupakan cara yang tepat untuk menghangatkan tubuh. Manfaat wedang jahe bisa mengeluarkan keringat, yang berarti bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Salein itu, wedang jahe juga memiliki khasiat mengatasi pilek dan flu.

Baca juga

 

Tinggalkan Komentar